everpro

6 Contoh Iklan Digital Produk Sabun Yang Anti-skip Customer

Artikel ini akan membahas dan mencoba untuk menganalisis 6 contoh iklan produk sabun digital yang anti-skip customer.

Bagaimanakah cara membuat iklan produk sabun online yang efektif dan anti-skip customer, karena ada banyak jenis iklan sabun yang promosinya secara digital sehingga tingkat persainganya cukup tinggi.

Oleh karena itu tidak bisa membuat iklan secara sembarangan, harus bisa membuat iklan yang  kreatif dan efektif agar tidak di skip oleh audience.

Sebelum itu simak dulu terkiat  penjelasan apa itu iklan digital, jenis-jenis iklan digital dan cara membuat iklan sabun yang efektif.

Apa itu iklan digital?

Seperti yang Anda tahu, iklan menjadi media promosi paling penting dalam bisnis. Iklan juga terbagi ke dalam berbagai macam, bentuk dan format.

Semenjak penggunaan internet semakin tinggi maka munculah iklan digital. Yaitu sebuah metode pemasaran yang menggunakan media internet sebagai alat untuk menyampaikan promosi.

Iklan digital dapat berupa audio, visual dan perpaduan antara audio dan visual. Format iklan ini juga dapat berupa gambar, animasi, video dan musik, video dengan audio, teks, audio teks dan sebagainya.

Bentuk iklan tersebut dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan jenis platformnya sebagai media pemasaran. Misalnya website, YouTube, Instagram, Facebook, X dan media digital lainnya.

Jenis- Jenis Iklan Digital

Terdapat beberapa jenis iklan digital untuk melakukan promosi produk di berbagai platform seperti Google, Meta, Tik Tok dan lainya.

Namun, perlu diingat bahwa harga layanan beriklan dapat bervariasi tergantung pada platform, target audiens, dan berbagai faktor lainnya.

1.SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah  iklan yang memanfaatkan mesin pencarian Google (search engine) sebagai media yang digunakan untuk memasang iklan.

Iklan ini dapat muncul di bagian paling atas dari hasil pencarian sebagai rekomendasi yang diberikan oleh mesin pencarian sesuai kata kunci. Namun juga dapat muncul di bagian tengah atau bagian bawah dari hasil pencarian. 

Format iklan bisa menggunkan  pencarian Google Ads, display, video, dan shopping. Sedangkan untuk harga mulai dari beberapa ribu hingga jutaan Rupiah per klik, tergantung pada kata kunci dan targeting.

2. SMA (Social Media Ads)

Iklan media sosial merupakan jenis iklan yang menggunakan platform media sosial ataupun patner aplikasi yang disediakan oleh Meta sesuai dengan target sasaran yang dibutuhkan oleh bisnis. 

Dibutuhkan konten yang menarik untuk memasang ads pada jenis iklan ini. Semakin menarik konten yang Anda buat, maka semakin luas juga jangkauan iklan tersebut.

Format iklannya bisa menggunakan bentuk foto/image, iklan video,iklan stories, iklan carusel. Sedangkan untuk harga mulai dari beberapa ribu hingga jutaan Rupiah per tayangan atau klik, tergantung pada audiens dan jenis iklan.

3. E-mail (E-mail Ads)

Iklan e-mail adalah contoh iklan internet yang menggunakan teks sebagai bahan promosi yang dikirimkan melalui e-mail promotions.

4. TikTok Ads

Tik Tok pun memiliki fitur untuk beriklan secara digital. Dalam aplikasi tersebut ada fitur yang mampu menargetkan konsumen sesuai kebutuhan.

Format iklan  bisa berupa iklan brand takeover, iklan in-feed, iklan hashtag challenge, dan untuk harga mulai dari beberapa juta hingga puluhan juta Rupiah tergantung pada jenis iklan dan durasi kampanye.

5. Display di Situs Web dan Aplikasi

Iklan bergambar merupakan jenis iklan yang berupa gambar atau tampilan display. Iklan ini akan muncul di halaman website atau blog.

Anda dapat bekerja sama dengan pemilik website tertentu atau blogger yang relevan dengan bisnis Anda untuk dapat memasang iklan bergambar pada halaman website atau blog mereka.

Format iklan yang digunakan yaitu banner, pop-up, dan interstitial, dan harga tergantung pada ukuran iklan, popularitas situs atau aplikasi, dan model pembayaran (CPM/CPC).

Biasanya iklan ini hanya digunakan oleh perusahan besar saja dan tujuannya bukan conversion/sale tapi lebih untuk awareness.

Cara membuat Iklan Anti-Skip

Menentukan Tujuan Iklan

Tentukan tujuan utama iklan Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, menciptakan kesadaran merek, atau memperkenalkan produk baru.

Kenali Target Audiens

Ketahui siapa target audiens Anda. Apakah mereka keluarga, profesional muda, atau orang tua? Mengetahui demografi dan preferensi mereka akan membantu Anda menyusun pesan yang lebih efektif.

Pilih Platform Iklan

Tentukan dimana iklan Anda akan ditayangkan. Apakah itu di televisi, radio, media sosial, atau platform online lainnya. Setiap platform memiliki keunggulan dan audiens yang berbeda.

Maksimalkan Copywriting

Ciptakan ide yang menarik dan kreatif untuk iklan dengan membuat headline dengan hook yang menarik. Karena hanya perlu 3 detik untuk bisa menarik rasa penasaran tentang produk sabun yang diiklankan.

Fokus pada keunikan sabun anti-skip, manfaatnya, dan bagaimana produk ini dapat meningkatkan kualitas hidup pelanggan.

Teknik Storytelling

Gunakan cerita atau skenario yang menarik untuk menggambarkan keuntungan menggunakan sabun anti-skip. Mungkin ada tokoh atau situasi yang memerlukan keamanan ekstra, dan sabun ini menjadi solusi yang sempurna.

Fitur dan Keunggulan

Soroti fitur dan keunggulan utama dari sabun tersebut. Apakah itu kelembutan kulit, aroma menyegarkan, atau kemampuan anti-slip yang luar biasa, pastikan untuk menyampaikan dengan jelas.

Visual Menarik

Gunakan visual yang menarik untuk mendukung pesan Anda. Gambar atau video dapat membantu audiens melihat secara langsung manfaat produk, sehingga membuat iklan lebih meyakinkan.

Klaim Ilmiah (opsional)

Jika sabun anti-skip Anda didukung oleh penelitian atau klaim ilmiah, sertakan informasi tersebut untuk membangun kepercayaan konsumen.

Cantumkan  (Call-to-Action)

Akhiri iklan Anda dengan panggilan ke tindakan yang jelas. Misalnya, ajak mereka untuk mencoba sabun anti-skip sekarang atau kunjungi situs web resmi untuk informasi lebih lanjut.

6  Contoh Iklan Sabun Kreatif 

Sabun merupakan produk kebutuhan sehari-hari yang sering digunakan. Terdapat berbagai macam produk sabun berdasarkan bentuk, dan juga kebutuhan. Berikut ini adalah contoh iklan untuk produk sabun berdasarkan kebutuhan yang bisa jadi inspirasi dalam membuat iklan.

1. Iklan Sabun Kecantikan Somethinc Beauty

Iklan Sabun Cuci Muka Somethinc
Sumber : Google.com/bersosial

Brand kecantikan Somethinc ini mengiklankan produk sabun cuci muka dengan desain dan juga copywriting yang menarik.

Iklan ini menampilkan design yang menarik mulai dari warna, font, tata letak dan juga foto produk dan juga beberapa item real untuk menunjukan kandungan produk tersebut.

Headlinenya pun sudah jelas dan tepat dengan menjawab kebutuhan audience lewat menyebutkan claim dari produk. 

2. Iklan Sabun Mandi Giv

Iklan Sabun Mandi Giv
Sumber: Facebook.com

Pada iklan sabun mandi Giv ini menggunakan format short-video. Selain menampilkan foto produk brand ini juga menampilkan model perempuan yang merupakan target audience.

Tak lupa juga mencantumkan informasi tentang kandungan dari sabun dan menampilkan tagline yang persuasif. Tagline tersebut menyatakan setelah beraktivitas di luar maka mandi menggunakan sabun tersebut dapat merasakan perasaan nyaman dan relax ketika di rumah.

Selain itu juga untuk memperjalasa terdapat keterangan CTA.

3. Iklan Sabun Cuci Piring Mama Lemon

Iklan Sabun Cuci Piring Mama Lemon
Sumber: Google.com/bersosial

Design iklan sabun cuci piring Mama Lemon ini hampir sama dengan yang sebelumnya yang tujuannya untuk mempromosikan produk. 

Desain yang menampilkan warna yang serupa dengan produk foto produk dan tambahan komponen foto barang yang biasanya ada di dapur.

Tagline pada iklan tersebut merupakan claim tentang sabun cuci piring pertama yang menggunakan bahan kandungan yang sebelumnya belum pernah ada.

4. Iklan Sabun Tangan SOS

Hand Sanitizer SOS
Sumber: Google.com/bersosial

Iklan sabun SOS, ini menampilkan produk lainnya dari rangkain sabun cuci tangan yang baru kini hadir dalam bentuk hand sanitizer yang tidak perlu dibilas air.

Informasi yang diberikan sangat to the point yaitu terdapat foto yang dapat menjelaskan bentuk dan ukuran, kandungan cara penggunaan yang disemprotkan dan juga claim yang diberikan setelah menggunakan produk tersebut.

5. Iklan Sabun Cuci Baju Daia

Ditergen Cuci Baju Daia
Sumber: Facebook.com

Iklan sabun sabun cuci baju Daia ini mempromosikan dengan menggunakan kalimat promosi yang dapat menarik perhatian audience.

Designnya pun sudah komunikatif, dengan mencantumkan informasi penting seperti durasi promo, hadiah, dan juga menambahkan keterangan CTA lean more jika perlu informasi lebih lanjut tentang ketentuan mengikuti promo tersebut.

6. Iklan Sabun Bayi My Baby

Sabun Bayi My Baby
Sumber: Facebook.com

Terakhir untuk iklan sabun bayi My Baby menggunakan headline yang sudah sesuai dengan target audience yang merupakan para orangtua yang memiliki bayi.

Kalimat persuasif tersebut ajakan dengan menggunakan produk my baby bisa membuat keluarga bahagia. Iklan  tersebut juga menampilkan produk keperluan bayi lainya.

Terakhir bisa berikan penawaran tentang produk dalam pembelian paket dan jangan lupa mencantumkan kalimat urgensi dan CTA untuk membeli sekarang juga.

Benefit Everpro Facebook Ads Account Whitelisted

  • Partner Official Meta, minimalisir akun terbanned 
  • Edukasi Facebook Ads sampai ahli
  • Kemudahan dalam scale-up iklan
  • Transaksi terjamin Aman
  • Top Up Saldo Minimal Rp 50.000 Untuk Facebook Ads

 

DAFTAR SEKARANG 

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya