Salah satu cara yang berguna sebagai jalur menarik pelanggan bagi suatu bisnis adalah penggunaan landing page. Apa yang dimaksud landing page serta tujuannya bagi bisnis? bagaimana cara membuat landing page dan seperti apa contoh landing page yang baik?
Landing page merupakan halaman yang mempunyai fungsi khusus dalam website. Halaman ini biasanya bertujuan untuk mendorong pengguna untuk melakukan berbagai aksi seperti pembelian, pendaftaran dan lain sebagainya.
Landing page memiliki tujuan sangat penting bagi suatu bisnis, tujuannya antara lain adalah mendorong penjualan, mengumpulkan data kontak serta menaikan brand awareness.
Pada artikel kali ini, kami akan membahas 20+ contoh landing page yang berpotensi menghasilkan yang bisa dicoba untuk bisnis Anda. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.
Daftar Isi:
ToggleCiri-ciri Contoh Landing Page yang Efektif
Bagaimana ciri landing page yang efektif dan berpotensi menghasilkan? Ada beberapa ciri yang bisa Anda lihat untuk mengetahui apakah suatu landing page efektif dan berpotensi menghasilkan.
Berikut beberapa ciri-ciri landing page yang efektif:
1. Tujuan Jelas: Landing page harus bisa mendeskripsikan secara langsung manfaat dan solusi yang ditawarkan kepada pengunjung.
2. Visual Menarik: Pastikan landing page memiliki desain yang bersih, gambar yang tajam, dan tata letak yang baik agar pengunjung lebih tertarik.
3. Copywriting: Memiliki copywriting yang menarik dan mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan.
4. Headline Jelas: Memiliki headline yang jelas, mudah dipahami, padat dan bermanfaat.
5. Call to Action (CTA): Landing page yang efektif biasanya menyisipkan CTA yang sesuai dengan tujuan. Misalnya seperti “Daftar Sekarang!”
6. Testimoni: Jika ada, pastikan untuk menyisipkan testimoni dari pelanggan agar pengunjung lebih percaya.
7. Konten Terfokus: Pastikan landing page bisnis memiliki konten yang fokus dan navigasi pengguna yang jelas.
8. Judul yang Singkat dan Jelas: Pastikan memilih judul landing page yang singkat namun memiliki tujuan dan pesan yang jelas.
9. Bebas Gangguan: Landing page harus bebas dari berbagai gangguan seperti iklan atau link yang terlalu banyak.
10. Loading Cepat: Pastikan juga loading ketika memuat isi konten landing page tidak lambat.
11. Mobile Friendly: Landing page juga harus bisa digunakan oleh perangkat mobile dan harus responsif.
20 Contoh Landing Page yang Efektif
Berikut beberapa contoh landing page yang efektif untuk referensi Anda dalam membuat landing page untuk bisnis:
1. Medium – Platform blogging yang sederhana dan bersih
Contoh landing page pertama yaitu dari Medium. Platform blogging yang memiliki landing page yang bersih. Selain itu, pada landing pagenya, Medium melampirkan button dan copywriting yang kuat dan menarik pengunjung.
2. Udemy – Kursus online dengan navigasi mudah
Contoh kedua ada dari Udemy, salah satu platform digital untuk kursus dan juga upgrade skill. Pada landing page yang Udemy buat dapat dilihat jika mereka memiliki navigasi yang mudah serta copywriting dan desain yang menarik.
3. LinkedIn – Jaringan profesional dengan antarmuka intuitif
LinkedIn adalah jejaring sosial bagi para profesional yang berkaitan dengan karir. Landing page yang ada pada LinkedIn memiliki desain yang bagus serta CTA untuk mendaftar dan bergabung yang menjadi tujuan yang jelas dari landing page ini.
4. Salesforce – CRM dengan pengalaman pengguna yang baik
Selanjutnya ada platform CRM yang memiliki desain landing page yang menarik. Pada landing page ini pengunjung diberikan sebuah promo free trial yang cukup menarik agar pengunjung mencoba layanannya. Trik yang cukup efektif.
5. Squarespace – Pembuat situs web yang elegan dan mudah dipahami
Berikut ada contoh dari landing page Squarespace. Platform pembuat situs web yang elegan dan mudah dipahami. Landing page memiliki desain yang unik serta menampilkan copywriting dan CTA yang kuat untuk mengajak bergabung.
6. Notion – Alat produktivitas yang sangat fleksibel
Notion adalah platform fleksibel yang digunakan untuk produktivitas. Notion menampilkan landing page yang cukup unik dengan desain, copywriting dan button yang memiliki tujuan untuk menarik pengunjung untuk mencoba.
7. Figma – Desain kolaboratif dengan antarmuka yang jelas
Hampir sama dengan contoh landing page sebelumnya, Figma juga menggunakan copywriting dan button untuk menarik pengunjung mencoba platformnya.
8. Loom – Perekaman layar yang mudah digunakan
Loom memberikan landing page yang cukup polos namun memiliki tujuan yang jelas. Mereka memanfaatkan copywriting dan button yang besar.
9. Calendly – Penjadwalan yang efisien
Calendly memberikan contoh platformnya serta memberikan pilihan untuk login. Tidak hanya itu mereka juga menyertakan copywriting yang kuat untuk menarik pengunjung.
10. Adobe Spark – Desain grafis dan video yang sederhana
Landing page dari Adobe Spark ini memiliki desain yang menarik. Karena mereka juga menyisipkan manfaat dan keunggulan dari platformnya. Sehingga pengunjung dapat mengetahui apa yang mereka dapatkan.
11. Hootsuite – Manajemen media sosial dengan tampilan yang ramah
Hootsuite memberikan penawaran untuk free trial dan demo bagi para pengunjung sehingga mereka bisa mencoba terlebih dahulu. Ini strategi yang cukup efektif untuk bisnis agar dapat menarik pembeli.
12. Yelp – Ulasan bisnis dengan navigasi yang mudah
Yelp memiliki landing page yang tergolong simple. Namun, meskipun simple landingnya memiliki tujuan yang kuat untuk menarik pelanggan. Ini terlihat dari copywriting yang simple namun related dengan kebanyakan orang.
13. Grammarly – Alat pengecekan tata bahasa yang intuitif
Grammarly memiliki landing page yang hampir sama dengan kebanyakan contoh yang kami berikan. Mereka menyertakan button dan copywriting yang menarik bagi pengunjung.
14. Coursera – Pembelajaran online yang terstruktur dengan baik
Coursera juga hampir sama dengan contoh landing page yang masuk daftar yang kami berikan. Mereka memberikan copywriting yang menarik serta penawaran yang efektif mendorong pengunjung melakukan tindakan.
15. Weebly – Pembuat situs web yang mudah digunakan
Weebly adalah salah satu platform untuk membuat situs web yang mudah digunakan. Mereka memiliki landing page desain yang menarik serta copywriting dan button bagi pengunjung untuk mencoba layanannya.
16. GitHub – Platform pengembangan perangkat lunak yang sederhana
Pada landing page yang Github buat, mereka menampilkan contoh platformnya serta copywriting dan desain yang cenderung polos. Meskipun simple landing page ini bisa menjadi sangat efektif bagi sebagian orang.
17. SurveyMonkey – Pembuat survei yang langsung
Landing page yang menarik biasanya memiliki button untuk mendaftar dan contoh yang kami berikan selanjutnya ini juga menggunakan strategi itu. Landing seperti dari SurveyMonkey bisa menjadi acuan untuk membuat LP.
18. Airtable – Database yang mudah dikelola
Airtable membuat landing page dengan menampilkan contoh aplikasinya serta kombinasi button dan copywriting yang menarik. Kombinasi yang satu ini memang tidak pernah salah untuk menarik pengunjung.
19. Pinterest – Platform penemuan visual yang ramah pengguna
Cukup berbeda dengan mayoritas contoh yang kami berikan, Pinterest memiliki landing page yang cukup panjang yang bisa discroll. Landing page seperti ini bisa menarik rasa penasaran dari pengunjung.
20. Trello – Manajemen proyek yang sederhana dan efektif
Simple adalah kata yang tepat untuk menggambarkan landing page dari Trello ini. Mereka membuat desain yang minimalis tapi memiliki tujuan yang jelas. Melampirkan button serta kolom untuk email bagi pengunjung.
Itulah beberapa contoh landing page yang efektif dari beberapa website yang terkenal di dunia. Anda bisa mengambil referensi dan inspirasi dari contoh yang kami berikan di atas.
Membuat landing page yang efektif merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi bisnis. Oleh sebab itu, pastikan jika landing yang dibuat sudah meliputi beberapa ciri landing page efektif.
Dengan contoh 20 landing page terbaik ini Anda bisa mendapatkan acuan untuk meningkatkan performa bisnis Anda.
Jika ingin memperluas jaringan bisnis Anda tapi masih bingung bagaimana cara membuat landing page dan optimasinya yang baik bagi bisnis, Everpro punya solusinya bernama Funnel.
Layanan Funnel dari Everpro ini bisa membuat landing page yang memiliki performa baik untuk menarik pelanggan bisnis secara efektif. Ini sangat cocok bagi bisnis yang ingin menarik pembeli yang lebih banyak lagi.
Everpro Funnel punya beberapa fitur unggulan seperti landing page builder, WA rotator, LPWA real tracking chat, custom keyboard.
Ayo daftar Everpro Funnel sekarang dan buat landing page terbaik yang efektif menarik pelanggan pada bisnis yang Anda punya!