everpro

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Proposal Usaha yang Benar

Contoh Proposal Usaha

Contoh proposal usaha – Salah satu hal yang penting dalam membangun usaha atau bisnis sendiri adalah proposal usaha.

Selain untuk mendapatkan suntikkan dana yang besar dari sponsor atau dari perusahaan yang besar, proposal usaha juga memiliki banyak fungsi lainnya.

Oleh karena itu, proposal ini sangat penting untuk Anda yang ingin membuka usaha atau bisnis.

Bingung cara membuatnya seperti apa? Inilah contoh proposal usaha yang mudah dan fungsinya.

Apa Itu Contoh Proposal Usaha?

Contoh Proposal Usaha
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum membahas dan mengetahui contoh proposal usaha, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu proposal usaha?

Secara umum, Anda bisa mengajak siapa untuk bergabung bersama usaha Anda agar menjadikan usaha tersebut menjadi lebih besar dari sebelumnya. 

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memperkenalkan usaha yang Anda jalankan dan meminta sebuah kesempatan agar usaha tersebut bisa mengikuti berbagai komunitas atau pameran yang ada agar usaha yang Anda jalankan bisa lebih terekspos kepada konsumen.

Proposal sendiri terbagi menjadi 2 yakni, proposal secara langsung dan proposal tidak langsung yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Proposal Langsung

Proposal secara langsung adalah proposal yang dibuat pada umumnya, proposal tersebut dibuat dengan tujuan untuk mengajak vendor lain untuk bergabung bersama usaha Anda dan saling memberikan kontribusi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. 

Everpro

Selain itu proposal jenis ini umumnya mengharapkan terjadinya balas jasa dan sebuah simbiosis yang saling menguntungkan antara satu dengan yang lainnya.

2. Proposal Tidak Langsung

Proposal tidak langsung merupakan salah satu istilah marketing yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa dari usaha yang Anda jalankan. 

Sebagai contoh dari proposal tidak langsung adalah brosur yang secara cuma-cuma Anda bagikan kepada orang lain. 

Brosur tersebut memiliki fungsi untuk memperkenalkan usaha Anda kepada orang tanpa harus mengharapkan balas jasa sama sekali.

Fungsi dan Contoh Proposal Usaha

Contoh Proposal Usaha
Sumber: google.com/bersosial

Setelah mengetahui apa itu contoh proposal usaha, berikut ini adalah fungsi proposal usaha, paling tidak ada 4 fungsi dari proposal usaha.

Berikut adalah fungsinya:

1. Memenangkan proyek

Fungsi utama dari sebuah proposal bisnis adalah untuk memenangkan sebuah proyek baru dengan klien yang mungkin sebelumnya belum pernah mengetahui dan memiliki relasi bisnis dengan usaha yang Anda jalankan saat ini.

2. Menjadi pembeda dengan usaha lain

Memiliki proposal usaha yang jelas juga bisa membedakan Anda dengan usaha yang dimiliki orang lain karena Anda bisa mendemonstrasikan kelebihan apa saja yang dimiliki oleh usaha yang Anda miliki.

3. Agar usaha mudah dikenal orang

Di dalam sebuah proposal juga biasanya berisikan testimoni dan beberapa contoh dari proyek yang sudah berhasil Anda jalankan sebagai salah satu bukti bahwa Anda pernah memiliki pengalaman yang banyak di bidang tersebut. 

Semakin banyak proyek yang berhasil dijalankan tentu bisa membuat usaha Anda akan lebih mudah terekspos oleh banyak orang.

4. Tanda bahwa usaha Anda sanggup bekerja sama

Sebuah proposal usaha juga bisa memberikan sebuah poin bahwa Anda memiliki kesanggupan untuk memenuhi dan melakukan kerjasama sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan atau usaha lain yang ingin Anda ajak untuk bekerja sama.

Contoh Proposal Usaha yang Mudah Dibuat

Contoh Proposal Usaha
Sumber: google.com/bersosial

Nah, berikut ini adalah contoh dan cara membuat proposal usaha yang mudah dan benar. Proposal yang dijadikan contoh adalah usaha minuman::

Proposal Penawaran Usaha Minuman Viral

Nama Usaha: Es Teh Masa Kini

Pemilik Usaha: Zaenab Al-Munawaroh

Lokasi: Jl. Kapuk No 8, Kota Bandung

1. Latar Belakang

Es Teh Masa Kini merupakan sebuah usaha di bidang kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 2015. Usaha tersebut pertama kali dibuat oleh Zaenab Al-Munawaroh setelah menyelesaikan pendidikannya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tahun 2014.

Es Teh Masa Kini memproduksi minuman jenis teh dengan sentuhan modern yang sangat cocok dengan lidah konsumen di Indonesia, terutama bagi kalangan anak remaja.

1.1 Visi Usaha

Menjadi salah satu kuliner minuman yang sehat dan populer bagi setiap orang.

1.2 Misi Usaha

  • Membuka gerai Kue Kekinian pada banyak tempat agar mudah dijangkau bagi setiap orang.
  • Menawarkan harga yang kompetitif sehingga setiap orang bisa menikmatinya dengan mudah.

2. Pembahasan

2.1 Profil Minuman

Es Teh Masa Kini menawarkan aneka minuman teh dengan harga yang sangat bersaing, yakni mulai dari Rp5.000. 

Pilihan rasa yang beragam membuat siapa saja menjadi lebih mudah untuk membelinya sesuai dengan selera.

2.2 Strategi

  • Menyasar segmentasi kuliner minuman bagi kalangan remaja dan dewasa.
  • Segmentasi harga bagi kalangan menengah ke atas.
  • Membuka outlet pada tempat yang berada di dekat sekolah atau kampus.

3. Manajemen Produksi

3.1 Proses Produksi

Es Teh Masa Kini diproduksi dengan cara yang bersih dan halal untuk menjamin minuman dalam kondisi yang higienis dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi.

3.2 Bahan Baku

Es Teh Masa Kini menggunakan bahan baku yang dibuat secara bersih dan memanfaatkan produk-produk lokal untuk memajukan usaha lokal yang ada.

3.3 Peralatan

Peralatan yang digunakan oleh Es Teh Masa Kini selalu terjaga kebersihannya dan secara berkala akan dilakukan pemeriksaan kelayakan guna dari peralatan yang dipakai.

4. Anggaran

4.1 Modal Usaha

Es Teh Masa Kini mengeluarkan modal usaha sebesar Rp8.000.000 untuk melakukan pembelian mulai dari bahan hingga peralatan yang ada.

usaha ini masih membutuhkan modal sekitar Rp5.000.000 untuk membuka sebuah outlet baru yang terbuat dari tenda sederhana dan dilengkapi dengan meja untuk menjajakan produknya.

4.2 Harga Jual

Produk yang dijual oleh Es Teh Masa Kini akan dijual dengan harga mulai dari Rp5.000 dan di dalamnya akan mendapatkan keuntungan sebesar 50% dari nilai jual produknya.

4.3 Pembagian Keuntungan

Investor akan mendapatkan pembagian keuntungan sebesar 20% dari keuntungan yang didapatkan dalam setiap penjualan Es Teh Masa Kini setiap harinya.

Penutup

Sekian proposal usaha dari Es Teh Masa Kini,  semoga kiranya investor berminat untuk bisa memberikan bantuan modal dan akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan Es Teh Masa Kini. Terima kasih atas perhatiannya.

Demikianlah pembahasan tentang contoh proposal usaha dan fungsinya. Semoga bermanfaat!

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait