everpro

5+ Contoh Surat Jalan Barang, Begitu Praktis dan Simpel!

Contoh surat jalan barang sangat penting dalam pengiriman barang karena dapat memastikan kesesuaian antara barang yang di kirim dengan barang yang diterima.

Dalam surat jalan barang terdapat rincian tentang barang yang akan di kirim, seperti jenis barang, jumlah barang, berat, dan dimensi barang.

Oleh karena itu, surat jalan barang harus di buat dengan benar dan teliti untuk menghindari kesalahan dalam pengiriman barang, seperti pengiriman barang yang salah alamat atau jumlah barang yang salah. Yuk simak info selengkapnya di sini.

Baca juga: Inilah 10+ Alasan Importir Membeli Barang dari Luar Negeri Adalah, Cari Tahu Disini!

Apa itu Surat Jalan Barang?

Arti dari Surat Jalan Barang adalah dokumen yang berisi rincian tentang pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain. Surat jalan barang ini merupakan bukti pengiriman barang yang di gunakan oleh perusahaan, distributor, maupun pengusaha lainnya dalam melakukan pengiriman barang.

Surat jalan barang biasanya di gunakan untuk menghindari kesalahan dalam pengiriman barang, seperti salah alamat atau barang yang hilang.

Tujuan Surat Jalan

Barang Tujuan utama dari surat jalan barang adalah untuk memberikan informasi mengenai barang yang akan di kirim dan tempat pengirimannya. Dengan adanya surat jalan barang, pihak pengirim dan penerima barang dapat memastikan bahwa barang yang di terima sesuai dengan barang yang seharusnya dikirimkan.

Selain itu, surat jalan barang juga berfungsi sebagai bukti pengiriman barang yang sah, sehingga dapat di gunakan sebagai dasar pembayaran atau klaim asuransi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang.

Fungsi Surat Jalan Barang Surat Jalan

Fungsi Surat Jalan Barang Surat jalan barang memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

  1. Sebagai bukti pengiriman barang yang sah.
  2. Sebagai alat untuk memastikan kesesuaian antara barang yang di kirimkan dengan barang yang di terima.
  3. Sebagai alat untuk meminimalkan risiko kesalahan dalam pengiriman barang.
  4. Sebagai alat untuk memudahkan proses pengecekan dan pelacakan barang.
  5. Sebagai alat untuk memudahkan proses pembayaran dan klaim asuransi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang.

Pentingkah Tanda Tangan pada Surat Jalan Barang?

Tanda tangan pada surat jalan barang juga sangat penting karena dapat menjadi bukti pengiriman barang yang sah. Pada surat jalan barang, terdapat kolom untuk tanda tangan pengirim, penerima barang, dan pengemudi kendaraan.

Dengan tanda tangan tersebut, pihak pengirim dan penerima barang dapat memastikan bahwa barang telah di terima dengan baik dan sesuai dengan rincian pada surat jalan barang.

Selain itu, tanda tangan juga dapat digunakan sebagai dasar pembayaran atau klaim asuransi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang.

Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa surat jalan barang sangat penting dalam pengiriman barang karena dapat memastikan kesesuaian barang yang di kirim dengan barang yang di terima dan juga sebagai bukti pengiriman barang yang sah.

Oleh karena itu, pastikan surat jalan barang di buat dengan benar dan lengkap dengan informasi yang di perlukan serta dilengkapi dengan tanda tangan yang sah.

Persyaratan Membuat Surat Jalan Barang

Berikut persyaratan yang di butuhkan untuk membuat surat jalan barang, beberapa persyaratan yang di butuhkan antara lain:

  1. Identitas pengirim dan penerima barang.
  2. Rincian barang yang akan di kirim, seperti jenis barang, jumlah barang, berat, dan dimensi barang.
  3. Nama dan alamat tempat tujuan pengiriman barang.
  4. Nomor polisi kendaraan dan jenis kendaraan yang akan di gunakan untuk mengirim barang.

Baca juga: Cari Tahu! Estimasi pengiriman adalah: Arti, Metode dan Manfaatnya

Langkah-langkah Membuat Surat Jalan Barang

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat surat jalan barang:

  1. Membuat heading atau judul pada bagian atas surat jalan barang, yang berisi informasi tentang perusahaan pengirim, nomor surat jalan, dan tanggal pengiriman barang.
  2. Menuliskan identitas pengirim dan penerima barang pada bagian atas surat jalan barang, seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan email.
  3. Menuliskan rincian barang yang akan dikirim pada bagian tengah surat jalan barang, seperti jenis barang, jumlah barang, berat, dan dimensi barang.
  4. Menuliskan alamat lengkap tempat tujuan pengiriman barang pada bagian bawah surat jalan barang, termasuk nama penerima barang dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  5. Menuliskan nomor polisi kendaraan dan jenis kendaraan yang akan di gunakan untuk mengirim barang pada bagian bawah surat jalan barang.
  6. Menuliskan keterangan tambahan, jika ada, pada bagian bawah surat jalan barang, seperti instruksi pengiriman khusus atau perhatian khusus.
  7. Menambahkan kolom untuk tanda tangan pengirim, penerima barang, dan pengemudi kendaraan pada bagian bawah surat jalan barang.
  8. Menyimpan salinan surat jalan barang sebagai arsip pengiriman barang.

Demikianlah langkah-langkah dalam membuat surat jalan barang yang dapat Anda ikuti. Pastikan surat jalan barang yang di buat sudah memenuhi persyaratan yang di butuhkan dan lengkap dengan informasi yang di perlukan.

Contoh Surat Jalan Barang

Berikut beberapa contoh surat jalan yang di gunakan dalam ativitas sehari-hari:

1. Contoh Surat Jalan Pengambilan Barang

Everpro

2. Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang

Everpro

3. Surat Jalan dari Polri

Everpro

4. Surat Jalan Elektronik

Everpro

5. Surat Jalan Pengiriman BBMEverpro

6. Surat Jalan Kendaraan Dinas

Everpro

Nikmati Beragam Kemudahan dengan Pengiriman Paket melalui Aplikasi Everpro

Setelah mengetahui tentang contoh surat jalan barang, pastinya tahu bagaimana proses pengiriman.

Untuk itu kami rekomendasikan Everpro sebagai layanan Ekspedisi Terpercaya untuk Kirim Paket Se-Indonesia. Kini Anda dapat kirim paket serba mudah dengan biaya termurah dengan beragam keuntungan berikut:

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket Anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • GRATIS biaya return
  • Pencairan dana COD cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Shipping Everpro sekarang juga!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya