everpro

Ingin Sukses? Intip Conversion adalah: Definisi, Faktor dan Strateginya

Conversion adalah sebuah cara agar bisa mengembangkan digital marketing, bagi teman-teman yang belum tahu seperti apa, yuk simak info selengkapnya di sini.

Baca juga: Traffic Meningkat! Pentingnya Online Presence pada Digital Marketing

Pengertian Conversion

conversion adalah
Sumber: Google.com

Apa itu Conversion? Conversion artinya konversi. Conversion adalah proses mengubah pengunjung situs web menjadi pelanggan atau pembeli. Ini adalah tujuan utama dari hampir semua situs web, terutama situs web e-commerce dan bisnis online. Namun, konversi tidak selalu mudah di capai. Artikel ini akan membahas kerangka dasar artikel tentang konversi dan bagaimana meningkatkannya.

Mengapa Konversi Penting?

Konversi sangat penting bagi bisnis online karena dapat memberikan keuntungan finansial dan memperkuat citra merek. Konversi adalah tanda bahwa situs web teman-teman efektif dalam menarik minat dan kepercayaan pengunjung, sehingga mereka bersedia membeli produk atau layanan yang di tawarkan. Hal ini dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan bagi bisnis online dan membantu mereka tumbuh dan berkembang.

Selain itu, konversi juga dapat memperkuat citra merek. Jika pengunjung situs web memiliki pengalaman yang baik dan membeli produk atau layanan teman-teman, mereka lebih cenderung merekomendasikan bisnis kepada orang lain. Ini dapat memperkuat citra merek dan meningkatkan visibilitas bisnis di pasar.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konversi

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konversi pada situs web. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  1. Tawaran Produk atau Layanan: Pengunjung harus merasa tertarik dengan produk atau layanan yang di tawarkan situs web teman-teman. Oleh karena itu, penting untuk menawarkan produk atau layanan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengunjung.
  2. Kredibilitas: Pengunjung harus merasa yakin dengan bisnis dan produk atau layanan yang di tawarkan. Kredibilitas dapat di tingkatkan dengan menampilkan sertifikasi, penghargaan, testimonial, dan lain-lain.
  3. Pengalaman Pengguna: Pengunjung harus merasa nyaman dan mudah dalam menjelajahi situs web. Oleh karena itu, penting untuk membuat tata letak yang intuitif dan memudahkan navigasi situs web.
  4. Kecepatan Muat Halaman: Pengunjung tidak ingin menunggu terlalu lama untuk memuat halaman situs web. Oleh karena itu, penting untuk memastikan situs web memiliki waktu muat halaman yang cepat.
  5. Harga dan Penawaran: Harga dan penawaran harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengunjung. Membuat penawaran yang menarik dan terjangkau dapat meningkatkan konversi.
  6. Halaman Arahan: Halaman arahan harus menarik dan jelas menjelaskan produk atau layanan yang di tawarkan. Halaman arahan juga harus memiliki call-to-action yang menarik dan mudah ditemukan.

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, bisnis online dapat meningkatkan konversi pada situs web mereka dan meningkatkan keuntungan mereka.

Baca juga: Yuk Kenali! Vessel Adalah: Jenis, dan Manfaatnya dalam Berbagai Bidang

Strategi Konversi

conversion adalah
Sumber: Google.com

Untuk meningkatkan konversi pada situs web, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan, antara lain:

A. Pemetaan Jalur Konversi

Pemetaan jalur konversi melibatkan mengidentifikasi perjalanan yang diambil oleh pengunjung situs web sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk atau layanan. Dengan memahami perjalanan ini, teman-teman dapat menentukan titik-titik penting di mana dapat mempengaruhi pengunjung untuk melakukan konversi.

B. Membuat Tawaran yang Menarik

Membuat tawaran yang menarik adalah salah satu cara untuk meningkatkan konversi pada situs web. Tawaran yang menarik dapat berupa penawaran khusus, diskon, atau promosi yang membuat produk atau layanan teman-teman lebih menarik bagi pengunjung.

Tawaran ini harus di sajikan dengan jelas dan menarik, sehingga pengunjung dapat dengan mudah memahami manfaat yang mereka dapatkan.

C. Menyesuaikan Pengalaman Pengguna

Menyesuaikan pengalaman pengguna dapat membantu meningkatkan konversi pada situs web. Pengalaman pengguna yang baik dapat membuat pengunjung merasa nyaman dan mudah dalam menjelajahi situs web.

Beberapa cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna meliputi menyesuaikan tata letak situs web, mempercepat waktu muat halaman, dan menyediakan informasi yang relevan dan mudah dicari.

D. Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung

Meningkatkan kepercayaan pengunjung pada bisnis juga dapat membantu meningkatkan konversi pada situs web.

Beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung meliputi menampilkan sertifikasi, penghargaan, dan testimonial dari pelanggan yang puas. Juga dapat menyediakan kebijakan pengembalian yang jelas dan mudah di pahami, serta menampilkan informasi kontak yang dapat di akses dengan mudah.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, bisnis online dapat meningkatkan konversi pada situs web mereka dan meningkatkan keuntungan mereka.

Namun, penting untuk memahami bahwa konversi tidak selalu terjadi dengan cepat, dan mungkin memerlukan waktu untuk mencapai hasil yang di inginkan. Oleh karena itu, penting untuk tetap konsisten dan terus mencoba berbagai strategi untuk meningkatkan konversi.

Agar teman-teman bisa lebih mengoptimalkan konversi pada web, teman-teman juga bisa coba 3 Layanan Unggulan Kami:

  • Optimasi Toko dan Campaign
  • Tingkatkan kenyamanan customer dengan CS dan Admin Toko
  • Dapatkan performa iklan terbaik

Mari daftar sekarang juga ke layanan Marketplace Enabler, nikmati keuntungannya dan siap-siap omzet jualan teman-teman meningkat!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya