everpro

CPA Google Ads: Pengertian, Target, Cara Kerja, Kapan Harus Menggunakannya

Apakah kamu baru mengenal Google Ads dan ingin memahami CPA? Simak artikel CPA Google Ads sampai habis dan pelajari selengkapnya di sini!

Fitur Google satu ini merupakan tempat beriklan secara digital terbesar di dunia dan terbukti paling efektif untuk brand awareness yakni Google Ads.

Google Ads diyakini dapat mempromosikan suatu produk maupun layanan secara luas kepada pengguna Google di Indonesia bahkan dunia.

Periklanan online tersebut juga menawarkan berbagai solusi untuk permasalahan bisnis salah satunya adalah Cost per Action (CPA) untuk menentukan biaya yang dikeluarkan untuk setiap tindakan yang diambil oleh pengguna.

Baca Juga: 3+ Jasa Google Ads Profesional yang Terbukti Terpercaya!

CPA Google Ads Adalah

cpa google ads
Sumber: google.com

Singkatnya, CPA (Cost Per Acquisition) adalah metrik yang mengukur biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu konversi (conversion). 

Konversi sendiri adalah berbagai tindakan yang dilakukan oleh orang atau pengguna seperti contoh mengisi formulir, men-download aplikasi, atau order suatu produk.

Rumus CPA itu sendiri adalah sebagai berikut:

Total Biaya Iklan / Total Jumlah Konversi

Campaign iklan kamu akan semakin efektif dalam menghasilkan konversi jika CPA tersebut semakin rendah dan sebaliknya jika CPA kamu semakin tinggi, maka tidak efektif campaign iklan kamu untuk menghasilkan konversi.

Target CPA Google Ads

Jika kamu bingung dalam menetapkan biaya yang ingin dikeluarkan untuk mendapatkan satu konversi, kamu bisa menggunakan fitur yang terdapat di dalam Google Ads yaitu Target CPA.

Penggunaan target CPA akan secara otomatis menyesuaikan setiap lelang iklan (bidding) berdasarkan beberapa faktor yaitu persaingan, probabilitas konversi, relevansi.

Kamu perlu tahu bahwa target CPA tersebut tidak bisa kamu jadikan jaminan karena faktor tersebut dapat mempengaruhi performa dari campaign iklan kamu.

Untuk mendapatkan target CPA yang bisa mengontrol biaya pengeluaranmu, maka kamu dapat mengoptimalkan campaign tersebut dan memilih target yang realistis.

Baca Juga: Jasa Pasang Iklan Google Ads yang Tepat Sasaran, Pasti Cuan!

Kapan Harus Menggunakan CPA Google Ads?

cpa google ads
Sumber: google.com

Menggunakan CPA Google Ads memang sangatlah membantu kita dalam hal mempromosikan suatu bisnis yang sedang dijalankan.

Namun, ada beberapa situasi kondisi dimana kapan harus menggunakan CPA Google Ads. Penggunaan CPA Google Ads sangat disarankan apabila kamu memiliki situasi dan kondisi berikut ini:

  • Ingin mendapatkan konversi sebanyak mungkin dengan perkiraan biaya per konversi
  • Ingin memaksimalkan keuntungan yang didapatkan dari campaign iklan di Google
  • Tujuan iklan tersebut adalah mendapatkan konversi seperti men-download aplikasi, melakukan pembelian, dan prospek ke depannya

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan dipenuhi ketika kamu ingin mencoba CPA Google Ads yaitu:

  • Campaign pada bulan lalu setidaknya mendapatkan 15 konversi, namun 50 konversi sangat disarankan agar lebih optimal)
  • Mendapatkan saran dari Google untuk menggunakan target CPA
  • Sudah terpasangnya pelacakan konversi

Cara Kerja CPA dalam Campaign

cpa google ads
Sumber: google.com

Untuk membantumu mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang bisa dikontrol, maka kamu perlu mengetahui cara kerja dari CPA Google Ads.

  • Menentukan Target Biaya

Kamu menentukan target CPA atau biaya maksimal yang ingin dikeluarkan untuk setiap konversi yang ingin didapatkan.

Misalnya, kamu memilih target CPA Rp 100.000 maka rata-rata kamu membayar adalah Rp 100.000 untuk setiap pelanggan baru.

  • Algoritma Cerdas Google Ads

Untuk menentukan kapan dan di mana iklanmu akan ditampilkan Google Ads menggunakan algoritma cerdas untuk membantunya.

Algoritma tersebut akan memilih tawaran terbaik setiap lelang iklan berdasarkan target CPA dan faktor lain seperti persaingan lelang, potensi konversi, dan relevansi dari iklan tersebut.

  • Menemukan Tawaran Optimal

Untuk setiap iklan algoritma Google Ads menemukan tawaran optimal dan memaksimalkan peluang konversi dengan menekan biaya.

Faktor di luar kendali dapat mempengaruhi biaya per konversi yang bervariasi seperti persaingan lelang yang meningkat, tingkat konversi yang lebih rendah atau tinggi dari perkiraan, perubahan pada website atau iklanmu.

  • Meningkatkan Performa

Meningkatkan performa di setiap lelang iklan Google Ads menggunakan sinyal real-time dan sinyal ini termasuk browser, waktu, device, lokasi, dan lain-lain.

Demikianlah artikel mengenai CPA Google Ads dan semoga bermanfaat bagi kamu yang pemula dalam beriklan secara online melalui platform digital.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Kamu juga bisa mencari alternatif lain untuk mempromosikan bisnis onlinemu dengan layanan terpercaya dari Everpro. 

Everpro memiliki layanan yaitu Everpro Google Ads Whitelisted adalah solusi terlengkap beriklan di Google Ads dengan mudah, aman dan cepat!

Benefit Everpro Google Ads Whitelisted

  • Mengurangi resiko akun iklan restrict/banned dengan akun iklan whitelisted.
  • Scale up iklan lebih mudah dan cepat
  • Minimal top up Rp5.000.000
  • GRATIS semua biaya layanan untuk 2 bulan pertama

Daftar sekarang juga dan jadikan Everpro Google Ads Whitelisted sebagai solusi tepat untuk bisnis kamu!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan