everpro

5 Manfaat WhatsApp CRM Marketing dan Strategi yang Wajib Diketahui Pebisnis!

Bosan dengan strategi marketing yang itu-itu saja? Yuk, simak artikel CRM Marketing sampai habis untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan penjualan kamu!

WhatsApp menjadi alat komunikasi yang sangat mudah untuk digunakan setiap orang maupun kalangan yang menyebabkan banyaknya pengguna aktif setiap harinya.

Sebab, banyak sekali pelaku bisnis online yang memanfaatkan WhatsApp untuk menerapkan dalam strategi CRM dalam bisnis online tersebut.

Namun, banyak juga yang belum mengetahui manfaat dan strategi untuk melakukan CRM Marketing dengan aplikasi WhatsApp.

Maka dari itu, Everpro akan membahasnya untuk kamu yang masih pemula dan ingin meningkatkan hubungan dengan pelanggan serta penjualan.

Pengertian WhatsApp CRM Marketing

crm marketing
Sumber: Freepik

WhatsApp CRM adalah sistem yang dapat mengelola hubungan dengan pelanggan ataupun calon pelanggan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp.

Penggunaan WhatsApp CRM bisa mengumpulkan data pelanggan dari macam-macam saluran komunikasi melalui website, telepon, chat, email, bahkan media sosial pun bisa dan dikelola dalam satu aplikasi WhatsApp saja dimana saja dan kapan saja.

WhatsApp CRM Marketing merupakan solusi bisnis untuk mempercepat penjualan dengan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggannya.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Pengertian & Perbedaan Customer dan Consumen

Manfaat WA CRM Marketing

crm marketing
Sumber: Freepik

Kehadiran WhatsApp Business API ternyata memiliki manfaat, salah satunya  dapat mempermudah tim sales dan customer service perusahaan untuk melayani customer dengan cepat dan terorganisir.

Oleh karena itu, berikut adalah manfaat WA Marketing dalam CRM yang perlu kamu ketahui.

  • Meningkatkan Performa Tim Sales dan Marketing

Adanya WhatsApp sebagai alat komunikasi yang mempermudah tim sales dan customer dalam berkomunikasi dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

Tim terkait akan dengan cepat untuk merespons terkait keluhan, pertanyaan, atau feedback yang diberikan oleh pelanggan, sehingga menjadi efektif serta efisien dalam komunikasi tersebut.

  • Meningkatkan Customer Lifetime Value

Tentunya kamu ingin memiliki pelanggan setia di dalam bisnis online yang kamu miliki.

Salah satu caranya adalah dengan WA Marketing, karena memberikan pelayanan lebih personal by chat, sehingga membuat mereka memiliki pengalaman kualitas dalam pelayanan yang kamu berikan.

  • Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Dengan CRM menggunakan WhatsApp akan memudahkan tim sales dan customer dalam memberikan pelayanan yang baik karena semua saluran komunikasi hanya dikerjakan dalam satu platform.

Oleh karena itu, akan ditangani dengan baik dan cepat yang membantu meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan.

  • Menjangkau Pelanggan yang Luas

Pelanggan yang kebingungan untuk menghubungi tim customer perusahaanmu akan terbantu dengan adanya WhatsApp Business API, sehingga pelanggan akan mendapatkan solusi terpercaya dengan mudah dan cepat.

  • Analisis dan Pelaporan

Fitur analisis dan pelaporan yang disediakan oleh WhatsApp CRM membantu kamu dalam mengukur performa dari campaign iklan yang sedang berjalan.

Data seperti berapa pesan yang dikirim, dibaca, dan direspons dapat membantu kamu dalam mengevaluasi strategi dan memperbaiki yang diperlukan.

Baca Juga: Retargeting Customer, Pelajari Contoh Iklan Soft Selling Berikut

Strategi Menggunakan WA CRM untuk Jualan

crm marketing
Sumber: Freepik

Keunggulan dari WA CRM salah satunya adalah dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dari segi pelayanan yang membuat mereka akhirnya memutuskan untuk membeli produk kamu.

Kamu perlu mengetahui beberapa strategi yang penting dalam meningkatkan penjualan dengan membangun relasi yang kuat dengan pelanggan.

Pertama, kamu bisa membangun kontak pelanggan melalui form pendaftaran, website, atau interaksi secara langsung yang valid dan relevan. 

Berdasarkan minat atau riwayat pembelian, sehingga berpotensi untuk meningkatkan klik bahkan pembelian. Kedua, mengirimkan pesan yang personal dan relevan. 

Kamu bisa menggunakan fitur template pesan agar menghemat waktu dan menjaga konsistensi pesan yang dikirimkan. Sesuaikan dengan minat dan preferensi mereka, ya!

Ketiga, menjaga interaksi dengan pelanggan. Hal ini sangat krusial, sehingga menjadi waktu yang pas apabila kamu mengirimkan diskon, voucher, penawaran khusus, serta informasi produk terbaru. 

Jangan terlewatkan untuk tetap merespons pertanyaan atau keluhan melalui cara chat dengan customer secara profesional dan cepat. Keempat, gunakan fitur grup untuk mengirim pesan dalam jumlah banyak. 

Langkah ini bertujuan agar efektif dari segi waktu, namun pastikan tidak mengganggu atau spam kepada pelanggan yang tidak relevan.

Terakhir, kamu perlu layanan CRM yang dapat melacak serta menganalisa kinerja campaign WhatsApp CRM kamu yaitu dengan menggunakan layanan Everpro CRM. 

Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan strategi untuk mencapai hasil yang lebih baik dengan layanan terpercaya seperti Everpro CRM.

Jadi, kalau kamu mencari layanan yang terpercaya untuk memperkuat hubungan kamu dengan pelanggan maupun calon pelanggan, Everpro CRM bisa jadi pilihan terbaik untukmu!

Nah, itu dia pembahasan mengenai CRM Marketing, semoga informasi artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari tahu meningkatkan penjualan dengan memperkuat komunikasi dengan pelanggan.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan terus artikel seputar bisnis lainnya yang informatif dan menarik hanya di Everpro!

Benefit Everpro CRM

  • Kumpulan fitur dalam satu platform yang mempermudah keseluruhan proses bisnis onlinemu.
  • Promo: Buy 1 Month (179ribu) Get 3 Months
  • Fitur mudah digunakan, ramah pemula
  • Memberi kemudahan untuk tim CS dalam memonitor order pengiriman dan memberi rasa aman ke pelanggan
  • Memastikan tiap paket sukses sampai di alamat, tanpa retur
  • Workflow template yang sudah di-provide sesuai dengan use-case sehingga user tidak perlu buat sendiri logic dan workflownya
  • Customer insights berdasar data order dari multiple platforms (e-commerce, shipping platform, manual via excel).

Daftar sekarang juga dan perkuat hubungan bisnis online kamu dengan pelanggan bersama Everpro CRM!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya