everpro

Do Follow dan No Follow Link: Definisi, Manfaat, dan Perbedaannya

Do Follow dan No Follow link adalah dua jenis Backlink. Do Follow link adalah sebuah tautan dalam artikel blog atau situs yang memungkinkan Google untuk melakukan crawl sehingga mempengaruhi peringkat secara langsung. Sedangkan No Follow link adalah tautan yang tidak akan Google crawl dan tidak secara langsung mempengaruhi peringkat.
do follow dan no follow link

Do follow link dan No follow link adalah backlink sebagai teknik SEO. Apa perbedaannya? Simak artikel do follow dan no follow link berikut ini.

Backlink adalah salah satu teknik dalam membuat konten yang SEO friendly. Dalam proses link building perlu memahami terkait jenis backlink terlebih dahulu.

Karena jenis backlink memiliki tujuan yang berbeda dan akan mempengaruhi kualitas hasil backlink. Adapun kedua jenis backlink tersebut adalah Do Follow dan No Follow link.

Apakah pengertian, manfaat, dan perbedaannya? Baca pembahasan lebih lanjut berikut ini.

Apa Itu Do Follow Link?

do follow dan no follow link
Sumber: pexels.com

Mengutip Ahrefs, do follow link adalah sebuah link dengan tanpa adanya atribut “nofollow”, “UGC”, ataupun “sponsored.” 

Link dofollow sebenarnya secara otomatis terbentuk ketika mencantumkan sebuah link tanpa perlu melakukan konfigurasi lanjutan. Jadi, secara otomatis Google akan menelusuri setiap link yang tercantum pada sebuah artikel atau web.

Umumnya, Do Follow link tersematkan pada kata kunci target. Karena hal ini bertujuan agar nilai SEO dari suatu konten lebih kuat.

Jadi, jenis backlink Do Follow memungkinkan link yang terdapat pada postingan suatu artikel yang menuju ke situs lain akan secara langsung mengikuti tautan link tersebut hingga ke akarnya.

Dengan kata lain, Google atau search engine secara otomatis akan melakukan crawl (perayapan) pada link yang tercantum dalam postingan suatu artikel dengan tipe Backlink Dofollow.

Everpro

Berikut adalah contoh tampilan Do Follow link yang terdapat dalam kode suatu halaman:

<a href=”https://everpro.id”>Everpro</a>

Jenis Backlink Dofollow sering digunakan oleh para blogger serta situs-situs berita. Karena hal ini dapat meningkatkan posisi situs berada di paling atas dari hasil pencarian.

Baca juga: SEO On Page Adalah? Ini Arti dan Cara Optimasinya!

Manfaat Do Follow Link

dofollow
Sumber: pexels.com

Mengutip dari Curvearro, berikut adalah manfaat dari Do Follow Link

  • Dofollow link menarik lebih banyak pengunjung ke situs. Dengan dofollow link, anda mampu mendapatkan lebih banyak komentar atau tanggapan terkait konten atau postingan blog.
  • Membantu artikel atau postingan blog dari situs menjadi lebih populer. 
  • Meningkatkan pratinjau halaman.
  • Dapat meningkatkan peringkat konten untuk beberapa kata kunci.
  • Meningkatkan otoritas blog di mata Google.
  • Berdampak positif pada algoritma peringkat di pencarian Google.
  • Mendorong orang lain untuk menautkan link blog anda dengan milik mereka, hal ini memungkinkan mereka untuk mendapat backlink.
  • Membangun hubungan profesional yang baik dengan merek atau brand.
  • Mampu meningkatkan aktivitas ke situs dengan mengizinkan komentator untuk menulis di blog.  

Apa Itu No Follow Link?

do follow dan no follow link
Sumber: pexels.com

Jenis kedua dari backlink adalah No Follow Link yang merupakan kebalikan dari Do Follow Link, karena pada jenis ini situs tidak memberi izin kepada Google untuk mengikuti tautan atau link.

Melansir dari Ahrefs, pengertian No Follow Link adalah suatu hyperlink dengan tag rel=”nofollow”. 

Tautan pada jenis ini tidak mempengaruhi peringkat di mesin pencari dari URL tujuan karena Google tidak mentransfer PageRank atau teks jangkar ke tautan tersebut. Nyatanya, Google bahkan tidak merayapi nofollow link.

Jadi, sesuai dengan namanya yaitu “no” dan “follow” yang berarti tidak mengikuti, Google tidak akan melakukan crawl pada link dengan jenis ini yang ada dalam suatu artikel atau website.

Adapun contoh tampilan kode No Follow link pada suatu halaman adalah sebagai berikut:

<a href=”https:everpro.id” rel=”nofollow”>blue text</a>

Meski search engine tidak melakukan crawl pada jenis tautan ini, bukan berarti Backlink Nofollow merupakan hal yang tidak baik bagi situs. Bahkan faktanya, jenis backlink ini bagus untuk menyeimbangkan dengan jenis Do Follow link.

Karena, jika terlalu banyak dofollow link pada suatu situ, Google bisa menganggapnya sebagai spam, sehingga membuat situs tidak mampu bersaing di mesin pencarian.

Manfaat No Follow Link

do follow dan no follow link
Sumber: pexels.com

Sekilas, dapat dipahami bahwa jenis tautan ini dapat menyeimbangkan dengan adanya dofollow link pada suatu situs. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat No Follow Link:

  • Mampu Mengurangi Spam di Blog

Adanya backlink nofollow pada sebuah blog dapat melindungi dari banyaknya spam yang dapat mengurangi kualitas. Beberapa jenis No Follow link yang sering digunakan adalah untuk keperluan seperti:

  • Link komentar,
  • Link ke situs yang kurang terpercaya,
  • Tautan review,
  • Tautan afiliasi.
  • Membuat Backlink Menjadi Lebih Alami

Terbentuknya backlink yang natural atau alami menjadi poin plus dalam perkembangan situs di mesin pencari. Karena Google lebih menyukai hasil pencarian manual daripada backlink Dofollow.

  • Mengoptimalkan Kekuatan Brand

Adanya No Follow Link dapat membantu dalam meningkatkan brand awareness. Karena jenis link ini tetap menghitung traffic yang masuk.

Saat traffic tersebut masuk ke situs, mereka akan mempelajari lebih lanjut mengenai bisnis dari situs, serta produk atau jasa yang tersedia.

Oleh karena itu, jenis link ini dapat membantu leads (prospek) untuk menemukan dan mengenal perusahaan anda.

Baca juga: Kenali Lebih Dalam SEO Off Page, Definisi dan Cara Optimasinya

Perbedaan Do Follow dan No Follow Link

do follow dan no follow link
Sumber: google.com

Setelah memahami pengertian dari Do Follow dan No Follow link, maka akan lebih mudah mengetahui apa perbedaannya. Singkatnya, perbedaan antara kedua jenis backlink ini terletak pada perayapan (crawl) Google.

Lebih lanjut, mengutip dari Webfx berikut adalah perbedaan Do Follow dan No Follow link:

  • Do Follow Link diperhitungkan dalam jumlah tautan balik situs dan membantu meningkatkan peringkat di search engine.
  • No Follow Link tidak diperhitungkan dalam jumlah backlink situs, dan umumnya, Google tidak menggunakannya untuk menentukan peringkat mesin pencari.

Jadi, perbedaan paling signifikan antara dua jenis backlink ini adalah pada SEO. Yaitu dofollow akan langsung mempengaruhi peringkat Google, sementara nofollow secara tidak langsung.

Sebagian besar perusahaan bertujuan untuk mendapatkan tautan dofollow sehingga dapat meningkatkan otoritas situs dan mengarahkan lalu lintas yang lebih berharga melalui peningkatan peringkat. 

Tautan nofollow tidak mempengaruhi peringkat SEO secara langsung. Ada cara tidak langsung yang mempengaruhi peringkat, seperti dengan mengarahkan lalu lintas situs web dan tautan dari pengunjung situs web.

Demikian penjelasan mengenai Do Follow dan No Follow Link yang merupakan jenis backlink. Keduanya merupakan hal yang berbeda namun sama-sama berfungsi untuk meningkatkan kualitas SEO.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak berbagai artikel informatif lainnya hanya dari Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait