everpro

Domain Hosting Server: Inilah Pengertian dan Fungsinya

Domain hosting server – Di zaman yang serba canggih ini semua orang pasti sudah mengenal yang namanya website atau blog. Salah satu unsur penting yang ada di dalam blog dan jarang diketahui orang adalah domain hosting server.

Dari ketiga unsur tersebut memiliki pengertian yang berbeda-beda namun saling berkaitan satu sama lain.

Apa sebenarnya pengertian dan fungsi dari domain hosting server tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Domain Hosting Server

Domain Hosting Server
Sumber: google.com/bersosial

Domain hosting server adalah sesuatu yang berbeda, oleh karena itu Anda perlu mengetahui arti dari ketiganya.

1. Domain, pengertian domain

Pertama adalah domain. domain adalah alamat yang perlu Anda gunakan untuk membuka dan mengakses website.

Perumpamaannya seperti ini: website yang Anda miliki adalah sebuah rumah. Nah, layanan web hosting adalah tanah tempat Anda mendirikan rumah, sedangkan domain adalah alamat yang bisa digunakan orang-orang untuk menuju ke rumah Anda.

Jadi, bisa dibilang bahwa domain adalah salah satu komponen utama website. Nama domain terdiri dari dua elemen utama, yaitu nama situs dan ekstensi. 

Contohnya, Facebook.com memuat nama situs (Facebook) dan ekstensi (.com).

Registrasi nama domain dikelola oleh organisasi bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). 

ICANN menentukan ekstensi yang tersedia dan memiliki database terpusat yang berisi informasi pengarahan nama domain.

2. Apa itu hosting?

Kemudian adalah hosting. Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file dan data website sehingga dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. 

File dan data website tersebut bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database. 

Tanpa adanya hosting, tentu saja Anda tak bisa membuat website.  Itulah kenapa, Anda perlu menyewa hosting terlebih dulu untuk membuat website. 

Ibaratnya hendak membangun rumah. Kalau Anda ingin membangun rumah yang besar, luas tanahnya harus semakin besar, bukan? 

Sama seperti website, kalau ingin membangun yang kapasitas dan performanya tinggi, Anda butuh hosting yang sumber dayanya besar.

3. Server adalah?

Terakhir adalah sever. Server atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut peladen merupakan suatu sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpanan data. 

Data yang disimpan melalui server berupa informasi dan beragam jenis dokumen yang kompleks. 

Layanan tersebut ditujukan khusus untuk client yang berkebutuhan dalam menyediakan informasi untuk pengguna atau pengunjungnya.

Server berperan penting dalam menyediakan layanan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia pada server. 

Dalam bentuk fisiknya, server berwujud jaringan komputer dan memiliki ukuran yang sangat besar dengan beberapa komponen pendukung prosesor dan RAM yang berkapasitas besar.

Fungsi Domain Hosting Server

Domain Hosting Server
Sumber: google.com/bersosial

Jika Anda sudah mengetahui pengertian dari domain hosting dan server, berikut ini adalah fungsi dari tiga unsur tersebut.

1. Fungsi domain

Kegunaan domain adalah untuk mempermudah pengunjung mengakses website yang akan mereka buka melalui web browser, cukup dengan mengetikkan alamatnya tanpa harus menghafal IP address website.

Cari nama domain juga susah-susah gampang, karena satu rangkaian nama dan ekstensi hanya bisa dimiliki oleh sebuah website.

Domain juga bisa memanfaatkan redirect atau pengalihan yang membantu Anda menentukan apakah pengunjung yang membuka situs Anda akan otomatis diarahkan ke situs web lain.

Cara ini sangat berguna untuk campaign dan microsite, atau untuk mengarahkan pengunjung ke halaman landing khusus di situs utama Anda.Opsi pengalihan juga akan membantu menghindari kesalahan penulisan. 

Misalnya, ketika Anda salah mengetikkan URL Facebook dengan menulis www.fb.com, Anda akan tetap diarahkan ke www.facebook.com berkat opsi ini.

2. Fungsi hosting

Ada lima fungsi hosting yang harus Anda ketahui, adalah sebagai berikut:

  1. Hosting menyimpan berbagai file yang dibutuhkan oleh website. Misalnya: gambar, video, script, database website, dll
  2. Pengunjung yang mengetikkan domain website Anda pada browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, dll)
  3. Browser meminta server hosting mengirim file website ke browser
  4. Server mengirimkan file yang dibutuhkan pada browser
  5. Pengunjung dapat mengakses website Anda

Itulah lima fungsi hosting.

3. Fungsi server

Selain hosting yang memiliki lima fungsi, server juga memiliki lima fungsi yaitu sebagai berikut:

  1. Melayani permintaan komputer klien, Fungsi utama dari server adalah akan melayani segala permintaan dari klien untuk diproses.
  2. Menyimpan data informasi, Fungsi lainnya dari server adalah sebagai tempat penyimpanan data yang dikirimkan dari klien. Data yang tersimpan tersebut dapat berupa jenis dokumen dan informasi yang kompleks.
  3. Menyediakan database, Server juga memiliki fungsi menyediakan database sebagai penyimpan dan pengolah data. Biasanya perusahaan besar memanfaatkan fungsi ini untuk menerapkan big data.
  4. Manajemen transfer data, selanjutnya adalah mengatur komunikasi dan transfer informasi pada klien. Bisa dibayangkan bagaimana sibuknya server ketika banyak klien yang akan mengajukan permintaan. Untuk itu, perangkat server biasanya memiliki kapasitas seperti hardisk dan RAM yang tinggi. 
  5. Proteksi dari kejahatan, Fungsi server yang terakhir adalah untuk melindungi komputer atau website dari serangan hacker. Setiap ada request data dari klien, server akan mengecek alamat IP dan informasi lainnya. 

Demikianlah pembahasan mengenai arti dan fungsi dari domain hosting server, semoga bermanfaat!

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Picture of Rizky Syahaqy

Rizky Syahaqy

Rizky Syahaqy, merupakan SEO Content Writer di Blog Everpro yang fokus pada konten bisnis, jasa ekspedisi, dan kurir. Sebelumnya saya merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Bandung jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik. Setelah lulus, saya bekerja di dunia kepenulisan selama 1 tahun, yakni menjadi wartawan di sebuah media berita. Namun sejak masih kuliah saya aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang jurnalistik dan kepenulisan selama 3 tahun. Bahkan semasa kuliah saya sudah bekerja sebagai penulis lepas di berbagai media berita dan penyiar radio. Oleh karena itu saya memiliki kemampuan yang baik dalam menulis dan mencari sumber yang kredibel untuk sebuah tulisan yang saya buat. Semoga yang saya sajikan dapat bermanfaat untuk semua yang membacanya.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan