everpro

Anda Kerja SEO? Wajib Tahu Domain Authority Page Authority

Domain Authority Page Authority bisa sangat mempengaruhi website kita. maka dari itu dengan membuat konten yang orisinil, berkesan baik serta berisikan informasi yang valid bisa memudahkan website anda untuk di jangkau para pengguna internet. maka sebagai SEO wajib tahu pengertian ini.
domain authority page authority

Apakah anda seorang content writer? Atau anda ingin memulai karir di bidang SEO? Maka anda akan sering menjumpai istilah Domain Authority Page Authority. 

Biasanya agar lebih mudah di ucapkan sering disingkat menjadi DA dan PA. tapi kedua pengertian ini mempunyai arti serta fungsi yang berbeda pula. 

Anda bisa temukan kedua istilah ini ketika melakukan analisis SERP sebuah website atau ketika melakukan riset keyword. 

Dengan kita menganalisis SEO serta melakukan riset keyword. Maka peluang tulisan kita di posisi paling atas mesin pencarian juga akan makin besar. 

Hal ini di karenakan skor Domain authority page authority menjadi salah satu yang berpengaruh dalam penulisan SEO. 

Karena semakin tinggi nilai DA/PA di suatu website, maka kualitas optimasi SEOnya juga akan semakin baik dan website kita akan semakin mudah dilihat oleh para pengguna. 

Pengertian Domain Authority Page Authority 

domain authority
Sumber : Pexels.com

Domain authority adalah (DA) adalah skor peringkat Search Engine Optimization  (SEO) yang di kembangkan untuk memprediksi peringkat website kita di SERP. .

Karena semakin tinggi nilai DA, maka akan semakin besar juga website kita berada di posisi pertama dan halaman pertama di Google. 

Hal ini di sebabkan karena Google menganggap artikel berisi konten yang “penting” dan berkualitas. 

Everpro

Jika kita ada di posisi pertama tentunya masyarakat akan lebih mudah mengetahui website kita  hingga mengunjunginya. 

Terutama jika website anda adalah web toko online. Maka kesempatan pengguna melakukan pembelian juga akan semakin besar. 

Untuk rentang dari DA sendiri mulai dari 1 hingga 100 skor yang di dapatkan. Semakin tinggi nilai skornya. Maka akan semakin mudah juga muncul di halaman pertama.

Sedangkan Page Authority (PA) sebenarnya juga mirip seperti DA. hanya saja PA skor peringkat SEO hanya untuk satu halaman saja. 

Disini kita bisa melihat bahwa DA mengukur seluruh kekuatan website, sedangkan PA hanya untuk satu halaman saja. 

Keduanya sama-sama penting. Baik DA ataupun PA. maka agar peringkat keduanya terus meningkat, usahakan taruh keyword-keyword yang punya volume yang besar. 

Namun jangan taruh secara berlebihan juga. Pastikan anda buat konten secara original dengan menerapkan keyword yang berpotensial. 

Cara Meningkatkan Domain Authority Page Authority

Page Authority
Sumber : Pexels.com

1. Buat Konten unsur E-A-T 

EAT adalah sebuah singkatan dari Expertise, Authority dan Trustworthiness. Masing-masing mempunyai penjelasan sebagai berikut : 

  • Expertise, anda di wajibkan untuk paham dan memang ahli dalam membuat konten dengan topik yang sudah dipilih. 
  • Authority , konten yang anda buat tidak hanya untuk sekedar di baca saja. Namun bisa menjadi sumber ide, inspirasi serta bermanfaat bagi banyak orang. 
  • Trustworthiness, website anda wajib memiliki informasi yang valid dan dapat di percaya pengunjung website. 

Jika anda membuat konten dengan unsur E-A-T maka konten anda terbilang bisa di percaya informasinya, di sukai banyak orang dan tentunya bermanfaat. 

2. Meningkatkan Brand Awareness 

Untuk meningkatkan Domain authority Page authority juga anda harus bisa tingkatkan Brand Awareness. Yaitu kemampuan konsumen untuk mengenali atau mengingat merek. 

Maka bagaimana agar masyarakat semakin mengingat website kita? Caranya anda bisa design web anda sekreatif mungkin namun tetap memudahkan para pengunjung web. 

Atau bisa juga ciptakan nama dan logo yang unik. Pastinya para pengguna internet akan lebih mudah mengingat website anda. 

Anda juga bisa meningkatkan brand awareness dengan memanfaatkan influencer marketing atau di media sosial anda. 

3. Promosikan Konten Anda

Tahap selanjutnya anda promosikan konten anda melalui media sosial, agar lebih mudah di ketahui orang dimulai dari orang terdekat dahulu. 

Anggaplah anda sedang promosikan produk jualan anda yang anda tawarkan pada orang terdekat dulu. Maka anda juga bisa mempromosikan konten anda. 

Semakin banyak orang yang membaca konten anda maka akan meningkatkan pula nilai DA dan PA. 

Caranya anda seperti biasa dengan mengiklankan konten anda kemudian ajaklah teman anda untuk memberikan like dan komentar di salah satu postingan. 

4. Lakukan SEO On Page 

Nilai Domain authority dan Page authority juga dapat di pengaruhi melalui SEO On Page, karena teknik ini bertujuan untuk memberikan manfaat website bagi pengunjung website. 

5. Membuat Internal Link 

Internal link adalah sebuah “jalan pintas” yang bisa mengarahkan para pengguna dari suatu halaman website ke halaman lainnya dalam website yang sama. 

Namun masing-masing kedua halaman tersebut juga masih satu topik atau saling berhubungan. 

Alasan internal link bisa mempengaruhi nilai DA dan PA adalah internal link juga salah satu yang bisa mempengaruhi SEO juga. 

Dengan hadirnya internal link konten yang kita buat bisa menjadi lebih transparan juga bisa mengurangi bounce rate website. 

6. Membuat Backlink untuk Setiap Konten

Backlink adalah sebutan untuk menamai sebuah link yang mengarah ke website kita. Bisa di bilang backlink di sebut sebagai website kita merupakan salah satu website yang di rujuk orang lain. 

Tujuan backlink ini agar laptop kita bisa lebih populer di mesin pencarian.. Hanya saja memasang ini tidak diperkenankan secara berlebihan, karena Google akan mendeteksi adanya spamming sehingga Google akan banned website kita. 

Jika menggunakan backlink secara tepat, maka tentu saja skor DA dan PA anda akan semakin meningkat pula. 

Demikianlah artikel mengenai Domain authority Page authority, semoga bermanfaat. Sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel informatif terkait digital marketing hanya di Everpro. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?