everpro

Apa Itu Blog? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Everpro

Mencari banyak informasi kini anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke perpustakaan ataupun membeli banyak buku bertumpuk-tumpuk. kini anda bisa cari dari berbagai blog

Semua bisa kita akses secara cepat melalui internet. Bakan dari berbagai narasumber sekalipun. Tapi pernahkah anda penasaran bagaimana beragam informasi tersebut bisa ada dalam sekali “klik” saja di mesin pencarian? 

Ternyata memang media yang menyediakan bagi siapa saja yang bersedia memberikan informasi tersebut secara publik. Yaitu melalui media ini. 

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai seputar penulisan, jenis-jenisnya serta fungsinya seperti apa. Berikut penjelasannya di bawah ini. 

Apa Itu Blog? 

apa yang di maksud dengan blog
Sumber : Pexels.com

Di lansir dari wikipedia blog adalah salah satu bentuk aplikasi web berupa tulisan-tulisan informasi yang di posting pada halaman web. 

Tulisan-tulisannya di muat dalam urutan dari yang terbaru hingga yang terlama. media juga bisa di akses oleh siapa saja secara bebas sesuai dengan topik yang para pengguna internet inginkan. 

Pada awalnya tulisan di populerkan oleh oleh Blogger.com hingga akhirnya di akuisisi oleh Google pada akhir tahun 2003. 

Sejak saat utu terdapat banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka dan di peruntukan untuk para penulis tersebut. 

Fungsi Blog 

blog
Sumber : Pexels.com

Fungsinya sangat beragam di mulai hanya sekedar catatan harian, informasi ringan seperti resep masakan hingga media publikasi dan kampanye politik. 

Everpro

Seiring berjalannya waktu media inijuga lebih di kembangkan sehingga memiliki fasilitas yang memudahkan para pembacanya. Misalkan bisa meninggalkan komentar, atau menggunakan buku tamu. 

Tapi belakangan ini  sudah lebih berkembang bisa di gunakan sebagai media berbagi konten, melakukan promosi hingga menjadi sumber pendapatan dengan mendapatkan traffic yang tinggi. 

Apalagi jika media anda sudah terkenal sehingga akan banyak perusahaan yang tertarik menaruh iklan di media anda. 

Jenis-jenis Blog 

blog
Sumber : Pexels.com

1. Blog Pribadi 

Blog pribadi biasanya di kenal sebagai “diary” kehidupan pribadi yang di bagikan pada audiensnya. Isi dari media ini biasanya berupa artikel kehidupan pribadi, foto sehari-hari ataupun gambar yang masih terikat dengan hobi si penulis. 

Biasanya media ini cenderung lebih terbuka untuk berdiskusi, sehingga terdapat kolom komentar yang mungkin bisa memberikan timbal balik terhadap minat yang sama.

2. Niche Blog 

Niche  adalah tulisan yang biasanya sudah di kategorikan untuk tema-tema tertentu. Misalkan pada website tertentu hanya membahas tentang bisnis saja. Maka niche blog nya adalah bisnis. 

Sehingga media ini cenderung lebih fokus pada informasi tertentu dan satu topik saja. Kendati demikian tidak ada keharusan untuk memilih satu topik saja. 

3. Blog Bisnis 

Jenis yang satu ini biasanya memuat artikel berupa informasi suatu produk yang di jual dan langsung mengacu pada web perusahaan, 

 tema ini di buat untuk menarik perhatian konsumen, biasanya berupa konten yang di buat untuk soft selling ataupun hard selling 

Bagian ini juga biasanya memiliki fitur khusus untuk melakukan transaksi jual beli, dimana anda bisa membeli langsung produk tersebut di perusahaannya. 

4. Blog Afiliasi 

Jenis selanjutnya adalah afiliasi. Pada jenis ini biasanya memuat konten berisi tautan yang mengarahkan pembaca ke artikel lain yang menjual produk tertentu . 

Walau terlihat serupa dengan tema bisnis, nyatanya berbeda dimana kegiatan transaksi hanya bisa di lakukan di media pihak ketiga. 

Bagaimana Bentuk Struktur Blog? 

blog
Sumber : Pexels.com

Struktur blog yang sering kita jumpai biasanya terdiri dari navigation bar, header, main blog, side bar dan footer , 

  • Header adalah bagian paling atas  yang di gunakan untuk memuat judul;, halaman artikel dan deskripsi singkat
  • Main Blog adalah bagian konten di mana anda bisa kreasi sesuka mungkin berupa informasi dalam bentuk artikel, gambar atapun video. 
  • Footer adalah bagian paling bawah yang memuat informasi penulis, kontak, dan akun sosial media yang terhubung dengan media ini. 
  • Sidebar merupakan bagian yang memuat rekomendasi artikel dan kategori blog. 
  • Navigation Bar merupakan bagian yang menampilkan pilihan konten sehingga para pembaca bisa memilih sendiri konten yang mereka cari. 

Demikianlah artikel mengenai blog. Semoga bermanfaat, sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel informatif terkait istilah digital marketing lainnya hanya di Everpro.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?