Apa Itu Niche? Para Pebisnis Harus Tahu!

Niche

Pernah mendengar niche? Ternyata ini adalah salah satu strategi para marketers untuk menentukan target pasar yang jelas. 

Kenapa para marketers menggunakan strategi ini? Karena saat ini sudah banyak baik perusahaan, pebisnis maupun industri-industri membuka bisnisnya masing-masing. 

Karena itulah persaingan kini semakin sengit dan sulit menentukan target pasar yang jelas. Oleh sebab itulah strategi niche perlu di lakukan. 

Lalu apa yang di maksud dengan strategi ini? Apakah sangat berpengaruh pada bisnis kedepannya nanti? Selengkapnya ada di artikel ini. 

Apa itu Niche Market? 

Apa itu Niche?
Sumber : Pexels.com

Niche adalah bagian dari sebuah industri dengan target pasar atau konsumen yang lebih spesifik. 

Dengan kata lain niche adalah sebuah segmentasi dari industri yang lebih luas. 

Strategi ini sangat penting karena bisa mempertimbangkan keputusan membangun bisnis di tengah persaingan yang semakin ketat. 

Memang banyak sekali target pasar yang bisa kita raih, hanya saja jika kita tidak menentukan dari awal akan membuat pelaku bisnis kewalahan karena tidak mendapat target pasar yang tepat. 

Dengan menentukan target pasar yang lebih spesifik, melakukan promosi jadi lebih mudah dan efisien. Selain itu keuntugan yang di dapat bisa lebih besar daripada terjun langsung ke target pasar yang lebih luas. 

Everpro

Misalkan anda memutuskan untuk memulai usaha di bidang pakaian, dan seperti yang kita tahu pakaian adalah kebutuhan utama semua orang. 

Ada anak-anak, remaja dan dewasa bukan? Bahkan manusia terbagi menjadi laki-laki dan perempuan bukan? 

Tentu jika anda sebagai pebisnis pemula menyediakan pakaian untuk semua gender dan kategori usia akan sangat merepotkan dan butuh dana besar bukan? 

Jika anda sudah menentukan lebih dulu “niche” nya maka anda bisa langsung sediakan produk yang sesuai dan lebih mudah memasarkannya. 

Maka para marketers penting untuk mencoba strategi ini. 

Cara Menentukan Niche 

Niche artinya
Sumber : Pexels.com

1. Cari Niche Potensial 

Pastinya sebelum memutuskan berbisnis, anda sudah punya ide untuk bisnis anda. Namun dalam berbisnis kita juga tidak bisa terlalu idealis. Maka anda bisa cari terlebih dahulu niche yang potensial. 

Setelahnya anda bisa hubungkan niche potensial dengan ide anda. Cara mencari niche yang potensial anda bisa cari di pencarian google. 

Misalkan anda punya ide jualan untuk menjual skincare, maka anda bisa cari melalui google. Kemudian google akan menampilkan beberapa keyword yang masih berkaitan namun banyak dicari orang seperti “skincare wajah” , “bodycare” dan lainnya. 

Hanya saja jika anda mencarinya langsung melalui google maka akan mempengaruhi juga rekomendasi keyword yang di tampilkan, maka anda bisa menggunakan guest mode atau “incognito window”. 

2. Lakukan Riset Pasar 

Seringkali kita sudah melakukan pencarian niche potensial di google, namun google memang cakupannya masih terlalu luas. 

Maka anda juga bisa riset langsung ide anda melalui marketplace terkenal, kenapa mesti begitu? Karena 57% orang memilih berbelanja secara online. 

Anda bisa coba masukan keyword dari niche potensial yang sudah anda tentukan di marketplace. Apabila tidak ada hasil pencarian berarti ide anda tidak laku di pasaran. 

Namun apabila terdapat banyak yang muncul, maka ide anda bisa di coba dan berpotensi. 

Setelahnya anda bisa baca berbagai deskripsi produk-produk yang di jual kompetitor. 

Dengan ini anda bisa tahu rata-rata bahan suatu produk dari kompetitor. Dengan ini anda bisa improvisasi ide jualan anda dengan bahan yang anda tentukan. 

Ini juga bisa menjadi suatu ciri khas dari produk yang anda jual. 

3. Jika Ingin Memastikan Lebih Jauh, Anda Bisa Cek Situs-Situs Bisnis yang Menggunakan Niche Serupa

Walau sebagian besar para pebisnis menjual produk mereka melalui marketplace terkenal, nyatanya ada juga mereka yang memasarkan produknya di website mereka sendiri. 

Ini juga bisa jadi ide untuk website anda sendiri. Tinggal anda cari tahu cara membuat website dan tambahkan fitur atau fungsi yang belum di miliki kompetitor 

Sehingga anda bisa lebih improvisasi niche anda. 

Manfaat dari Niche 

apa arti niche
Sumber : Pexels.com

1. Lebih Menonjol

Bisnis yang anda miliki dengan menggunakan strategi ini maka akan lebih mudah di ingat oleh masyarakat luas. Ini juga bisa membantu anda dalam menarik klien dan pelanggan ideal anda. 

2. Peluang Menaikan Harga

Dengan niche juga bisnis anda bisa lebih mudah di ingat. Dengan semakin banyaknya pasar yang lebih spesifik maka kesempatan menawarkan harga barang lebih tinggi juga lebih besar. 

Karena produk yang anda tawarkan beserta layanannya tidak ada di tempat lai. 

3. Loyalitas 

Kehadiran niche juga kita bisa mendapatkan konsumen yang lebih spesifik, apabila produk yang di tawarkan serta pelayanan yang memuaskan pelanggan.

Oleh karena itu ini akan lebih mudah membantu anda untuk mencari pelanggan setia atau loyal. 

4. Berkurangnya Kompetisi

Strategi bisnis ini bisa membuat kategori bisnis anda menjadi lebih mengerucut, sehingga anda tidak perlu bersaing dengan banyak brand yang lebih umum. 

Demikian artikel mengenai arti niche, semoga bermanfaat. Sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel informatif seputar istilah digital marketing lainnya hanya di Everpro

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?