everpro

Payment Gateway, Definisi, Cara Kerja dan Manfaatnya

Payment Gateway

Payment gateway adalah sebuah sistem pembayaran transaksi melalui online dengan otorisasi melalui e-commerce. lalu bagaimana cara kerja dan manfaat dari sistem ini? selengkapnya ada di artikel ini.

Dalam beberapa dekade terakhir sebagian besar transaksi keuangan di lakukan secara tunai. Baik untuk membeli barang-barang murah atau bahkan barang investasi seperti rumah dan kendaraan. 

Tapi seiring dengan kemajuan teknologi. Melakukan transaksi tidak mesti harus membawa berkoper-koper uang untuk membeli barang berharga. 

Untuk sekedar jajan pun anda tidak perlu membawa uang. Lantas bagaimana caranya? Sekarang ini anda hanya perlu memanfaatkan payment gateway. Apakah itu? Dan bagaimana sistem kerjanya? 

Semua akan di bahas melalui artikel ini. 

Apa Itu Payment Gateway? 

apa itu payment gateway
Sumber : Pexels.com

Payment Gateway adalah sebuah transaksi untuk mengotorisasi suatu proses transaksi melalui e-commerce. 

Misalkan anda berbelanja suatu barang melalui e-commerce.  Maka anda bisa melakukan transaksi keuangannya langsung melalui aplikasinya. 

Sehingga anda tidak perlu repot melakukan pembayaran di minimarket ataupun COD. biasanya sistem ini di lakukan melalui beberapa transaksi seperti transfer bank, transaksi kredit, debit  ataupun pembayaran langsung layaknya e-wallet, direct debit dan lainnya. 

Semakin banyaknya hadirnya e-commerce maka kesempatan untuk meraih banyak target pasar di penjuru dunia juga semakin mudah. 

Everpro

Karena dengan kehadiran internet anda bisa aplikasikan untuk memulai bisnis secara pasaran global. Teknologi ini juga mempermudah produsen untuk melakukan transaksi di penjuru dunia. 

Selain itu, sistem ini juga bisa dilakukan untuk non-bank, sehingga pelaku usaha kecil pun bisa menyediakan sistem ini untuk memvalidasi dan otorisasi transaksi antara merchant dan konsumen. 

Apakah Payment Gateway Aman? 

apa itu payment Gateway
Sumber : Pexels.com

Karena arti payment gateway adalah transaksi online, maka beberapa tahun lalu masyarakat sempat ragu dengan sistem pembayaran ini. 

Di sebabkan karena sempat ada beberapa peristiwa terjadinya pembobolan serta data-data pribadi yang bocor. Meski begitu sistem ini  terbilang aman setelah melakukan beberapa upgrade.

Upgrade di sini dengan di tambahnya teknologi keamanan yang di sematkan di sistem ini. 

Cara Kerja Payment Gateway 

arti payment gateway
Sumber : Pexels.com

Begitu anda selesai berbelanja melalui e-commerce anda akan di arahkan ke beberapa opsi metode pembayaran.

Beberapa metode pembayaran ini yang menggunakan  teknologi ini  di mana customer bisa memilih langsung metode pembayarannya. 

Setelah pembayaran terkonfirmasi. Semua data pembayaran akan langsung tercantum dalam payment gateway. 

Kemudian data tersebut akan masuk ke payment processor bank yang di miliki customer. 

Selanjutnya pihak bank akan respon ke payment processor, yaitu sebuah informasi berhasil atau tidaknya sebuah transaksi lalu saling bertukar pesan dengan sistem ini dan akhirnya status transaksi akan terkirim pada e-commerce. 

Manfaat Penggunaan Teknologi Payment Gateway 

sistem otorisasi ecommerce
Sumber : Pexels,com

1. Menjangkau Transaksi yang Lebih Luas 

Salah satu yang paling terlihat dampak payment gateway adalah bisa melakukan transaksi hingga ke penjuru dunia dalam waktu hitungan detik. 

Dengan ini akan menambah praktis dan efisiensi waktu. 

2. Keamanan lebih terjamin

Baik untuk konsumen ataupun penjual, kehadiran teknologi ini juga bisa meminimalisir kejahatan. Karena konsumen tidak perlu membawa banyak uang sehingga tidak mengundang kejahatan. 

Untuk penjual pun aman karena bisa melindungi penjual dari transaksi fiktif. 

3. Transfer ke Semua Jenis Transaksi 

Dahulu perbedaan bank seringkali menjadi dilema untuk melakukan transaksi. Tapi dengan teknologi ini hal ini tidak perlu di takutkan. 

Baik penjual ataupun pebeli tidak memiliki banyak rekening sekaligus untuk bisa bertransaksi dengan menggunakan rekening yang sama. 

4. Bisa Mengetahui Rincian Transaksi 

Dengan hadirnya teknologi ini. Konsumen bisa lebih mengetahui berbagai informasi terkait rincian transaksi yang mereka lakukan. 

Demikianlah artikel mengenai payment gateway.  semoga bermanfaat, sebarkan artikel ini  juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel informatif seputar istilah digital marketing lainnya hanya di Everpro

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?