everpro

ETA Adalah: Istilah Logistik & Perbedaannya dari ETD

ETA singkatan dari Estimated Time of Arrival, sehingga ETA adalah perkiraan waktu kedatangan kapal. Dalam dunia logistik ETA artinya berbeda dengan ETD, perbedaan ETA ETD berdasarkan perkiraan waktunya.
eta

Bingung dengan arti ETA maupun istilah lainnya dalam bidang logistik? Setelah membaca artikel ini Anda tidak akan bingung lagi mengenai istilah tersebut.

Secara umum, istilah-istilah logistik merupakan ilmu pengetahuan atau seni dalam melakukan proses penyimpanan, pengantaran, dan pemeliharaan barang tertentu.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa logistik adalah bagian dari ilmu manajemen yang bertujuan untuk mengelola dan memelihara perlengkapan barang.

Baca juga: Penjelasan Est Beserta Contohnya, Simak Disini!

Pengertian ETA Adalah

eta
Sumber: google.com

ETA singkatan dari Estimate Time of Arrival. ETA adalah istilah mengenai perkiraan waktu kedatangan. Hal tersebut sangat melekat dengan cargo logistik yaitu mengenai waktu perkiraan datangnya kapal.

Cargo berkaitan dengan pengiriman besar yang kisaran beratnya lebih dari 10 kg serta dimensi yang cukup besar. Layanan tersebut biasa anda gunakan pada jenis B2B.

Sementara itu, ekspedisi logistik adalah pengiriman barang maupun dokumen dalam kota dengan berat dan dimensi kecil atau di bawah 5 kg.

ETA Artinya Pada Ekspedisi

eta
Sumber: google.com

Secara umum, ETA artinya pada jasa ekspedisi merupakan perkiraan waktu kedatangan paket. Jasa ekspedisi tentu berbeda pelayanannya dengan pengiriman cargo.

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa perbedaan tersebut meliputi ukuran barang, dimensi barang, estimasi waktu pengiriman, hingga tarif ongkos kirim.

Everpro

Dari arti Estimate time of arrival, Anda dapat mengetahui tentang status pengiriman melalui cek resi guna melacak keberadaan paket selama proses pengantaran barang.

Apa Itu ETA dalam Penerbangan?

estimated time of arrival
Sumber: google.com

Tak hanya dalam istilah logistik, estimated time of arrival juga terdapat dalam istilah lainnya seperti dalam penerbangan.

Dalam dunia penerbangan kata ini mengacu pada perkiraan kedatangan pesawat ke suatu bandara. Selain itu terdapat wilayah khusus sebagai tempat kedatangan para penumpang yang turun dari pesawat atau arrival.

Perbedaan ETA ETD

eta
Sumber: google.com

Nah, terdapat juga istilah lain yang serupa namun tak sama dari istilah sebelumnya, yaitu ETD. ETD adalah singkatan dari Estimate Time of Departure atau perkiraan keberangkatan kapal.

Perbedaan ETA ETD adalah jenis waktu perkiraannya. Estimated time of arrival artinya perkiraan waktu kedatangan atau ketibaan, sedangan ETD merupakan perkiraan waktu keberangkatan.

Dari kedua istilah di atas, Anda dapat mengetahui perbedaannya. Sehingga ketika Anda melakukan pengiriman cargo dan lainnya, sudah mengerti istilah pada pengiriman logistik.

Baca juga: Apa Itu Depo? Arti Depo Pada Pengiriman Barang

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?