everpro

ETA Adalah: Istilah Logistik & Perbedaannya dari ETD

Tahukah kamu arti istilah dari kata ETA di dalam bidang logistik? Jika belum, yuk simak artikel ini sampai habis dan temukan informasi lengkapnya!

Secara umum, istilah-istilah logistik merupakan ilmu pengetahuan atau seni dalam melakukan proses penyimpanan, pengantaran, dan pemeliharaan barang tertentu.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa logistik adalah bagian dari ilmu manajemen yang bertujuan untuk mengelola dan memelihara perlengkapan barang.

Akan tetapi tahukah kamu apa itu istilah ETA dalam bidang logistik? Jika belum tahu, saat yang tepat untuk kamu membaca artikel Everpro kali ini dan kamu akan mendapatkan jawabannya!

Baca Juga: Cari tahu yuk! Penjelasan Est Beserta Contohnya

Pengertian ETA Adalah

eta
Sumber: google.com

ETA singkatan dari Estimate Time of Arrival. ETA adalah istilah mengenai perkiraan waktu kedatangan. Hal tersebut sangat melekat dengan cargo logistik yaitu mengenai waktu perkiraan datangnya kapal.

Cargo berkaitan dengan pengiriman besar yang kisaran beratnya lebih dari 10 kg serta dimensi yang cukup besar. Layanan tersebut biasa anda gunakan pada jenis B2B.

Sementara itu, ekspedisi logistik adalah pengiriman barang maupun dokumen dalam kota dengan berat dan dimensi kecil atau di bawah 5 kg.

ETA Artinya Pada Ekspedisi

eta
Sumber: google.com

Secara umum, ETA artinya pada jasa ekspedisi merupakan perkiraan waktu kedatangan paket. Jasa ekspedisi tentu berbeda pelayanannya dengan pengiriman cargo.

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa perbedaan tersebut meliputi ukuran barang, dimensi barang, estimasi waktu pengiriman, hingga tarif ongkos kirim.

Dari arti Estimate time of arrival, Anda dapat mengetahui tentang status pengiriman melalui cek resi guna melacak keberadaan paket selama proses pengantaran barang.

Apa Itu ETA dalam Penerbangan?

eta
Sumber: google.com

Tak hanya dalam istilah logistik, estimated time of arrival juga terdapat dalam istilah lainnya seperti dalam penerbangan.

Dalam dunia penerbangan kata ini mengacu pada perkiraan kedatangan pesawat ke suatu bandara. Selain itu terdapat wilayah khusus sebagai tempat kedatangan para penumpang yang turun dari pesawat atau arrival.

Perbedaan ETA ETD

eta
Sumber: google.com

Nah, terdapat juga istilah lain yang serupa namun tak sama dari istilah sebelumnya, yaitu ETD. ETD adalah singkatan dari Estimate Time of Departure atau perkiraan keberangkatan kapal.

Perbedaan ETA ETD adalah jenis waktu perkiraannya.

Estimated time of arrival artinya perkiraan waktu kedatangan atau ketibaan, sedangkan ETD (Estimated Time of Departure) merupakan perkiraan waktu keberangkatan.

Dari kedua istilah di atas, Anda dapat mengetahui perbedaannya. Sehingga ketika Anda melakukan pengiriman cargo dan lainnya, sudah mengerti istilah pada pengiriman logistik.

ETA

  • Berperan penting dalam kepuasan pelanggan
  • Digunakan untuk merencanakan aktivitas operasional logistik, mengoordinasikan waktu kedatangan, dan mengelola ekspektasi
  • Berfungsi dalam memperkirakan waktu kedatangan pengiriman pada tujuan akhir
  • Mencegah ketidakpastian kapan barang sampai yang mengakibatkan kekhawatiran pelanggan
  • Contoh: Kurir berangkat dari gudang pukul 11.00 dan pemberhentian akhir berjarak 30 menit dari lokasi gudang, maka ETA adalah 11.30.

ETD

  • Berperan penting dalam mengoptimalkan rute dan mengelola sumber daya
  • Digunakan untuk memastikan keberangkatan tepat waktu di bidang transportasi dan logistik
  • Berfungsi untuk memperkirakan keberangkatan transportasi pengangkutan atau pengiriman barang logistik
  • Membantu dalam menghindari adanya terjadi delays
  • Contoh: Kurir ditugaskan berangkat dari pelabuhan atau gudang jam 11.00, maka ETD adalah jam 11.00.

Baca Juga: Apa itu Depo? Ini Penjelasan Arti Depo dalam Pengiriman Barang!

Demikian penjelasan mengenai ETA yang merupakan salah satu istilah dalam pengiriman. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. 

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Nah, untuk mendapatkan estimated time of arrival yang akurat sesuai ETD pastikan menggunakan layanan pengiriman yang tepat.

Dengan layanan Shipping Everpro, Anda bisa mengirim paket dari toko online dengan lebih aman dan minim hambatan.

Maka Anda bisa mengatur pesanan dengan lebih cepat, mudah, dan aman karena telah terintegrasi dengan sistem pengiriman. Terdapat juga keuntungan lainnya, seperti berikut ini:

Benefit Everpro Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 35% untuk metode pengiriman reguler. (Ref: Promo Page)
  • Biaya Retur gratis, COD fee 3%
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi (Upload bulk orders)
  • Pencairan dana COD otomatis dalam 1×24 jam setiap hari (Senin-Minggu)
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja. Tanpa minimal jumlah atau berat.
  • Data penjualan dan pengiriman tersaji dalam satu dashboard lengkap.
  • Mudah klaim bila paket bermasalah dengan fitur Ticketing antara user, tim Everpro, dan tim 3PL

Jadi, tunggu apalagi? Mari mudahkan urusan pengiriman dan perluas jangkauan bisnis dengan mendaftar ke layanan Shipping Everpro sekarang!

Daftar Sekarang

Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya