everpro

GNP Adalah: Pengertian, Rumus, dan Perbedaannya dari GDP

gnp

GNP adalah singkatan dari Gross National Product yang penting bagi suatu negara. Apakah fungsinya? Simak penjelasan GNP selengkapnya.

Untuk mengukur pertumbuhan perekonomian suatu negara secara berkala adalah dengan menghitung pendapatan nasional.

Data dari perhitungan tersebut dapat memudahkan perbandingan kinerja setiap sektor, serta menjadi indikator kualitas hidup masyarakat.

Salah satu konsep dari pendapatan nasional adalah Produk Nasional Bruto atau GNP. maka dari itu, penting untung mempelajari pengertian hingga cara menghitungnya.

Baca ulasan GNP melalui artikel ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Apa Itu GNP?

gnp adalah
Sumber: google.com

Gross National Product atau GNP adalah estimasi nilai total barang dan jasa dari hasil perekonomian suatu negara dalam periode waktu tertentu (biasanya satu tahun) dengan alat produksi yang penduduk negara tersebut miliki.

Cara menghitung GNP adalah dengan menjumlahkan semua nilai barang dan jasa hasil penduduk suatu negara dan menambahkannya dengan hasil dari penduduk yang berada di luar negeri.

Menghitung Gross National Product atau PDB biasanya dengan mengambil jumlah pengeluaran konsumsi pribadi, investasi domestik swasta, pengeluaran pemerintah, ekspor bersih, serta pendapatan penduduk dari investasi luar negeri.

Kemudian mengurangi nilai tersebut dengan pendapatan dari perekonomian domestik oleh penduduk asing. Sedangkan ekspor bersih menunjukkan perbedaan antara ekspor negara setelah dikurangi impor barang dan jasa.

Everpro

GNP adalah indikator parameter yang tepat untuk mengetahui tingkat kegiatan ekonomi suatu negara. Karena PDB mengukur nilai moneter total dari output yang dihasilkan penduduk dari negaranya.

Maka dari itu, output dari penduduk asing dalam perbatasan negara harus menjadi pengecualian dalam perhitungannya, sedangkan output dari penduduk luar perbatasan harus masuk dalam perhitungan.

Pada intinya, PDB mengukur nilai total dari penduduk yang suatu negara atau kebangsaan tertentu, baik penduduk yang memiliki output dari kegiatan di dalam negeri maupun luar negeri.

Oleh karena itu penduduk yang memiliki pendapatan dari investasi luar negeri masuk dalam perhitungan, sedangkan investasi asing di suatu negara tidak.

Pada dasarnya PDB berfungsi sebagai indikator bagaimana masyarakat suatu negara berkontribusi terhadap perekonomian nasional. 

Sebagai bagian dari perhitungan pendapatan nasional, PDB memiliki andil untuk menentukan tingkat perekonomian suatu negara.

Baca juga: Akuntansi Biaya Adalah: Definisi Hingga Fungsinya dalam Bisnis

Perbedaan GNP dan GDP

gnp
Sumber: google.com

Selain PDB, terdapat juga komponen lain dalam perhitungan pendapatan nasional yaitu GDP. memang kedua komponen ini memiliki kemiripan yaitu menghitung output atau produk bruto.

Namun terdapat perbedaan antara GNP dengan GDP. Produk Domestik Bruto atau GDP adalah jumlah nilai tambah dari setiap unit bisnis yang suatu negara hasilkan dalam periode waktu tertentu.

Perolehan nilai PDB adalah dari produksi warga negaranya, terlepas apakah mereka berada di dalam atau luar negeri yang dikurangi dengan pendapatan penduduk asing di negara tersebut.

Sedangkan GDP, mengukur nilai produksi barang dan jasa dalam batas negara dari warga negara serta penduduk asing secara keseluruhan.

Perbedaan GNP dan GDP adalah bahwa ada perusahaan asing yang memproduksi barang didalam negeri, dan perusahaan milik penduduk domestik yang memproduksi barang secara global dan mengembalikan pendapatannya ke penduduk domestik.

Selain itu, perbedaan keduanya muncul dari fakta bahwa mungkin terdapat perusahaan asing yang memproduksi barang dalam negeri, serta perusahaan milik penduduk domestik yang memproduksi barang untuk seluruh dunia.

Singkatnya, perbedaan PDB dan GDP terletak pada perolehan nilainya. PDB memperoleh nilai dari hasil output penduduk domestik, sedangkan GDP merupakan perolehan nilai output dari suatu negara secara keseluruhan.

Rumus GNP

rumus gnp
Sumber: google.com

Untuk lebih memahami apa itu GNP adalah dengan mengetahui rumus perhitungannya. Dengan begitu dapat mengerti perbedaan PDB dan GDP.

Berdasarkan modul ekonomi, pendapatan nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, rumus GNP adalah sebagai berikut:

GNP = GDP + (PFLN – PFDN)

Keterangan:

  • GNP = Produk Nasional Bruto (Gross National Product)
  • GDP = Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product)
  • PFLN = Pendapatan faktor produksi warga negara di luar negeri
  • PFDN = Pendapatan faktor produksi warga asing di dalam negeri

Berdasarkan rumus tersebut, cara menghitung GNP adalah dengan mengetahui nilai GDP terlebih dahulu. Adapun rumus GDP adalah berikut ini:

GDP = C + I + G + (X – M)

Keterangan:

  • GDP = Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product)
  • C = Konsumsi pribadi (Consumption)
  • I = Investasi (Investment)
  • G = Pengeluaran pemerintah (Government)
  • X = Ekspor
  • M = Impor

Baca juga: VUCA Adalah: Definisi, Dampak, dan Cara Bisnis Menghadapinya

Contoh Cara Menghitung GNP

cara menghitung gross national product
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui rumus GNP, dapat menghitungnya dengan lebih mudah. Untuk mendapatkan nilai PDB adalah dengan mengetahui nilai GDP. 

Menghitungnya yaitu dengan menambahkan pengeluaran konsumsi pribadi (C), investasi domestik swasta (I), pengeluaran pemerintah (G), dan ekspor bersih (X – M). 

Dari nilai GDP tersebut kemudian menambahkannya dengan pendapatan warga negara tersebut di luar negeri, serta menghilangkan pendapatan penduduk asing dalam perekonomian domestik.

Selain itu, untuk menghindari perhitungan ganda, Gross National Product tidak memasukkan nilai barang perantara karena entri ini termasuk dalam nilai produk dan layanan akhir.

Agar lebih jelas dan mudah memahaminya, berikut adalah contoh cara menghitung GNP:

contoh cara menghitung pdb
Sumber: ilustrasi

GDP = C + I + G + (X – M)

GDP = 120.000.000 + 100.00.00 + 520.000.000 + (70.000.000 – 50.000.000)

GPD = 760.000.000

 

Rumus GNP = GDP + (PFLN – PFDN)

GNP = 760.000.000 + (60.000.000 – 50.000.000)

GNP = 770.000.000

Berdasarkan perhitungan tersebut, maka hasil dari Gross National Product adalah Rp770.000.000.

Itulah penjelasan tentang Gross National Product mulai dari pengertian, perbedaannya dengan GDP, rumus, hingga cara menghitung GNP.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait