everpro

Google Analytics Adalah: Definisi, Fungsi, Fitur, dan Metriks Penting

Bagaimana cara mengetahui performa website? Google Analytics adalah salah satu tool-nya. Simak artikel Google Analytics berikut ini.

Setiap pemilik situs web tentu ingin mengetahui seberapa besar trafik yang masuk dan seberapa berhasilnya konten dari situs yang mereka miliki.

Untuk itu perlu adanya tools yang dapat membantu dalam memantau trafik hingga performa situs.

Dengan begitu pemilik situs dapat mengevaluasi untuk membuat strategi yang tepat agar situs web semakin berkembang dan berguna bagi penggunanya.

Adapun salah satu tools yang dapat digunakan adalah Google Analytics, suatu alat yang menyediakan data tentang situs web.

Lantas, apa itu Google Analytics? Apa saja fungsi dan fiturnya?

Ketahui lebih lanjut dengan membaca ulasan ini sampai selesai.

Baca juga: LSI Adalah: Definisi, Fungsi, dan Cara Temukan Keyword LSI

Definisi Google Analytics Adalah

google analytics adalah
Sumber: google.com

Melansir dari Tech Target, pengertian Google Analytics adalah:

“Google Analytics adalah layanan analisis web yang menyediakan data statistik dan alat analitik dasar untuk pengoptimalan mesin pencari (SEO) serta tujuan marketing lainnya.”

Layanan ini merupakan bagian dari Platform Google Marketing dan tersedia secara gratis untuk siapa saja melalui akun Google.

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, pemilik situs web dapat melacak kinerja situs serta mengumpulkan wawasan pengunjung (visitor insights). 

Layanan ini dapat membantu bisnis untuk menentukan sumber teratas dari trafik pengguna, mengukur keberhasilan kegiatan pemasaran dan kampanye, serta melacak pencapaian (seperti pembelian, penambahan produk ke keranjang).

Tak hanya itu tools ini juga dapat menemukan pola dan tren dalam keterlibatan pengguna, serta memperoleh informasi pengunjung lainnya seperti demografi.

Banyak yang menggunakan Google Analytics karena efektif dan mudah mengintegrasikannya dengan produk dari Google lainnya, serta bisa digunakan pada platform dengan desain web apapun.

Fungsi Menggunakan Google Analytics

google analytics
Sumber: pexels.com

Dalam pemanfaatan media online untuk meraih pelanggan baru serta mempertahankan pelanggan lama, tentu perlu menggunakan alat yang bisa menganalisis digital marketing yang bisnis lakukan.

Perilaku dan interaksi pengunjung di situs web dapat menunjukkan apakan konten situs web menarik atau berguna, dan apakah produk atau layanan layak dibeli.

Berkaitan dengan hal tersebut, Google Analytics mempunyai fungsi sebagai berikut:

  • Sebagai Alat Ukur dan Optimasi Performa Situs

Salah satu metrik paling mendasar dari Google Analytics adalah jumlah pengunjung di situs web. Data ini dapat memperlihatkan halaman mana yang memiliki paling banyak pengunjung. 

Dengan begitu bisnis dapat menentukan strategi yang tepat terkait data tersebut. Misalnya dengan menambahkan konten serupa dan melihat apakah dapat mempertahankan pengunjung serta mendorong trafik baru.

  • Menentukan Efektivitas Strategi Pemasaran

Fungsi dari Google Analytics selanjutnya adalah untuk membantu dalam menentukan efektivitas budget pemasaran, sehingga dapat mengetahui mana yang bisa lebih difokuskan.

Beberapa data dari layanan ini dapat membantu bisnis untuk merancang strategi pemasaran baru atau tetap menjalankan yang sudah ada, sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen potensial.

Adapun data tersebut mencakup:

  • Total pengunjung
  • Rata-rata pengunjung menghabiskan waktu di halaman
  • Situs rujukan 
  • Penelusuran kata kunci
  • Lokasi geografis
  • Mengarahkan Keputusan Terkait Konten dan Produk

Berdasarkan data-data yang tersedia di perangkat lunak ini, dapat membantu bisnis dalam memahami cara pengguna menghabiskan waktu di situs.

Dengan begitu bisnis dapat menyesuaikan situs dengan apa yang pengunjung butuhkan.

Misalnya, data menunjukkan banyak pengunjung yang datang melalui perangkat seluler, maka bisnis dapat memfokuskan budget untuk tampilan di perangkat yang lebih optimal.

  • Dapat Meningkatkan Peringkat Situs Web 

Google Analytics dapat memberi informasi bagaimana pengunjung menemukan situs web, dan kata kunci apa yang membawa mereka ke situs web anda.

Dengan informasi tersebut, anda dapat mengoptimalkan penggunaan kata kunci tersebut agar halaman mendapatkan peringkat teratas di hasil mesin pencari (SERP).

Fitur Utama dalam Google Analytics

google analytics
Sumber: google.com

Dalam Google Analytics terdapat laporan dalam 5 kategori yang memberikan informasi detail tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web, yaitu:

  • Realtime

Salah satu fitur dalam Google Analytics adalah Realtime yang memberi data tentang jumlah pengunjung saat anda melihat laporan (pengguna aktif).

Laporan ini menggabungkan lokasi, tampilan halaman per menit, sumber trafik, konten, konversi, serta peristiwa untuk menggambarkan dampak dari sesuai, misalnya penjualan atau peluncuran produk baru.

  • Audiens (Audience)

Dalam laporan ini memberikan data statistik dengan lebih rinci seperti demografi, lokasi geografis, behavior, dan penggunaan perangkat. 

  • Akuisisi (Acquisition)

Fitur ini memberi data yang dapat menampilkan bagaimana pengunjung menemukan situs web, meliputi rujukan, klik iklan, kueri penelusuran, tautan media sosial, dan campaign tertentu.

  • Perilaku (Behavior)

Pada laporan ini dapat mengetahui interaksi pengguna dengan halaman situs. Adapun data berisi informasi total halaman yang tampil, tampilan halaman unik, halaman yang paling sering pengguna kunjungi, dan sebagainya,

  • Konversi (Conversion)

Dalam konversi terdapat data terkait berapa kali pengguna yang menyelesaikan suatu tindakan seperti pembelian, daftar ke email newsletter, atau mengunduh.

Baca juga: Core Web Vitals, Kenali Metrik Penting untuk Ranking Situs!

Metriks Penting dalam Google Analytics

metriks GA
Sumber: pexels.com

Layanan ini menyediakan hingga 200 metrik untuk mengukur performa situs web. Adapun beberapa metriks yang banyak orang gunakan di Google Analytics adalah:

  • Users: pengunjung baru atau unik pada situs web
  • Bounce rate: persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman. Pengunjung ini hanya memicu satu permintaan ke server Google Analytics.
  • Sessions: interaksi pengguna dengan halaman web dalam jangka waktu tertentu sampai tidak aktif (tidak ada interaksi) selama 30 menit.
  • Average session duration: waktu rata-rata yang pengguna habiskan untuk berada di situs web.
  • Percentage of new sessions: persentase kunjungan pertama kali di situs web.
  • Pages per session: rata-rata jumlah halaman yang dilihat dari setiap sesi.
  • Goal completions: total waktu untuk pengguna menyelesaikan aksi tertentu yang diinginkan atau konversi.
  • Page views: total halaman yang dilihat.

Demikian penjelasan mengenai Google Analytics sebagai tools yang wajib bisnis gunakan untuk memantau performa situs web.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif dan menarik lainnya dari Everpro!

Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya