everpro

Cara Kirim Paket COD Tanpa Aplikasi, Mudah & Praktis!

Bagi yang belum terbiasa dengan pembelian serba online pastilah merasa ribet dengan berbagai aturan fiturnya, maka dari itu ada juga yang masih mencari cara kirim paket COD tanpa aplikasi.

Yuk simak caranya disini.

Cara Transaksi COD Tanpa Aplikasi

cara kirim paket cod tanpa aplikasi
Sumber: Google.com

Jika Anda ingin mengirim barang dengan metode bayar di tempat atau cash on delivery (COD) tetapi tidak ingin menggunakan aplikasi khusus, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

1. Penentuan Kurir

Anda bisa memilih jasa pengiriman yang menyediakan layanan COD seperti JNE, TIKI, Pos Indonesia, atau kurir lainnya yang tersedia di daerah Anda.

2. Siapkan Barang yang Akan Dikirim

Pastikan barang yang akan dikirim sudah dibungkus dengan baik dan aman. Jika barang mudah pecah atau rusak, pastikan untuk memberi bantalan tambahan atau pengamanan.

3. Hubungi Kurir atau Jasa Pengiriman

Setelah Anda menentukan kurir atau jasa pengiriman yang akan digunakan, hubungi mereka untuk menanyakan prosedur COD yang berlaku. Pastikan Anda mengerti persyaratan dan biaya yang harus dibayar.

4. Bawa Uang Tunai yang Cukup

Pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup untuk membayar biaya COD. Sesuaikan dengan nilai yang sudah disepakati dengan kurir atau jasa pengiriman.

5. Tunggu Barang Sampai dan Bayar Biaya COD

Setelah barang sampai di alamat tujuan, pastikan Anda membayar biaya COD dengan benar sesuai dengan jumlah yang disepakati dengan kurir atau jasa pengiriman.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengirim barang dengan layanan COD tanpa harus menggunakan aplikasi khusus. Pastikan Anda mengikuti prosedur yang benar dan membawa uang tunai yang cukup untuk menghindari kesalahan atau masalah lainnya.

Baca Juga: Grab Express COD : Ada 9 Manfaat Layanan Praktis dan Cepat!

Ekspedisi yang Bisa COD

1. JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)

JNE menyediakan layanan COD dengan pembayaran tunai atau non-tunai. Pada beberapa periode tertentu, JNE juga memberikan diskon atau promo gratis ongkir untuk pengiriman COD.

Tinggal datang saja ke outletnya dan lakukan transaksi, oh iya bisa juga tanyakan langsung promo di hari itu.

2. TIKI (Titipan Kilat)

TIKI (Titipan Kilat) menyediakan layanan COD dengan pembayaran tunai atau non-tunai. Untuk pembayaran non-tunai, TIKI menerima transfer bank dan dompet digital seperti OVO, GoPay, dan DANA.

Selain layanan COD, TIKI juga memberikan beberapa bonus dan promosi untuk pelanggan. Beberapa bonus dan promosi yang tersedia di TIKI antara lain:

  • Bonus ongkos kirim gratis

Memberikan bonus ongkos kirim gratis untuk pengiriman tertentu yang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

  • Promo harga khusus

Selain itu TIKI sering memberikan promo harga khusus dengan diskon tertentu untuk pengiriman paket.

  • Promo hadiah langsung

Adapun TIKI juga memberikan promo hadiah langsung seperti merchandise atau voucher belanja untuk pelanggan yang menggunakan layanan pengiriman TIKI.

  • Promo pengiriman berkelompok

Namun, TIKI juga memberikan promo pengiriman berkelompok untuk pengiriman dalam jumlah tertentu dengan harga yang lebih murah.

Namun, pastikan untuk memeriksa ketentuan dan persyaratan dari setiap bonus dan promosi yang diberikan oleh TIKI sebelum menggunakan layanan pengirimannya. Hal ini akan membantu menghindari ketidaknyamanan dan biaya tambahan yang tidak diinginkan saat menggunakan layanan TIKI.

3. Pos Indonesia

Untuk menggunakan layanan COD di Pos Indonesia, pengirim paket perlu memenuhi beberapa persyaratan, antara lain:

  1. Berat maksimal paket yang bisa dikirim menggunakan layanan COD adalah 50 kg.
  2. Nilai barang yang dikirimkan harus lebih dari Rp 50.000.
  3. Pengirim harus memberikan informasi yang lengkap dan akurat tentang alamat penerima.
  4. Penerima paket harus memberikan informasi yang lengkap dan akurat tentang identitas diri.

4. SiCepat Ekspres

Dengan datang langsung ke outletnya, anda bisa lakukan transaksi secepat mungkin dengan layanan Sicepat Ekspres, jangan lupa sambil bertanya-tanya mengenai diskon atau bonus lainnya yang bisa di nikmati oleh cutomer.

Baca Juga: Paket Sering Ditolak? Pilih SAP Express COD, Jagonya COD!

5. Wahana Prestasi Logistik

cara kirim paket cod tanpa aplikasi
Sumber: Google.com

Wahana Express juga memberikan beberapa bonus dan promosi untuk pelanggan, seperti diskon ongkos kirim, promo harga khusus, dan hadiah langsung. Pastikan untuk memeriksa ketentuan dan persyaratan dari setiap bonus dan promosi yang diberikan oleh Wahana Express sebelum menggunakan layanan pengirimannya.

6. J&T Express

Untuk memberikan kemudahan bagi Anda semua, saat ini Clodeo sudah bisa melakukan Cash On Delivery atau COD dengan ekspedisi J&T Express.

Sebelum menggunakan fitur COD dengan J&T Express, Anda wajib mendaftarkan akun Anda untuk menggunakan fitur integrasi kurir agar dapat mengaktifkan COD dengan kurir J&T Express.

Namun cara yang mudah yaitu dengan mendatangi gerainya:

  1. Drop off paket di gerai: Anda harus membawa paket yang sudah ditempel shipping label/label pengiriman ke lokasi cabang/agen/gerai terdekat.
  2. Request pickup kurir: Kurir akan datang menjemput paket yang telah dipilih ke tempat Anda.
  3. Tanggal pickup: Masukkan tanggal pickup barang.
  4. Waktu: Masukkan waktu pengambilan paket.

Baca juga: 11 Ekspedisi yang Bisa COD Tanpa Marketplace, Tanpa Ribet!

7. First Logistics

COD atau bayar di tempat cocok untuk kamu yang ingin membeli barang online tetapi tidak punya atm atau malas transfer uang.

Layanan COD di Fisrt Logistics memiliki estimasi waktu pengiriman 3-7 hari tergantung dari lokasi tujuan.

8. AnterAja

Sebagai salah satu perusahaan ekspedisi terkemuka di Indonesia, AnterAja sudah mendukung sistem COD. Sebagai penjual, Anda bisa menggunakan sistem COD AnterAja untuk mengantarkan pesanan ke berbagai wilayah Indonesia yang bisa meningkatkan keuntungan Anda berkali-kali lipat.

9. Ninja Xpress

Dengan mengirimkan barang melalui transaksi COD, maka COD Ninja Xpress dikenakan biaya penanganan sebesar 3%.

Untuk biaya penanganan ini tergantung kebijakan penjual, apakah ditanggung penjual atau pembeli. Kalau Anda sebagai penjual mau menanggung biaya COD tersebut, maka kurangi harga barang dengan 3% dari harga barang yang Anda jual.

10. Lion Parcel

Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu apakah jasa kurir tersebut tersedia di daerah Anda dan apakah memiliki layanan COD. Setiap jasa kurir mungkin memiliki ketentuan dan biaya COD yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk menanyakan hal tersebut sebelum mengirimkan barang.

Demikian ulasan mengenai cara kirim paket cod tanpa aplikasi. Agar lebih mudah dalam pengiriman yuk coba rekomendasi terbaru layanan jasa pengiriman dari Everpro.

Layanan Ekspedisi Terpercaya Untuk Kirim Paket Se-Indonesia

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja 
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan 
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro Shipping sekarang juga!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya