everpro

ISO Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaat untuk Bisnis

iso adalah

ISO adalah International Organization for Standardization yang penting bagi perusahaan. Apa fungsi dan manfaatnya? Simak ulasan selengkapnya.

Perusahaan tidak dapat berkembang tanpa standarisasi yang jelas. Banyak perubahan dan persyaratan yang mempengaruhi bisnis, sehingga setiap pemilik bisnis perlu memperhatikan pentingnya ISO.

Namun, minimnya kesadaran banyak perusahaan yang mengabaikan hal ini. Karena tidak mengetahui benar apa fungsi dan bagaimana cara menerapkannya.

Melalui artikel ini akan dibahas secara lengkap tentang International Organization for Standardization. Mulai dari pengertian, tujuan & manfaat, jenis, hingga penerapannya.

Jadi, baca artikel ini sampai tuntas untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

ISO Adalah?

iso adalah
Sumber: google.com

ISO adalah singkatan dari International Organization for Standardization, yaitu suatu organisasi non-pemerintah (independen) penetap standar internasional untuk memastikan kualitas, keamanan, serta efisiensi produk, layanan, dan sistem yang ditemukan pada tahun 1947.

Semua perusahaan yang bersaing secara global dapat terukur kredibilitasnya melalui standar ISO ini. Organisasi ISO adalah pihak yang berperan penting dalam memfasilitasi dan kelancaran perdagangan internasional.

Karena organisasi ini memberikan spesifikasi secara global untuk segala hal mulai dari produk, sistem, dan layanan untuk memastikan kualitas, efisiensi, serta keamanan.

Jadi, perusahaan yang sudah memiliki sertifikat ISO memiliki peluang untuk bersaing di pasar global, karena sudah terjamin kualitas produk baik untuk jasa maupun produk ISO. Dengan begitu perusahaan juga memiliki kredibilitas yang baik di mata konsumen. 

Everpro

Baca juga: NPP Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Memilikinya

Tujuan dan Manfaat ISO untuk Perusahaan

manfaat iso adalah
Sumber: google.com

Sekarang anda dapat melakukan manajemen bisnis dengan berbagai cara serta keuntungan dan kemampuan bersaing dengan baik. 

Syaratnya adalah memastikan kualitas produk yang lebih handal dan berstandar ISO agar perusahaan mampu bersaing secara global.

Oleh karena itu, ISO adalah hal yang penting dan memiliki tujuan serta manfaat untuk manajemen bisnis. Berikut adalah tujuan dan manfaat penerapan ISO bagi perusahaan:

  • Memberikan Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan yang telah menerapkan ISO dapat dipastikan memenuhi standar pada aktivitas bisnisnya. Hal ini akan memberikan kepercayaan konsumen karena telah memiliki sertifikat dengan standarisasi internasional.

Standar internasional yang tercantum di International Organization of Standardization menitikberatkan pada kebutuhan bisnis yaitu konsumen. 

Konsumen menjadi lebih yakin bahwa perusahaan telah mengutamakan kepentingan kualitas dan kepuasan pelanggan, tak hanya mementingkan pendapatan.

  • Menjaga Kepercayaan Konsumen

Kepuasan pelanggan atas kualitas produk dan kinerja bisnis berperan penting untuk meraih kepercayaan konsumen.

Karena dengan kepercayaan serta kepuasan dapat membuat pelanggan menjadi pelanggan setia. Bahkan dari pelanggan setia inilah anda bisa mendapatkan konsumen baru melalui rekomendasi yang mereka berikan.

  • Menjamin Kualitas Standar Internasional

Sebelum perusahaan mendapatkan sertifikasi dari International Organization of Standardization, terdapat proses pengujian yaitu siklus PDCA.

Siklus PDCA penerapannya pada semua bidang usaha mencakup proses identifikasi, implementasi, dan analisis untuk memenuhi standar kualitas internasional.

ISO mempengaruhi perusahaan dan memberikan tanda jika kinerja perusahaan menurun atau produksi barang memiliki cacat.

Dengan begitu perusahaan dapat melakukan antisipasi secara langsung. Cara ini dapat membuat perusahaan menghemat anggaran yang sebelumnya merugi akibat produk gagal.

  • Menghemat Pengeluaran

Perusahaan yang menerapkan standar ini akan memiliki sistem manajemen khusus yang dapat dapat membantu memantau kinerja bisnis.

Apabila menemukan penurunan kinerja baik itu dalam manajemen perusahaan atau produk, dapat melakukan upaya untuk mengantisipasinya.

Proses tersebut dapat mencegah terjadinya pemborosan anggaran akibat kegagalan terkait kinerja serta produk.

  • Memaksimalkan Kinerja Karyawan

Dalam prinsip manajemen mutu, setiap hal yang terdapat di standarisasi ini dapat anda tetapkan agar seluruh karyawan bisa melaksanakannya.

Dengan begitu karyawan lebih termotivasi untuk menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas yang sesuai dengan standar perusahaan.

  • Sarana Branding Perusahaan

International Organization of Standardization bermanfaat sebagai sarana branding yang bisa perusahaan aplikasikan.

Keuntungan yang bisa perusahaan rasakan secara langsung adalah meningkatnya citra atau brand bisnis menjadi lebih baik.

Jenis ISO 

iso adalah
Sumber: google.com

Secara umum terdapat berbagai jenis standar dari International Organization of Standardization, dan telah banyak perusahaan Indonesia yang menerapkannya. Berikut adalah beberapa jenis ISO tersebut:

1. ISO 9001

Sertifikasi standar ini sangat bermanfaat untuk industri manufaktur. ISO 9001 membantu meningkatkan produk dan layanan dengan mengidentifikasi, dokumentasi, serta untuk mengoptimalkan sistem dalam memenuhi kepuasan pelanggan meliputi: 

  • Standar keamanan yang cukup.
  • Proses bisnis manufaktur yang ramah lingkungan.
  • Produksi yang efisien.
  • Spesifikasi berdasarkan dimensi dan fungsional.

2. ISO 14001

Standar jenis ini adalah penetapan standar untuk meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan serta mengoptimalkan efisiensi operasional.

Kerangka kerja yang berdasar pada standar ini akan membantu perusahaan mengelola proses jangka pendek dan jangka panjang. Yaitu dengan menggunakan sumber daya efisien dan berdampak positif pada lingkungan.

3. ISO 22000

Standar jenis ini menetapkan persyaratan untuk sistem pengelolaan keamanan pangan. Standar ini telah hadir sejak 2005 dan berlaku untuk semua jenis bisnis yang terlibat dalam rantai makanan.

Tujuan utama dari ISO 22000 adalah untuk memastikan keamanan pangan dengan kerangka kerja yang selaras pada semua bagian mencakup rantai pasokan makanan.

Selain itu bertujuan untuk membantu mengurangi bahaya pangan dan mengontrol resiko untuk mencegah kontaminasi.

4. ISO/IEC 27001

Standar ini menetapkan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi dengan menangani pengguna dan proses serta teknologi yang digunakan.

Kerangka kinerja dari standar ini dapat membantu perusahaan dalam membangun, menerapkan, mengoperasikan, memantau, meninjau, dan memelihara untuk meningkatkan sistem keamanan informasi.

5. ISO/IEC 17025

Sertifikasi untuk jenis standar ini terkait dengan lembaga pengujian atau laboratorium. Tujuannya adalah untuk memastikan keakuratan hasil pengujian di bidang kesehatan, produksi, perdagangan, dan perlindungan konsumen.

6. ISO 28000

Jenis ini membahas persyaratan sistem manajemen keamanan pada rantai pasok dengan menetapkan faktor-faktor yang membantu perusahaan menilai ancaman keamanan serta pengelolaannya.

Dengan sertifikasi standar ini perusahaan dapat menentukan langkah keamanan yang tepat untuk melindungi properti dan aset dari berbagai ancaman.

7. ISO 50001

Sertifikasi standar ini ialah dengan menetapkan persyaratan perusahaan untuk mengembangkan, menerapkan, serta meningkatkan sistem manajemen energi.

Standar ini mengharuskan perusahaan membuat kebijakan baru terkait penggunaan energi yang efisien, serta menetapkan tujuan dan sasaran untuk memenuhi kebijakan dan mengawasi dampaknya.

8. ISO 45001

Dalam sertifikasi standar ini menawarkan kerangka kerja yang jelas bagi semua industri yang ingin mengoptimalkan kinerja manajemen kesehatan dan keselamatan kerja.

Tujuannya adalah untuk menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat baik itu bagi karyawan maupun pihak lain yang berkunjung ke perusahaan.

Oleh karena itu perusahaan perlu mengontrol semua faktor yang dapat mengakibatkan penyakit, cedera, serta mengurangi dampak buruk kondisi fisik, mental, juga kognitif seseorang.

9. ISO 37001

Standar ini memastikan bahwa perusahaan telah menetapkan, menerapkan, memelihara, serta meningkatkan program kerja anti-suap.

Sertifikasi dari ISO 37001 dapat membantu perusahaan membuat keputusan lebih baik tentang mitra bisnis dan pihak ketiga dengan mengerti dan pengelolaan risiko secara proaktif dari hubungan kerjasama tersebut.

Lembaga International Organization for Standardization di Indonesia

international organization of standardization
Sumber: google.com

Terdapat berbagai manfaat dengan memiliki sertifikat ISO. jenis dari standar ini pun ada berbagai macam. Namun apakah semua perusahaan harus menerapkan standar ini?

Terdapat beberapa jenis perusahaan yang harus mengurus sertifikasi ISO, yaitu sebagai berikut:

  1. Fintech, pengelolaan hosting, serta bisnis berbasis teknologi canggih.
  2. Perusahaan produksi pangan.
  3. Industri tekstil.
  4. Perusahaan otomotif.
  5. Perusahaan kontraktor.

5 jenis industri tersebut wajib mengurus sertifikasi untuk memastikan kelayakan kinerja dan produk dengan standar internasional. Berikut adalah beberapa badan sertifikasi standar ISO yang ada di Indonesia:

  • BV Indonesia
  • ACM Indonesia
  • SGS Indonesia
  • DQS Indonesia
  • SAI Global Indonesia
  • Lloyds Register Indonesia

Baca juga: TPM Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

Penerapan ISO di Perusahaan

international organization for standardization
Sumber: google.com

Untuk lulus dan mendapatkan sertifikasi ISO adalah dengan meningkatkan kinerja dalam berbagai faktor. Berikut yang harus perusahaan terapkan sesuai dengan standar ISO:

  1. Meningkatkan efisiensi operasional.
  2. Memaksimalkan daya saing.
  3. Mengoptimalkan image perusahaan.
  4. Memaksimalkan kinerja lingkungan perusahaan.
  5. Mengurangi risiko bisnis.
  6. Meningkatkan regulasi lingkungan.
  7. Meningkatkan manajemen organisasi melalui perencanaan, implementasi, pengukuran, serta tindakan korektif.
  8. Mengoptimalkan komunikasi internal serta hubungan dengan berbagai pihak yang berkepentingan.
  9. Meraih kepercayaan baik dari konsumen, mitra kerja, dan investor.

Demikian penjelasan mengenai ISO adalah International Organization for Standardization terkait fungsi, jenis, dan penerapannya di perusahaan.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya dari Everpro

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?