everpro

Jadwal FYP TikTok Dan Jam Terbaik Untuk Upload Agar Konten Menjadi Viral 2024

Apakah kamu seorang content creator atau pebisnis yang ingin videomu viral di TikTok? Agar kontenmu dapat banyak dilihat dan mendapat banyak like, kamu harus mengetahui Jadwal FYP TikTok dan waktu terbaik untuk upload video.

FYP TikTok adalah halaman rekomendasi TikTok yang muncul pertama saat pengguna membuka aplikasi. Video-video yang ada di sana biasanya berhubungan dengan minat pengguna TikTok. Misalnya, jika kamu tertarik pada teknologi, inovasi, dll, video yang muncul di FYP TikTok kamu akan berkaitan erat dengan hal-hal tersebut.

Untuk memahami lebih lanjut tentang bagaimana membuat konten kamu masuk FYP TikTok, kunci utamanya adalah memperhatikan waktu posting yang tepat. Agar bisa membantu kamu, Everpro sudah menyediakan informasi tentang jadwal jam FYP TikTok di bawah ini.

Apa itu FYP TikTok?

TikTok memiliki fitur yang menarik, yaitu For You Page atau lebih dikenal dengan FYP. FYP adalah halaman rekomendasi TikTok yang muncul pertama ketika pengguna membuka aplikasi. FYP TikTok akan menampilkan video pilihan yang sedang viral dan memiliki banyak penonton. Konten-konten di FYP TikTok juga disesuaikan dengan minat dan kebiasaan setiap pengguna.

jadwal fyp tiktok
Sumber: katadata.co.id

10 Negara Pengguna TikTok Terbesar di Dunia, Indonesia Juara Dua 

Berdasarkan data dari Databoks katadata, Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna TikTok terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat, dengan jumlah pengguna mencapai 99,07 juta pada April 2022. Negara berikutnya dengan jumlah pengguna TikTok terbesar adalah Brasil dengan 73,58 juta pengguna, disusul Meksiko dengan 50,52 juta, Vietnam 45,82 juta, Filipina 40,36 juta, dan Thailand 38,38 juta pengguna.

Jadwal FYP TikTok 2023 dari Hari Hingga Jamnya

jadwal fyp tiktok
Sumber: pexels.com

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jadwal FYP Tiktok, seperti demografi, lokasi, dan jam aktivitas audiens di wilayah pengguna. Agar kontenmu bisa dilihat oleh banyak orang, kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mengupload video. Berikut adalah jadwal jam FYP TikTok di Indonesia.

1. Senin

Hari Senin biasanya sibuk bagi banyak orang. Jika ingin mengunggah video pada hari Senin, waktu terbaik untuk melakukannya adalah saat istirahat makan siang, yaitu pukul 12.00-13.00.

2. Selasa

Di hari Selasa, kebanyakan orang fokus menyelesaikan pekerjaan yang sudah direncanakan sebelumnya, sehingga waktu untuk membuka media sosial menjadi lebih sedikit. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk mengunggah video di hari Selasa adalah setelah pulang kerja atau saat istirahat. Prime time TikTok di hari Selasa adalah pukul 15.00, 19.00, atau 21.00.

3. Rabu

Hari Rabu biasanya banyak orang mulai mencari hiburan untuk mengatasi kelelahan saat bekerja. Waktu terbaik untuk memposting konten TikTok adalah pukul 11.00, dan juga pada malam hari pukul 20.00-21.00.

4. Kamis

Meski masih termasuk hari yang produktif, pada hari Kamis banyak orang cenderung lebih fleksibel dan sering membuka media sosial. Beberapa jam terbaik untuk mengunggah video TikTok di hari Kamis adalah pukul 12.00, 16.00, 19.00 hingga 21.00.

5. Jumat

Menulis ulang dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar: Menjelang akhir pekan, biasanya banyak orang memiliki jadwal yang lebih fleksibel. Waktu yang tepat untuk memposting video di TikTok pada hari Jumat adalah sekitar jam 11.00-12.00 siang dan 19.00-22.00 malam.

6. Sabtu

Hari Sabtu merupakan hari libur bagi sebagian besar masyarakat, sehingga kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk mengunggah video di TikTok. Ada beberapa waktu prime time yang bisa dipilih pada hari Sabtu, seperti pagi hari sekitar jam 09.00-11.00 dan malam hari sekitar jam 19.00-21.00.

7. Minggu

Pada hari Minggu, kamu bebas mengunggah video di TikTok untuk meningkatkan jumlah pemirsa. Minggu adalah hari libur bagi banyak orang dan mereka memiliki waktu luang yang lebih banyak, sehingga potensi untuk berselancar di media sosial akan meningkat. Secara umum, hampir setiap waktu di hari Minggu memiliki peluang besar untuk masuk FYP TikTok.

Faktor yang Mempengaruhi FYP TikTok

jadwal fyp tiktok
Sumber: pexels.com

Setelah banyak spekulasi tentang algoritma FYP TikTok, TikTok akhirnya merilis pernyataan resmi melalui situs web mereka. Pernyataan tersebut menjelaskan bagaimana TikTok mengoreksi video ke For You Page (FYP) untuk setiap pengguna.

FYP TikTok mencerminkan preferensi unik dari setiap pengguna. Sistem merekomendasikan konten dengan memberikan peringkat video berdasarkan kombinasi beberapa faktor yang mendukung. Dilansir dari TikTok, rekomendasi video yang masuk dalam FYP dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk:

Interaksi Pengguna

Faktor pertama yang mendukung FYP TikTok adalah interaksi pengguna dalam aplikasi. Akun yang kamu ikuti, video yang kamu sukai, komentar dan bagikan akan mempengaruhi konten yang ditampilkan dalam FYP-mu.

Informasi Video

Hashtag, backsound, dan caption adalah bentuk informasi video di TikTok yang bisa membantu sebuah konten masuk ke halaman FYP. Menggunakan hashtag atau backsound yang sedang populer dapat memikat perhatian algoritma TikTok.

Pengaturan Akun

Penasaran mengapa dalam FYP TikTok kamu sering melihat konten dari pengguna dalam negeri? Hal ini karena pengaturan akun juga mempengaruhi algoritma TikTok untuk menampilkan video dalam FYP. Pengaturan seperti lokasi, negara, pemilihan bahasa dan jenis perangkat memainkan peran dalam mengkurasi video yang ditampilkan.

Namun, faktor ini tidak terlalu berpengaruh besar untuk membatasi konten masuk FYP TikTok karena aplikasi ini tetap memberikan kesempatan bagi para kreator untuk menjangkau audiens secara global.

Cara Konten Video Masuk FYP TikTok

jadwal fyp tiktok
Sumber: pexels.com

Selain mengetahui jadwal FYP TikTok hari ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar konten atau video yang kamu upload bisa masuk ke FYP TikTok, mau tahu caranya? Ikuti beberapa tips berikut:

Menggunakan hashtag yang relevan

Menggunakan hashtag dapat membantu memperluas jangkauan konten Anda ke audiens yang sedang mencari topik terkait. Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti dalam menggunakan hashtag:

  • Gunakan hashtag yang sedang populer dan relevan dengan konten
  • Menggunakan trending hashtag di niche kamu
  • Ikut berpartisipasi dalam hashtag challenge
  • Gunakan hashtag #fyp atau #ForYou

Tidak salah jika Anda menggunakan hashtag yang sedang populer untuk memperluas jangkauan postingan Anda. Namun, pastikan tetap memilih hashtag yang relevan dengan niche konten.

Buat video singkat dan menarik audiens dari awal

Di TikTok, ada faktor video completion rate yang mempengaruhi peringkat konten untuk masuk FYP TikTok. Ini mengukur kinerja konten berdasarkan seberapa banyak konten ditonton hingga selesai.

Semakin banyak orang yang menonton video Anda sampai selesai, semakin tinggi nilai tingkat kompletasi. Artinya, durasi video yang pendek lebih memungkinkan orang menonton sampai selesai.

Untuk memperoleh completion rate yang baik, perlu memikirkan bagaimana membuat konten singkat namun menarik perhatian audiens dari awal. Salah satu contoh adalah membuat video seamless loop.

Mengikuti tren

Pernah mendengar tips dan lifehacks dari TikTok? Atau sudah akrab dengan lagu-lagu populer dari aplikasi tersebut? TikTok terkenal sebagai aplikasi yang cepat memperbanyak tren dan membuat konten menjadi viral. Dengan mengikuti tren, ide untuk membuat konten TikTok tak akan habis. Inilah salah satu tips untuk membuat konten lebih menarik.

Buat caption yang menarik

TikTok membatasi caption hanya 150 karakter termasuk hashtag. Solusinya, buatlah judul singkat yang menarik perhatian dan memiliki ajakan. Misalnya dengan mengajukan pertanyaan atau membuat penasaran. Jangan lupa tambahkan ajakan untuk sukai, komentar, dan bagikan kontenmu ke pengguna lain.

Memposting di jam-jam aktif audiens

Tentunya kamu ingin agar konten yang dibuat menjadi lebih menarik dan memiliki banyak pengunjung dan interaksi, bukan? Seperti yang sudah dijelaskan, memposting konten pada saat audiens sedang aktif dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Oleh karena itu, mengikuti jadwal FYP TikTok adalah cara tepat untuk melakukannya.

Menggunakan lagu yang sedang tren

Walaupun belum ada bukti pasti, memakai musik yang sedang populer dipercaya dapat membantu meningkatkan popularitas sebuah konten. Saat membuat video di TikTok, klik menu “Add Sound” di bagian atas. Di bagian “Playlist”, kamu bisa menemukan rekomendasi lagu atau audio yang sering digunakan oleh kreator lain sesuai dengan niche kontenmu.

Berinteraksi dengan kreator lain

Berkolaborasi dengan kreator lain juga merupakan cara untuk mengembangkan akun TikTok yang kamu kelola. Kamu bisa memperoleh manfaat dari menjalin hubungan dengan TikTok-ers yang memiliki niche yang sama. Bahkan, kamu dapat melakukan kerja sama dengan mereka untuk membuat konten yang lebih menarik. Kontenmu juga bisa dilihat oleh audiens kreator yang berkolaborasi denganmu, dan sebaliknya.

Manfaat Video FYP TikTok

jadwal fyp tiktok
Sumber: pexels.com

Ternyata mendapatkan FYP memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa dapat setelah video mendapatkan FYP TikTok.

Mendapatkan Exposure

Salah satu keuntungan dari mengetahui jadwal FYP TikTok adalah dapat memperoleh exposure yang lebih banyak. Karena biasanya TikTok lebih ramai pada jam-jam tertentu setiap hari.

Misalkan pada hari kerja, biasanya ramai pada siang hari atau malam hari. Namun pada jam kerja biasanya sedikit orang yang online karena mayoritas sedang melakukan aktivitas.

Dengan memposting video pada waktu yang tepat, exposure video akan semakin tinggi. Ini artinya, peluang untuk memperoleh FYP akan lebih besar dan ada kemungkinan untuk memperoleh banyak keuntungan.

Potensi Mendapatkan Kerja Sama

Terdapat potensial untuk memperoleh kerja sama dengan banyak pihak. Video yang memperoleh FYP TikTok akan dilihat oleh banyak orang, termasuk beberapa akun resmi dari berbagai brand. Jika pemilik brand tertarik untuk bekerja sama, mereka akan menawarkan. Ini adalah hal yang banyak dicari oleh banyak orang karena memudahkan untuk menghasilkan uang. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat konten FYP TikTok berkualitas. Bila beruntung dan video menjadi viral, bisa memperoleh kerja sama dengan banyak pihak.

Meningkatkan Follower

Dengan memperoleh FYP TikTok, kemungkinan akan mudah untuk memperoleh pengikut. Bahkan jika video tidak dilihat oleh banyak orang, jika disukai, orang cenderung akan langsung mengikuti akun. Semakin sering akun menampilkan video FYP, jumlah pengikut juga akan meningkat. Oleh karena itu, beberapa akun dengan FYP TikTok sering mendapatkan banyak pengikut. Semakin banyak pengikut, kredibilitas akun semakin tinggi, memudahkan untuk memperoleh jumlah pengikut dan diterima oleh brand yang berhubungan dengan akun tersebut.

Mudah Mendapatkan Centang Biru

Menjadi terkenal dan memiliki eksposur yang tinggi dapat membantu akun mempermudah mendapatkan centang biru. Akun yang sudah memiliki tanda biru biasanya memiliki reputasi yang baik. Ini mempermudah akun untuk dikenal banyak pihak, bahkan TikTok sendiri juga bisa mudah mengenali. Oleh karena itu, beberapa orang menguasai media sosial video ini dengan baik dan ada yang rela melakukan proses editing FYP TikTok secara terus-menerus untuk tetap aktif pada akun mereka.

Bisa Digunakan Sebagai Media Promosi atau Jualan

Ternyata, memperoleh FYP TikTok dapat mempermudah kita semua untuk berdagang. Jika sering memperoleh FYP, kita juga dapat menambahkan kotak atau keranjang kuning di pojok kiri bawah video. Bahkan, kita bisa memasukkan soft atau hard selling ke dalam video. Dengan demikian, orang lain dapat dengan mudah memeriksa dan melakukan transaksi secara langsung di sana. Kita bisa menjual barang sendiri atau barang orang lain, sehingga proses transaksi berjalan lebih lancar dan peluang untuk menghasilkan keuntungan cukup tinggi.

Itulah jadwal FYP TikTok yang bisa membantu kamu menentukan waktu terbaik untuk mempublikasikan konten agar banyak dilihat. Selain jadwal FYP TikTok, Everpro juga telah memberikan beberapa tips agar konten kamu bisa masuk ke dalam halaman FYP TikTok.

Demikian pembahasan mengenai Jadwal FYP Tiktok, agar lebih mudah dalam pengelolaan marketplace di Tiktok tanpa harus ribet anda juga bisa mencoba layanan MP Enabler untuk mengelola dan meningkatkan marketing di bisnis anda.

Ada 3 Layanan Unggulan Kami: 

  • Optimasi Toko dan Campaign
  • Tingkatkan kenyamanan customer dengan CS dan Admin Toko
  • Dapatkan performa iklan terbaik

Mari daftar sekarang juga ke layanan Marketplace Enabler, nikmati keuntungannya dan siap-siap omzet jualan meningkat!

Picture of Risma Novianti

Risma Novianti

Risma Novianti adalah SEO Analyst yang memiliki latar pendidikan Public Administration. Memiliki pengalaman kerja di bidang SEO selama 3,5 tahun. Berkemampuan aktif menganalisis data performance suatu website Everpro dan menganalisis content article dengan niche bisnis (jasa pengiriman barang/ekspedisi, marketplace, dll). Merangkap juga sebagai SEO Content Writer dengan memiliki kemampuan menulis dan mengedit yang baik sesuai dengan kaidah SEO sehingga tulisan mudah ditemukan di hasil pencarian Google.  
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya