everpro

Kembangkan Bisnis dengan Jasa Kelola Marketplace

jasa kelola marketplace

Ingin mengembangkan bisnis online tapi bingung bagaimana caranya? Simak artikel tentang jasa kelola marketplace untuk tingkatkan kinerja bisnis anda.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi berpengaruh ke berbagai aktivitas ekonomi, salah satunya adalah kegiatan jual-beli dengan marketplace. Kini pelanggan tidak harus datang ke toko atau pasar offline, karena semua transaksi bisa dilakukan secara online.

Hadirnya marketplace menguntungkan kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Hal ini karena transaksi menjadi lebih efisien, bahkan penjual juga tidak harus memiliki toko fisik untuk bisa mulai berdagang.

Namun, masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara mengoptimalkan penjualan melalui platform ini. Tak jarang juga yang merasa kewalahan dengan banyaknya pesanan masuk, tapi sulit untuk mengelolanya.

Maka dari itu jasa kelola marketplace menjadi solusi tepat untuk melancarkan bisnis online anda. Simak lebih lanjut penjelasan berikut ini.

Perkembangan Marketplace di Indonesia

jasa kelola marketplace
Sumber: google.com

Pada awalnya aktivitas jual-beli online di Indonesia mulai hadir pada tahun 1999, melalui forum Kaskus. Namun platform tersebut hanya berguna sebagai wadah untuk menunjukkan produk kepada konsumen, sedangkan proses transaksi tetap secara offline

Beberapa tahun kemudian hadir toko online lainnya yaitu Tokobagus.com atau sekarang sebutannya adalah OLX. Pada tahun 2007 hadir platform pembayaran elektronik pertama di Indonesia yaitu Doku.

Dengan berkembangnya teknologi digital dan internet di Indonesia, kegiatan jual-beli online semakin meningkat dengan hadirnya marketplace. Tokopedia menjadi marketplace pertama di Indonesia, mulai beroperasi pada tahun 2009 dan kini perkembangannya semakin meningkat.

Saat ini telah banyak jenis marketplace yang tersedia dengan segala keunggulannya masing-masing. Menurut pemerintah nilai transaksi ekonomi aktivitas jual-beli online pada kuartal I 2022 meningkat 23% dari tahun lalu.

Everpro

Tren belanja online yang semakin meningkat, tentu memberi peluang bisnis yang besar. Maka banyak pengusaha yang telah mendagangkan produknya melalui marketplace.

Baca juga: 10 Strategi Sukses Cara Jualan di Marketplace Terbaik

Manfaat Jasa Kelola Marketplace

jasa kelola marketplace
Sumber: pexels.com

Melalui platform ini penjual dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Semakin tingginya pengguna platform jual-beli online tentu memberi dampak yang baik bagi pebisnis. 

Bahkan tak jarang pebisnis yang menjual produk melalui banyak platform marketplace yang tersedia, sehingga penjualannya pun meningkat. Dengan banyaknya pelanggan yang memesan terkadang pebisnis menjadi kewalahan untuk mengelolanya.

Disamping harus memenuhi pesanan, anda sebagai pebisnis juga perlu fokus untuk mengoptimalkan bisnis dari segi pelayanan, kualitas produk, dan sebagainya. Hal ini agar pelanggan merasa puas dan membeli kembali dari toko anda.

Untuk meringankan tugas dan agar anda lebih fokus dalam mengembangkan kualitas produk, anda perlu menggunakan jasa kelola marketplace untuk toko anda.

Jasa kelola marketplace adalah sebuah layanan untuk membantu penjual dalam mengelola toko online. Pekerjaannya meliputi desain produk, pengaturan iklan, admin, pelayanan konsumen, dan banyak lagi.

Jasa ini akan membantu anda dalam meningkatkan kinerja toko online juga meningkatkan penjualan, jadi anda juga bisa lebih fokus terhadap hal lain.

Berikut beberapa tugas yang akan dilakukan oleh jasa kelola marketplace:

  • Sebagai Admin dan Customer Service Khusus

Jasa kelola ini akan bertugas sebagai admin juga pelayanan konsumen. Sebagai CS, mereka akan mengatur komunikasi dengan konsumen untuk meningkatkan trafik di marketplace anda. 

Selain itu admin akan mengatur proses pengiriman hingga memastikan barang sampai ke tujuan. Jadi segala layanan dari proses pemesanan hingga pasca sales seperti komplain, retur, dan refund akan terkelola dengan baik.

  • Jasa Kelola Marketplace akan Mengoptimasi Toko

Hal lain yang akan dilakukan oleh jasa kelola adalah mengoptimasi toko online anda. Optimasi ini meliputi set-up dan mendekorasi toko, upload produk, riset keyword dan copywriting produk, memberi ide dan konsep desain juga mengimplementasikannya.

Dengan melakukan optimasi, akan menarik minat pelanggan untuk membeli dari toko anda, sehingga penjualan juga akan meningkat.

  • Melakukan Promosi

Selanjutnya anda juga bisa mengoptimalkan strategi pemasaran melalui pengelolaan budget iklan dan promosi efisien di marketplace oleh jasa kelola.

Dengan begitu anda akan mendapatkan hasil yang optimal dan meningkatkan penjualan anda.

Baca juga: 5+ Aplikasi Marketplace Terbaik di Indonesia 2022

Tips Mencari Jasa Kelola Marketplace

jasa kelola marketplace
Sumber: pexels.com

Sebelum menentukan pilihan jasa kelola yang akan anda gunakan, anda perlu memperhatikan beberapa faktor. Hal ini agar uang yang anda keluarkan tidak sia-sia.

Kualitas dan kredibilitas pengelola menjadi hal yang penting, anda bisa melihat dari review kliennya. Anda juga bisa membandingkan fasilitas layanan dan harga yang ditawarkan. 

Berikut tips untuk memilih jasa kelola marketplace terbaik:

  • Tentukan Budget

Tips pertama adalah anda menentukan budget untuk membayar jasa ini. Sesuaikan keperluan bisnis anda dengan anggaran tersebut.

Tentu tujuan menyewa jasa ini untuk menambah pendapatan, jadi jangan sampai anda membayar diluar kemampuan bisnis. Selanjutnya anda dapat melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan referensi penyedia jasa ini.

  • Melihat Fasilitas dan Penawaran yang Tersedia

Setelah menentukan anggaran dan keperluan bisnis anda, lihat layanan apa saja yang dimiliki penyedia jasa tersebut. Pastikan apakah fasilitas dan penawaran layanan yang mereka sediakan sesuai dengan kebutuhan anda.

Selain itu anda juga perlu memperhatikan apakah komunikasi berjalan lancar atau tidak. Hal ini penting, agar tidak terjadi kesalahpahaman dan proses pengelolaan juga lancar

  • Memeriksa Kredibilitas Jasa Pengelola

Tips berikutnya adalah anda harus memastikan apakah penyedia jasa tersebut dapat dipercaya atau tidak. Carilah informasi dan analisis terlebih dahulu.

Anda dapat melihatnya dari website yang mereka miliki, detail layanan, dan informasi kontak. Periksa juga media sosialnya untuk melihat apakah mereka mampu mengelola dengan baik karena hal ini dapat menunjukkan kemampuan mereka saat mengelola toko online anda nantinya.

  • Memilih Jasa Kelola Marketplace yang Sudah Berpengalaman

Tips yang tidak kalah penting yaitu pilihlah penyedia jasa yang sudah berpengalaman. Dari pengalamannya anda bisa melihat kinerja sebelumnya yang menentukan kualitas jasa mereka.

Tentunya semakin banyak pengalaman akan semakin berkualitas juga pelayanan yang mereka berikan untuk bisnis anda. Sebaiknya pilih penyedia jasa dengan pengalaman minimal dua tahun.

  • Kemampuan Menyediakan Data Laporan yang Lengkap

Hal terakhir yang harus anda perhatikan adalah melihat apakah jasa pengelola tersebut mampu memberikan laporan secara lengkap atau tidak. Tujuannya adalah agar anda dapat melihat perkembangan kinerja toko online.

Dengan begitu anda dapat mengevaluasi dan menentukan strategi bisnis kedepannya.

Demikian penjelasan mengenai jasa kelola marketplace dan sederet tips untuk memilih yang terbaik.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. 

Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?