everpro

Inilah! 8 Jasa Kirim Parcel Lebaran Ramadhan 2024

Ingin kirim parcel saat bulan Ramadhan dan libur Lebaran? Simak 8 rekomendasi jasa kirim parcel pada masa Ramadhan dan Lebaran 2024!

Jasa ekspedisi pengiriman sangat di butuhkan di saat momen spesial salah satunya seperti di momen Bulan Ramadhan.

Tak hanya jasa pengiriman saja yang terkena dampaknya, namun penjualan dan pemesanan parcel pun akan meningkat.

Bagi teman-teman yang ingin mengirimkan parcel yuk simak info selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Aman! Cara Packing Bunga untuk Dikirim Selama Ramadhan

Apa itu Parcel?

Parcel adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket atau kiriman yang dikirimkan melalui jasa pengiriman atau kurir. Parcel dapat berupa barang atau dokumen yang dikemas dalam kotak atau bungkusan lainnya dan dikirimkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Tak hanya itu, parcel bisa dikirimkan melalui jasa pengiriman domestik atau internasional, tergantung pada tujuan pengiriman dan pilihan jasa pengiriman yang digunakan.

Pengiriman parcel dapat dilakukan oleh perusahaan, individu, atau institusi yang ingin mengirimkan barang atau dokumen ke lokasi yang jauh atau sulit dijangkau.

Biasanya parcel berisikan berbagai makanan atau cemilan yang di kemas dengan sangat cantik dan menarik.

Contohnya seperti di bawah ini:

jasa kirim parcel lebaran
Sumber: google.com

Adapun bentuk lainnya yang lebih sederhana biasanya kini di sebut sebagai Hampers, seperti gambar di bawah ini:

jasa kirim parcel lebaran
Sumber: Google.com

8 Jasa Kirim Parcel Selama Ramadhan 2024

Beberapa rekomendasi jasa pengiriman yang menerima pengiriman parcel, yaitu:

1. JNE

Berikut adalah beberapa informasi umum tentang pengiriman parcel di JNE:

Waktu pengiriman: JNE menawarkan layanan pengiriman yang cepat dengan waktu pengiriman antara 1-7 hari tergantung pada jarak dan tujuan pengiriman. Ada juga layanan pengiriman ekspres yang memungkinkan pengiriman paket dalam waktu kurang dari 24 jam.

Tarif pengiriman: Tarif pengiriman parcel di JNE bervariasi tergantung pada berat dan dimensi parcel, serta tujuan pengiriman. JNE menyediakan kalkulator tarif di situs web mereka yang dapat membantu Anda menghitung biaya pengiriman.

Asuransi: JNE menawarkan opsi asuransi untuk pengiriman parcel. Asuransi akan memberikan perlindungan atas kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman.

Pelacakan pengiriman: Setiap parcel yang dikirimkan melalui JNE diberi nomor resi yang dapat digunakan untuk melacak status pengiriman. Pelacakan dapat dilakukan melalui situs web JNE atau melalui aplikasi seluler JNE.

Layanan tambahan: JNE juga menawarkan berbagai layanan tambahan seperti layanan ambil di tempat, COD (cash on delivery), pengiriman dokumen dan barang berharga, serta layanan pengiriman dengan berbagai jenis kendaraan seperti truk, motor, atau kapal laut.

2. TIKI

Tiki adalah salah satu perusahaan jasa pengiriman paket atau parcel di Indonesia. Untuk mengirim parcel melalui Tiki, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan parcel yang akan dikirim dan pastikan barang yang dikirim sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Tiki, seperti ukuran dan berat barang.
  2. Kunjungi kantor cabang Tiki terdekat atau agen Tiki untuk mengirimkan parcel.
  3. Berikan informasi yang dibutuhkan oleh petugas Tiki, seperti alamat pengirim dan penerima, nomor telepon, dan lain-lain.
  4. Tentukan jenis layanan pengiriman yang diinginkan, seperti pengiriman reguler atau express.
  5. Bayar biaya pengiriman yang ditentukan oleh Tiki.
  6. Tunggu hingga parcel Anda dikirim dan sampai ke alamat tujuan.

Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan lengkap agar parcel dapat sampai ke alamat tujuan dengan tepat waktu dan tanpa kendala. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan online Tiki untuk memudahkan proses pengiriman.

Biaya pengiriman biasanya di tentukan dari berat parcel dan jarak tempuh, seperti melansir pada cek tarif pengiriman parcel dengan berat 5 kg di halaman TIKI, dari Kota Bandung daerah Cibiru menuju ke Kota Jakarta yang tarif nya pun berbeda-beda sesuai jenis layanan.

Seperti pada layanan TIKI Reguler yang memiliki estimasi pengiriman 2 hari dengan biaya Rp 50.000, sedangkan pada pengiriman melalui TIKI ONS yang estimasi pengirimannya 1 hari, biayanya Rp 75.000.

Jadi pastikan teman-teman sudah menimbang berat parcel agar bisa memperkirakan ongkir dengan cara cek tarif di website TIKI.

3. Pos Indonesia Miliki Jasa Kirim Parcel

Tak kalah dengan jasa pengiriman lainnya, Pos Indonesia pun mampu mengirimkan barang berupa parcel. Namun Pos Indonesia pun memiliki ketentuan terhadap berat yang pastinya akan berkaitan pada beratnya parcel yang akan dikirim seperti pada “Dimensi Kiriman Barang (EMS dan Paketpos Cepat Internasional)” yaitu:

  1. Berat maksimal untuk EMS BARANG adalah 30kg
  2. Berat maksimal untuk Paketpos Cepat Internasional adalah 30kg
  3. Berbentuk persegi panjang, memiliki ukuran maksimal: jumlah panjang, lebar dan tinggi sisi-sisinya < 300 cm, dan salah satu sisinya < 150 cm.

4. Wahana

Sama halnya dengan beberapa jasa ekspedisi, Wahana pun memiliki ketentuan yang berlaku, untuk mengirim parcel sebaiknya anda bisa menimbang terlebih dahulu, dan mengukur panjang lebar parcel, sehingga bisa melakukan cek tarif pengiriman melalui website resmi Wahana.

Berikut tampilan website Wahana:

5. Lion Parcel

Jasa pengiriman ini pun menyediakan pengiriman parcel dengan tiga jenis pelayanan, yaitu:

  1. Jago pack dengan layanan Ongkos Kirim Murah 2-5 hari.
  2. Reg pack yang memiliki laayanan paket reguler 2-3 hari, pengiriman paket dengan jaringan ke seluruh Indonesia. Solusi cerdas untuk pengiriman yang andal dan efisien.
  3. Big Pack berupa layanan paket besar, yang memberikan jasa pengiriman paket mulai dari 10 kg dengan harga yang lebih hemat.

Baca juga: Pantau! Jadwal Libur Ekspedisi di Bulan Ramadhan 2024

6. SAP Express sebagai Jasa Kirim Parcel

Melansir dari halaman resminya, SAP Express adalah jasa pengiriman ekspedisi paket dan dokumen yang bisa COD (Cash On Delivery) dengan jangkauan terluas di lebih dari 220 cabang yang tersebar ke seluruh pelosok Indonesia.

SAP Express memiliki jasa packing sehingga parcel yang akan teman-teman kirim akan senantiasa di kirim dengan aman dan rapih.

7. Mr. Speedy

Jasa layanan ini bisa di akses lewat telepon, namun juga bisa melalui website. Estimasi biaya jasa pengiriman pada layanan ini terutama di Jakarta menggunakan sepeda motor, mulai Rp 8 ribu pada 4 km pertama, dan Rp 2 ribu setelah 4 km pertama.

Sedangkan untuk kota besar lainnya seperti Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Bali, Makassar, dan Yogyakarta mulai Rp 8 ribu untuk 8 km pertama dan Rp 1.900 per km setelah 8 km. Mr. Speedy menyediakan armada seperti sepeda motor, city car, van, pick-up, small box, dan engkel.

Layanan bisa di hubungi melalui aplikasi di Playstore dengan download aplikasi MrSpeedy.

Alamat Kantor Pusat MrSpeedy:

Soho Podomoro City, Lantai 19

Jl Letjen S. Parman Kav. 28, Tanjung Duren Selatan (di samping Central Park Mall)

Jam Operasional:

Senin – Jumat jam 07.00-20.00 WIB

Sabtu –  Minggu 07.00 – 13.00 WIB

Kontak yang bisa di Hubungi: 021 – 29181360 dan 021 – 30020248

8. Paxel

Paxel memiliki ketentuan pengiriman untuk mengirim parcel hingga berat 5 kg dan memiliki berbagai layanan . Untuk Estimasi biaya teman-teman tinggal cek ke halaman resmi paxel kemudian lakukan di bawah ini:

  • Masukan lokasi penjemputan
  • lsi lokasi tujuan
  • Isi kolom ukuran dan berat paket

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan same day dari Paxel untuk kirim parcel dengan cepat. Tak hanya itu, Paxel juga menyediakan pengiriman frozen food keluar kota dengan aman.

Bagi yang sedang mencari referensi tentang jasa pengiriman, semoga artikel ini bisa menginspirasi dan bermanfaat.

Jangan lupa share artikel ini di media sosial kamu dan nantikan informasi terkini yang menarik dan bermanfaat lainnya di blog Everpro.id!

emikian ulasan mengenai jadwal libur ekspedisi. Agar lebih mudah dalam pengiriman yuk coba rekomendasi terbaru layanan jasa pengiriman dari Everpro.

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah dengan layanan Shipping dari Everpro!

Benefit Everpro Shipping

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 35%
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya