everpro

Inilah Jasa Pengiriman Kargo Indonesia 2022, Mau Tahu?

Jasa Pengiriman Kargo Indonesia

Tahu kah anda kini semakin banyak jasa pengiriman yang dulunya mungkin tidak ada atau jumlah sedikit namun sekarang makin banyak orang yang mengembangkan jasa pengiriman kargo tersebut.

Semakin pesat berkembangnya teknologi, semakin banyak pula berbagai jasa yang di hadirkan, salah satunya jasa pengiriman barang.

Dengan adanya penjualan melalui online, tidak dapat di pungkiri bahwa jasa pengiriman barang pun akan terkena dampaknya.

Dengan demikian hal ini menjadi sebuah kesempatan bagi para pemilik jasa logistik untuk menyediakan berbagai fasilitas pengiriman untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada di pasar online.

Adapun berbagai jasa pengiriman barang biasanya di bedakan menjadi berbagai jenis berdasarkan muatan atau kuantitas dari barang yang akan di kirimkan.

Penting ! Bedanya Jasa Pengiriman Kargo dan Ekspedisi

Jasa Pengiriman Kargo
Sumber : Pexels.com

Dalam penggunaan jasanya baik itu pengiriman barang dan ekspedisi kedua hal ini begitu sama yaitu memberikan jasa pengiriman sehingga terdistribusikan kepada penerima barang sesuai dengan tujuan pengirimannya.

Tetapi ada yang membedakan keduanya yaitu :

1. Jasa Pengiriman Ekspedisi

Jasa pengiriman ekspedisi atau disebut juga dengan ekspedisi regular biasanya relatif lebih sedikit dari jumlah barang yang akan di kirim.

  • Berat

Terutama pada bobot barang, jasa pengiriman ekspedisi tidak memiliki standar minimal berat benda yang akan dikirim.

Everpro
  • Tarif

Jasa pengiriman ekspedisi tarifnya di hitung berdasarkan berat per kilogram barang, jadi semakin berat maka akan semakin besar pula tarifnya.

  • Jenis Barang

Ekspedisi reguler ini menerima pengiriman barang  seperti dokumen, pakaian, makanan kering, dan kebutuhan dalam jumlah dan ukuran kecil.

2. Jasa Pengiriman Barang Indonesia

Sedangkan jasa pengiriman barang relatif mengirim barang dengan jumlah pengiriman yang banyak dan sangat di perhatikan keamanan pengemasan pada barangnya agar tidak menjadi rusak ketika dalam perjalanan.

  • Berat

Standar minimal bobot barang yang dikirim minimal 10 kg atau mencapai 50 kg tergantung pada setiap penyedia layanan jasa pengiriman barang.

  • Tarif

Jasa pengiriman barang relatif lebih murah di lihat dari begitu banyaknya barang yang di kirim.

  • Jenis Barang

Secara umum, pengiriman barang melalui jasa pengiriman barang di bagi menjadi dua kelompok yaitu :

  1. barang secara umum : Barang yang tidak memerlukan penanganan khusus.

Contohnya peralatan rumah tangga, peralatan kantor, peralatan olah raga, , sepeda motor, mobil dan lain-lain.

  1. barang secara khusus : Pengiriman barang yang memerlukan penanganan khusus oleh penyedia jasa agar pengiriman tidak membahayakan atau mengganggu perjalanan.

Misalnya AVI (binatang hidup), DG (barang berbahaya/barang yang sangat sensitif terhadap suhu udara, tekanan dan getaran serta dapat membahayakan kesehatan), PER (barang yang mudah rusak/barang yang mudah rusak, remuk atau busuk), PES (Ikan Mudah Rusak/Ikan Mentah), PEM (Daging Busuk/Daging Mentah Olahan), HEA (barang Berat/barang dengan berat di atas 150kg seperti mesin, besi, baja) dan lain-lain.

Agen jasa angkutan menyediakan berbagai armada untuk angkutan jarak jauh.

Tidak hanya antar kota, tetapi antar provinsi dan juga antar negara.

Mau tahu apa saja jenis jasa pengiriman barang saat ini ? Baca artikel ini sampai selesai ya!

Baca juga : Berapa Lama Estimasi Pengiriman Kargo? Simak di Sini!

Jenis Jasa Pengiriman Kargo di Indonesia 

Jasa Pengiriman Kargo
Sumber : Pexels.com

1. Pengiriman Barang Khusus

Pernahkah anda memikirkan bagaimana cara nya memindahkan mobil atau motor dari satu pulai ke pulau lain ?

Apalagi jika produsennya dari luar Indonesia, tidak mungkin pengiriman barangnya melalui perjalanan darat dan udara dengan jumlah yang banyak, pastinya melalui laut.

Nah inilah yang pada akhirnya membuat jasa pengiriman barang secara khusus ini sangat di butuhkan secara internasional.

Jasa pengiriman ini bagi pengguna jasa yang ingin mengirimkan barang berupa barang elektronik atau barang transportasi seperti motor.

Layanan jasa pengiriman barang ini biasanya untuk pengiriman barang yang memiliki bobot yang berat dan memiliki resiko kerusakan yang tinggi sehingga membutuhkan fasilitas dan pengemasan yang sangat di kemas dengan benar dan di beri tanda peringatan.

Tak hanya itu jasa pengiriman barang khusus ini pun menerima pengantaran antar pulau, kota dan negara.

Sehingga segala ketentuan yang ada pada jasa pengiriman barang harus senatiasa di ikuti, agar aman dan sesuai dengan tujuan pengiriman.

Selain itu jasa pengiriman ini bisa sangat menghemat pengeluaran dan waktu di banding dengan menyewa kendaraan untuk mengantar barang sendiri.

2. Jasa Pengiriman Berisi Dokumen Penting

Dokumen penting perlu memiliki kredibilitas yang penting dan sangat rahasia, sehingga keamanannya perlu di jaga dengan sangat hati-hati.

Layanan jasa pengiriman ini biasanya di gunakan atas nama lembaga.

3. Barang Khusus Ekonomi

barang Ekonomi Khusus adalah layanan yang dapat di gunakan oleh orang-orang yang memiliki bisnis untuk menangani penjualan barang atau pengiriman barang.

Untuk mempermudah pendistribusian barang ke konsumen atau pendistribusian barang dari satu gudang ke gudang lainnya, anda bisa menggunakan jasa angkutan khusus ekonomi ini.

Karena jasa ini menawarkan pengiriman barang dalam jumlah yang sangat besar yaitu di atas 10 kg, dengan biaya pengiriman yang sangat murah.

Sehingga pengguna dapat mengirimkan barang dalam jumlah banyak tanpa perlu khawatir dengan biaya pengiriman.

Baca juga : 5 Alasan Kenapa Pengiriman Cargo Lebih Murah, Cek Disini!

Jasa Pengiriman barang Berdasarkan Rute Pengiriman

Jasa Pengiriman Kargo
Sumber : Pexels.com

1. Jasa Pengiriman barang Rute  Darat

Barang yang sudah di packing oleh layanan jasa pengiriman barang maka akan di masukkan ke transportasi yang telah di sediakan.

Transportasi yang biasa di gunakan biasanya berupa truk, mobil atau kereta api logistik (kalog).

Rute yang di gunakan pastinya melalui jalur darat seperti pengiriman antar kota.

2. Jasa Pengiriman Barang Rute Pengiriman Laut

Pernahkah anda memikirkan bagaimana pengiriman barang yang beresiko memiliki zat berbahaya ?

Seperti cairan kimia, barang yang mudah meledak dan berupa gas.

Jasa pengiriman barang dengan rute laut inilah solusinya bagi para pembisnis antar negara yang menyediakan produk khusus.

Selain itu barang laut ini sangat murah di banding dengan biaya jasa pengiriman barang rute darat dan udara.

Namun salah satu kekurangannya yaitu durasi lamanya perjalanan dalam satu proses pengiriman.

Biasanya jasa pengiriman barang ini menggunakan kapal laut.

3. Jasa Pengiriman Kargo Rute Pengiriman Udara

Ingin barang yang anda miliki tiba dengan durasi waktu yang singkat dalam beberapa hari saja tanpa ada hambatan macet di jalan dan sebagainya ?

Ini solusinya ! Anda bisa mengirimkan barang atau dokumen penting dalam waktu singkat dengan jasa pengiriman barang melalui pesawat terbang.

Pesawat terbang ini pastinya sudah harus di lengkapi dengan dokumen pengiriman barang seperti SMU (Surat Muatan Udara) atau AWB (Airwaybill).

Tujuan layanan ini adalah mengutamakan kecepatan dalam pengriman barang antar daerah, baik antar kota, pulau maupun antar negara, sehingga akan sampai dalam waktu 2-3 hari saja.

Namun kekurangan dari jasa pengiriman ini yaitu salah satunya tidak dapat memuat banyak barang dan keterbatasan dalam hal mengangkut barang dengan bobot yang besar.

Jadi, tunggu apalagi, anda bisa mengirim barang apapun dengan jumlah dan bobot yang di sesuaikan dengan rute perjalanan yang anda butuhkan sesuai waktu yang anda inginkan.

Jika ingin cepat sampai dengan barang yang sedikit, anda bisa dengan jalur udara.

Jika mau mengirim banyak barang namun dengan catatan waktu yang telah di sepakati anda bisa menggunakan rute perjalanan darat maupun perjalanan laut.

Cukup sekian penjelasan artikel mengenai jasa pengiriman barang Indonesia.

Sebarkan link artikel tersebut kepada relasi Anda yang membutuhkannya.

Jika anda ingin membaca artikel panduan informatif dan menarik lainnya Anda dapat mengunjungi halaman panduan berikut.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?