everpro

8 Ide Join Usaha Tanpa Modal, Menguntungkan!

join usaha tanpa modal

Bisakah mendapat untung dari join usaha tanpa modal? Tentu bisa! Simak penjelasan tentang ide join usaha tanpa modal selengkapnya.

Memulai bisnis tanpa modal memang terdengar mustahil. Karena modal sendiri menjadi komponen awal untuk menjalankan usaha.

Namun anda bisa memulai bisnis dengan join usaha tanpa modal yang pastinya menguntungkan. Sebelum bergabung dengan suatu bisnis anda harus memahami terlebih dahulu mulai dari tujuan hingga menyamakan visi dengan mitra.

Jangan sampai anda bergabung dengan bisnis yang tidak dimengerti. Karena pasti akan menjadi kesulitan kedepannya baik untuk anda maupun mitra usaha.

Artikel ini akan menjelaskan mengenai pengertian, tips, dan rekomendasi untuk join usaha tanpa modal. Jadi baca sampai selesai ya!

Tentang Join Usaha

join usaha
Sumber: pexels.com

Dalam dunia bisnis, terdapat konsep “kerjasama” yang tentunya dapat memajukan bisnis. Hal ini juga sering disebut sebagai “join usaha”, yaitu para pengusaha terlibat dan bekerja sama sesuai dengan kewajiban serta wewenang yang terdapat dalam kontrak atau perjanjian.

Join usaha adalah model bisnis yang melibatkan beberapa pihak. Umumnya pihak lain bertindak sebagai pemegang saham dalam jangka waktu tertentu atau sesuai dengan kesepakatan.

Jenis usaha ini dapat memperoleh modal dengan mencari peluang dari mitra bisnis atau perusahaan lain yang memiliki usaha patungan atau kemitraan.

Terdapat juga beberapa peluang yang bisa anda manfaatkan untuk join usaha tanpa modal. Sebelum bergabung anda harus mempertimbangkan prospek bisnis dan perjanjian dengan partner.

Everpro

Baca juga: 17+ Usaha Modal Kecil Untung Besar, Pemula Bisa!

Tips Memulai Join Usaha Tanpa Modal

tips kerjasama bisnis
Sumber: pexels.com

Join usaha tanpa modal maupun dengan modal berarti harus bekerjasama dengan pihak lain. Baik itu dengan memulai usaha bersama atau bergabung dengan bisnis yang sudah ada.

Join usaha bisa sangat menguntungkan, namun tentu memiliki resikonya sendiri. Harus ada komunikasi yang baik dengan mitra agar berjalan lancar.

Sebelum memutuskan join usaha tanpa modal, anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Berbagi Value yang Sama

Berbagi nilai yang sama artinya adalah anda dengan mitra usaha memiliki visi, impian, etika kerja, dan tujuan yang sejalan. Hal ini penting agar bisa mencapai keberhasilan usaha bersama.

Karena jika dari awal sudah memiliki tujuan yang berbeda, tentu akan sulit menjalankan usaha kedepannya dan akan saling bertolak belakang.

  • Memilih Partner dengan Kemampuan yang Saling Melengkapi

Saat anda dan mitra bisnis memiliki kemampuan yang berbeda, anda dapat menggandakan kemampuan tersebut secara langsung dengan mitra.

Contohnya, anda memiliki kemampuan dalam marketing dan sales, tapi tidak memiliki modal dan ide untuk membuat produk. Maka anda dapat bergabung sebagai reseller dengan produsen untuk memasarkan serta menjual produknya.

Melalui cara ini kedua mitra dapat lebih fokus dengan apa yang mereka kuasai dan senangi.

  • Memiliki Track Record yang Baik

Saat memilih partner untuk melakukan usaha bersama, anda perlu memperhatikan rekam jejaknya terlebih dahulu. Lebih baik memilih mitra yang pernah melewati masa-masa sulit bersama anda atau sudah terpercaya reputasinya.

Rekam jejak juga bisa anda cari tahu dari mitra sebelumnya yang pernah bekerja sama dengannya. Bisa juga melihat review publik terkait produk dan jasa dari bisnis tersebut.

  • Menentukan Peran dan Tanggung Jawab dengan Jelas

Jika anda baru memulai secara informal, tentu saja hanya melakukan apa yang diperlukan antara satu sama lain. Tetapi hal ini tidak dapat bertahan lama.

Perlu menentukan tanggung jawab serta jabatan satu sama lain agar memberi kontrol atas lingkup kerja masing-masing. Hal ini juga dapat membantu ketidaksepakatan karena bekerja sesuai dengan porsi dan tanggung jawabnya masing-masing.

  • Membuat Struktur Bisnis yang Tepat

Terdapat beberapa jenis kemitraan baik itu kemitraan umum, terbatas, atau tanggung jawab terbatas. Setiap usaha mempunyai kelebihan serta kekurangan dalam hal pajak dan kewajiban lainnya.

Konsultasikan dengan konsultan hukum atau konsultan lainnya yang telah berpengalaman untuk membantu memutuskan bisnis apa yang tepat untuk anda dan mitra bisnis.

  • Perjanjian Secara Tertulis

Membuat perjanjian tertulis dalam menjalankan suatu bisnis sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk memvalidasi kepentingan dan kesepakatan antara satu sama lain.

Sekalipun anda join usaha dengan orang yang sangat dipercaya, seperti saudara atau sahabat, tetap perlu membuat perjanjian dan batasan yang jelas.

Perjanjian secara tertulis juga dapat membantu jika suatu saat terjadi perselisihan. Jadi buatlah dokumen terkait struktur bisnis dan kontribusi modal yang sah. 

Selain itu atur juga mengenai keputusan jika terjadi perselisihan meliputi cara penyelesaian dan proporsi pembagian aset usaha.

  • Jujur Antara Satu Sama Lain

Agar kemitraan bisnis anda berhasil, baik anda maupun mitra harus saling merasa nyaman dalam bertukar pikiran dan menyampaikan pendapat secara terbuka.

Penting untuk saling jujur agar membentuk kepercayaan dan membantu menyelesaikan jika terjadi suatu ketidaksepakatan. 

Ide Join Usaha Tanpa Modal

join usaha tanpa modal
Sumber: pexels.com

Terdapat banyak cara untuk join usaha tanpa modal. Anda dapat bergabung dengan perusahaan perorangan milik teman, keluarga, atau kenalan.

Anda juga bisa bergabung dengan perusahaan yang sudah mapan dan mempunyai program yang memungkinkan anda untuk join usaha tanpa modal.

Berikut adalah beberapa peluang join usaha tanpa modal yang bisa anda coba:

  • Join Usaha Tanpa Modal – Dropshipper

Ide pertama yang bisa anda coba untuk join usaha tanpa modal adalah dengan menjadi dropshipper. Dengan menjadi dropshipper, anda hanya perlu memasarkan produk dan  menarik minat pembeli untuk membeli di toko online anda.

Anda bisa mendaftar di aplikasi dropship yang saat ini telah banyak tersedia. Anda tidak memerlukan modal untuk join usaha ini, karena produk, pengemasan, dan pengiriman telah diurus oleh penyedia jasa atau produsen.

  • Join Usaha Tanpa Modal – Survei Online

Alternatif lain untuk join usaha tanpa modal adalah dengan mendaftarkan diri sebagai surveyor di aplikasi atau situs survei online.

Saat ini terdapat banyak aplikasi maupun situs survei secara online yang bisa anda cari, baik itu survei di dalam negeri maupun luar negeri.

Cara kerjanya pun mudah, anda hanya perlu memenuhi kualifikasi sebagai surveyor dan  menjawab pertanyaan survei tersebut. Kemudian anda akan mendapatkan keuntungan dari poin jawaban terkumpul yang bisa anda cairkan.

  • Join Usaha Tanpa Modal Menjadi Konten Kreator

Ide lain yang bisa anda coba adalah menjadi konten kreator. Anda hanya memerlukan smartphone dan koneksi internet. Ada banyak sekali cara untuk menjadi konten kreator.

Bahkan hanya dengan membuat konten dalam bentuk tulisan. Anda bisa menawarkan kerjasama membuat konten bagi brand maupun perusahaan. 

Nantinya konten tersebut akan dipublikasikan di media sosial dari berbagai perusahaan ini. Kolaborasi ini bisa sangat menguntungkan karena anda juga bisa membuat personal brand.

  • Buzzer

Ide join usaha tanpa modal selanjutnya adalah dengan menjadi buzzer, sangat cocok untuk anda yang aktif di media sosial. 

Menjadi buzzer membutuhkan banyak pengikut di media sosial. Tidak hanya itu, Anda juga harus kreatif dan rajin memposting agar pesan dari buzzer tersampaikan dengan baik.

  • Jasa Desain Grafis

Anda juga bisa bekerja sama dengan perusahaan dan pengusaha yang membutuhkan jasa desain grafis baik itu untuk membuat iklan, poster, logo, dan lain sebagainya.

Ide join usaha tanpa modal ini memerlukan kemampuan anda dalam mendesain. Selanjutnya anda bisa mengatur perjanjian kerjasama dengan perusahaan atau brand tempat anda join usaha.

  • Konsultan

Cara lain untuk join usaha tanpa modal adalah dengan menawarkan jasa anda sebagai konsultan. Konsultasi tergantung dari keterampilan apa yang anda miliki.

Contohnya anda memiliki keahlian di bidang keuangan, maka anda dapat menjadi  konsultan keuangan dan pajak perusahaan.

Contoh lainnya adalah jika anda memiliki keterampilan SEO, anda dapat menawarkan konsultasi untuk membuat banyak pengguna mengunjungi situs web bisnis atau perusahaan mitra kerja.

Baca juga: 10 Ide Usaha Online Tanpa Modal, Penghasilan Maksimal!

  • Multi Level Marketing

Melansir keterangan dari Forbes, MLM atau Multi Level Marketing adalah jenis pemasaran secara langsung ke konsumen dengan metode penjualan produk melalui perwakilan penjualan mandiri. 

Namun anda perlu berhati-hati dalam memilih perusahaan untuk join usaha ini. Karena banyak MLM yang terkenal dengan praktik bisnis kontroversial yang tak lebih dari skema piramida ilegal.

  • Program Afiliasi

Ide join usaha tanpa modal yang terakhir adalah dengan mengikuti program afiliasi. Apabila anda memiliki kemampuan pemasaran yang baik, anda bisa menjadi mitra afiliasi.

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan program afiliasi kepada publik, mulai dari marketplace hingga layanan penyedia hosting.

Anda dapat mendaftar dan mulai memasarkan produk/layanan mereka di blog atau media sosial anda. Jangan lupa untuk mencantumkan link afiliasi anda untuk mendapatkan bayaran.

Demikian penjelasan dan rekomendasi join usaha tanpa modal yang bisa anda coba untuk mendapatkan penghasilan.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait