Begini Cara Kelola Iklan Ecommerce yang Harus Diketahui!

Kelola iklan ecommerce – Ketika Anda memiliki sebuah bisnis, apalagi bisnis online, maka kurang rasanya jika tak beriklan.

Karena salah satu faktor yang membuat bisnis Anda berjalan lancar dan ramai pelanggan adalah beriklan.

Namun, banyak orang yang tidak tahu bagaimana  cara memasang iklan dan bahkan tidak tahu bagaimana cara kelola iklan e-commerce agar toko online memiliki banyak pelanggan.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara mengelola dan memanajemen iklan ecommerce dan cara memasang iklan untuk toko online.

Simak artikelnya sampai selesai, ya.

Kelola Iklan Ecommerce, Ketahui Terlebih Dahulu Cara Pasang Iklannya

Kelola Iklan Ecommerce
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum Anda mengetahui cara kelola iklan ecommerce untuk toko online Anda, maka wajib untuk Anda ketahui terlebih dahulu cara memasang iklannya.

Salah satu platform yang paling sering digunakan untuk memasang iklan adalah media sosial, yaitu Facebook Ads.

Berikut ini adalah cara memasang iklan di Facebook Ads dengan mudah:

  1. Langkah pertama, buka Facebook Ads Manager di akun Facebook Anda.
  2. Pilih Tujuan Iklan Anda. Tujuan yang disediakan oleh Facebook Ads sendiri terdiri dari Brand awareness, Reach, Traffic, Video views, Lead generation, Event  responses, Messages, Conversions, Catalog sales, dan Store traffic.
  3. Jika sudah memilih tujuan iklan sesuai dengan kebutuhan Anda, klik tombol “Lanjutkan”.
  4. Pilih “Audience” dan tentukan penargetan iklan Anda.
  5. Klik “Automatic Placement” atau “Edit Placement” tentukan pilihannya sesuai kebutuhan Anda.
  6. Tentukan Budget dan Schedule iklan Anda. Jika sudah, klik “Berikutnya”.
  7. Pilih format iklan yang Anda inginkan.
  8. Jika sudah, Anda bisa klik “Selesai” dan klik tombol “Lakukan Pemesanan”, kemudian lakukan pembayaran iklan Anda.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk memasang iklan toko online Anda agar ramai pelanggan.

4 Cara Kelola Iklan Ecommerce agar Toko Online Banyak Pelanggan

kelola iklan ecommerce
Sumber: google.com/bersosial

Setelah Anda tahu cara memasang iklan di Facebook Ads, maka berikutnya adalah cara mengelola iklan tersebut.

Berikut adalah caranya:

1. Gunakan judul yang singkat, menarik, dan informatif

Ketika Anda memilih untuk memasang iklan, maka wajib untuk menggunakan judul iklan yang sangat menarik, singkat namun informatif.

Gunakanlah kata-kata kunci yang sering digunakan dan persuasif. Misalnya murah, promo, sale, atau diskon. 

Khusus jika Anda berjualan properti, dalam judul iklan harus menyebutkan lokasi properti yang Anda tawarkan. Biasanya calon pembeli akan langsung mencari properti dengan lokasi yang spesifik.

2. Gunakan foto yang membuat orang tertarik

Setelah itu, gunakanlah foto produk Anda yang sangat menarik untuk dipasang di iklan tersebut.

Foto adalah salah satu kekuatan yang menjadi magnet untuk calon pembeli. Pergunakan kuota foto maksimal yang bisa diupload

Misalnya, jika Anda boleh mengunggah sampai lima foto, maka pergunakan slot lima foto itu. Tampilkan foto produk dari berbagai sisi. 

Tampilkan juga foto yang memuat informasi penting dalam kemasan produk, seperti kadaluarsa, label halal, label perijinan dan sebagainya.

3. Pakai deskripsi sedetail mungkin

Jika judul cukup ditulis singkat, sebaliknya di bagian deskripsi atau keterangan produk Anda harus menuliskan informasi produk dengan detail. 

Beri informasi yang jelas, dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Tampilkan keterangan tentang penggunaan produk. 

Sebagai contoh, jika Anda berjualan kosmetik, beri keterangan tentang penggunaannya, apakah untuk semua jenis kulit atau hanya untuk jenis kulit tertentu (misalnya hanya untuk kulit kering atau berminyak). 

Jika menjual makanan, beri keterangan terkait status kehalalan makanan tersebut. Jika diperlukan, sebutkan material atau bahan baku produk yang dijual.

Pastikan juga produk yang Anda jual mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Misalnya jika Anda berjualan helm, pastikan ada label SNI. 

Demikian juga dengan properti, pastikan kamu menyampaikan status kepemilikan atas properti, seperti Sertifikat Hak Milik atau Hak Guna Bangunan.

4. Berikan promo

Cara yang terakhir yang bisa Anda lakukan untuk kelola iklan ecommerce adalah dengan memberikan promo bagi pelanggan Anda. 

Beberapa ecommerce menyediakan promo untuk para seller, baik promo harian, maupun promo per jam. 

Jadi, jangan lupa untuk mempromosikan produk Anda. 

Nah, itulah tadi cara memasang iklan dan cara kelola iklan ecommerce agar toko online Anda banyak pelanggan. Semoga bermanfaat!

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Picture of Rizky Syahaqy
Rizky Syahaqy
Rizky Syahaqy, merupakan SEO Content Writer di Blog Everpro yang fokus pada konten bisnis, jasa ekspedisi, dan kurir. Sebelumnya saya merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Bandung jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik. Setelah lulus, saya bekerja di dunia kepenulisan selama 1 tahun, yakni menjadi wartawan di sebuah media berita. Namun sejak masih kuliah saya aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang jurnalistik dan kepenulisan selama 3 tahun. Bahkan semasa kuliah saya sudah bekerja sebagai penulis lepas di berbagai media berita dan penyiar radio. Oleh karena itu saya memiliki kemampuan yang baik dalam menulis dan mencari sumber yang kredibel untuk sebuah tulisan yang saya buat. Semoga yang saya sajikan dapat bermanfaat untuk semua yang membacanya.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya