everpro

Kenapa Percobaan Pengiriman Paket Gagal Pada Jasa Pengiriman Barang? Ini Antisipasinya!

Sebelum membahas lebih detail mengenai kenapa percobaan pengiriman paket gagal, yuk intip penjelasan berikut ini.

Semua perusahaan pastinya memiliki prosedur tersendiri untuk menerapkan proses pengantaran barang.

Hal ini di lakukan untuk bisa menjadi perantara bagi pengirim dan penerima barang yang bisa menjaga barang dengan aman dan sampai kepada tempat tujuan.

Namun tak semua proses pengiriman pada hari ini berjalan lancar, masih banyak berbagai kelalaian yang mengakibatkan terjadinya kegagalan pada pengiriman barang.

Adapun berbagai kegagalan bisa di sebabkan oleh ketiga pihak, baik pihak pengirim, pihak penerima, atau bahkan dari pihak pengantarnya.

Untuk informasi lengkapnya, berikut penjelasannya:

Apa itu Percobaan Pengiriman Paket Gagal Pada Jasa Pengiriman Barang?

Pengiriman paket yang gagal bisa di sebabkan dengan berbagai alasan, seperti kesalahan dalam alamat pengiriman, masalah dengan logistik atau pengangkutan, atau kesalahan dalam proses pengiriman. 

Namun tetap saja semua pihak bisa menjadi salah satu faktor dari kegagalan pengiriman, sehingga penerima paket tidak menerima paket.

Baca juga: 15 Penyebab Percobaan Pengiriman Paket Gagal Sudah Melewati Jam Operasional Drop Point

Faktor – Faktor Penyebab Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan percobaan pengiriman paket gagal meliputi:

Yang Mengirimkan Barang

  • Kesalahan dalam alamat pengiriman: Jika alamat pengiriman yang di berikan salah atau tidak lengkap, paket mungkin tidak dapat sampai ke tujuan yang benar
  • Ketika jasa ingin konfirmasi kembali pengirim tidak mencantumkan nomor telepon, atau mencantumkan nomor telepon yang salah sehingga tidak bisa di hubungi.
  • Pengirim sulit di hubungi meskipun nomor telepon sudah benar.
  • Pengirim tidak mencantumkan nomor penerima sehingga pengirim pun akan kesulitan saat mencari alamat yang tepat.

Pihak Penerima

  • Masalah pada perjanjian pengiriman dengan pihak penerima : jika terjadi masalah seperti jasa pengiriman yang di gunakan, paket mungkin tidak dapat sampai ke tujuan yang benar.
  • Penerima sulit di hubungi sehingga pengiriman paket pun gagal.

Pihak Jasa Pengiriman Barang

  • Masalah logistik dan pengangkutan

Pada saat pengangkutan barang atau saat pengiriman barang terjadi kelalain seperti ban mobil atau ban motor pecah, maka akan menyebabkan keterlambatan pengiriman barang.

  • Kesalahan dalam proses pengiriman:

Paket yang salah di kirim atau rusak selama pengiriman, paket mungkin tidak dapat sampai ke tujuan yang benar.

  • Masalah pada sistem pengiriman:

Sistem pengiriman yang berisi data-data pribadi untuk mengirimkan barang jika rusak atau hilang maka akan terjadi berbagai kesalahan teknis pengiriman atau bahkan barang gagal untuk dikirimkan.

Baca juga: Apa Saja Informasi Penting yang Tercantum dalam Pengiriman Barang? Lihat ini!

Antisipasi sebagai Solusi Pengiriman Paket Gagal

Beberapa antisipai yang dapat di lakukan sebagai solusi jika percobaan pengiriman paket gagal meliputi:

Pihak Pengirim

  • Pastikan Alamat dan Nomor telepon dengan Tepat

Memastikan alamat pengiriman yang di berikan benar dan lengkap: Sebelum mengirim ulang paket, pastikan bahwa alamat pengiriman yang di berikan benar dan lengkap.

  • Evaluasi Pengiriman dengan Penerima

Mengevaluasi pengiriman dengan pihak ketiga : jika masalah pengiriman terjadi karena perjanjian pengiriman dengan pihak ketiga yang di gunakan, evaluasi dan cari solusi untuk masalah tersebut.

Yang Menerima Barang

  • Sebaiknya jika dirinya mengetahui akan ada paket untuk dirinya, mohon untuk mengaktifkan nomor teleponnya agar bisa di hubungi setiap saat oleh pihak jasa pengiriman barang.
  • Jika pihak jasa pengiriman barang khususnya COD, maka penerima harus komitmen dengan janji yang telah di buat dan sediakan waktu sesuai kesepakatan untuk mengambil barang.

Pihak Jasa Pengiriman Barang

  • Monitoring proses pengiriman

Dengan memantau proses pengiriman, Anda dapat mengetahui apa yang terjadi dengan paket Anda dan mengambil tindakan yang di perlukan jika terjadi masalah.

  • Menghubungi perusahaan pengiriman

Jika Anda mengalami masalah dengan pengiriman, hubungi perusahaan pengiriman untuk melaporkan masalah dan meminta bantuan.

  • Mempertimbangkan alternatif pengiriman

Jika masalah pengiriman terus terjadi dengan perusahaan pengiriman yang di gunakan, pertimbangkan untuk mencari alternatif pengiriman yang mungkin lebih stabil.

  • Menyediakan asuransi pengiriman 

Menyediakan asuransi pengiriman akan memberikan perlindungan finansial jika paket rusak atau hilang selama proses pengiriman.

  • Membuat laporan 

Membuat laporan dari percobaan pengiriman yang gagal, akan membantu dalam menganalisa masalah yang terjadi dan menemukan solusi yang tepat.

Itu hanya beberapa solusi yang dapat di lakukan jika percobaan pengiriman paket gagal.

Cukup sekian informasi yang di bahas pada artikel kali ini. Nantikan informasi update lainnya di Everpro.id!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan