everpro

Serius! Kenapa Tidak Bisa Posting di Marketplace Facebook

Kamu tidak bisa posting di marketplace Facebook? Simak alasan mengapa tidak bisa posting di marketplace Facebook pada artikel ini!

Facebook Marketplace adalah platform populer yang memungkinkan pengguna Facebook untuk membeli dan menjual barang dan jasa.

Namun, kadang-kadang pengguna mengalami masalah dalam memposting di Marketplace Facebook. Artikel ini akan menjelaskan beberapa alasan umum mengapa Anda mungkin tidak dapat memposting di Marketplace Facebook dan solusi potensial untuk mengatasinya.

Baca juga: Meningkatkan Efektivitas Kampanye Pemasaran dengan Facebook Ads Reporting!

Apa itu Marketplace Facebook

kenapa tidak bisa posting di marketplace facebook
Sumber: Google.com

Marketplace Facebook adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna Facebook untuk menemukan dan membeli barang. Seperti namanya yaitu marketplace, ini menjadi wadah di mana semua pengguna dapat melakukan transaksi jual beli.

Marketplace Facebook menjadi populer di kalangan para pengguna karena tak jarang memberikan harga yang miring. Karena hal itu, banyak orang yang ingin membeli barang di marketplace Facebook.

Tapi ada suatu problem yang sering muncul di antara para pengguna yaitu tidak bisa memposting di marketplace Facebook karena satu dan lain hal. Tapi tidak perlu khawatir, karena kami akan membahasnya di bawah ini!

Pelanggaran Kebijakan

  • Penjualan Barang Terlarang

Facebook memiliki daftar barang terlarang yang tidak di izinkan untuk di jual di Marketplace. Contohnya termasuk narkotika, senjata api, bahan peledak, produk tembakau, dan lain sebagainya. Jika Anda mencoba memposting barang yang termasuk dalam daftar ini, maka akan mengalami pembatasan atau penolakan untuk memposting.

  • Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual

Facebook melindungi hak kekayaan intelektual dan melarang penjualan produk bajakan atau palsu di Marketplace. Jika Anda mencoba menjual barang yang melanggar hak cipta, merek dagang, atau paten, maka posting Anda akan di tolak.

  • Konten Melanggar Hukum atau Etika

Marketplace Facebook memiliki kebijakan ketat terkait konten yang melanggar hukum atau etika. Jika Anda mencoba memposting barang yang melanggar hukum seperti barang curian, atau konten yang melanggar etika seperti konten dewasa atau kekerasan, maka akan terjadi pembatasan atau penolakan posting.

  • Penggunaan Akun Palsu atau Tidak Asli

Jika Facebook mendeteksi bahwa Anda menggunakan akun palsu, akun yang tidak asli, atau menggunakan identitas palsu, maka Anda tidak akan di izinkan memposting di Marketplace. Facebook mendorong pengguna untuk menggunakan akun yang benar-benar asli dan sesuai dengan kebijakan privasi dan keamanan mereka.

  • Perilaku Penipuan atau Tidak Etis

Jika Anda telah terlibat dalam perilaku penipuan atau melanggar aturan etika di Marketplace sebelumnya, Facebook dapat membatasi akses Anda ke fitur ini. Hal ini di lakukan untuk melindungi pengguna lain dari penipuan atau tindakan tidak etis.

Penting untuk memahami kebijakan dan pedoman Marketplace Facebook dengan baik sebelum memulai berjualan. Pastikan Anda menjual barang yang sah, mematuhi hukum, dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual. Jika Anda yakin bahwa pembatasan yang di berlakukan tidak pantas, Anda dapat menghubungi tim dukungan Facebook untuk mendapatkan klarifikasi lebih lanjut.

Baca juga: Inilah Cara Split Test Facebook Ads, Ternyata Seru Loh!

Akun yang Tidak Memenuhi Syarat

kenapa tidak bisa posting di marketplace facebook
Sumber: Google.com

Jika Anda tidak dapat memposting di Marketplace Facebook karena akun Anda tidak memenuhi syarat, berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Akun Baru atau Belum di Verifikasi

Facebook mungkin membatasi akses ke Marketplace bagi akun yang baru di buat atau belum di verifikasi. Ini di lakukan untuk mencegah penyalahgunaan dan memastikan keamanan pengguna. Pastikan akun Anda sudah cukup lama aktif dan telah di verifikasi dengan nomor telepon atau email yang valid.

  • Wilayah Tidak di Dukung

Marketplace Facebook tidak tersedia di semua negara atau wilayah. Jika Anda berada di wilayah yang tidak di dukung oleh Marketplace, Anda tidak akan dapat mengakses fitur ini. Pastikan Anda berada di wilayah yang memungkinkan penggunaan Marketplace Facebook.

  • Usia Akun Terlalu Muda

Untuk menggunakan Marketplace, ada batasan usia minimum yang harus di penuhi. Kenapa tidak bisa posting di marketplace facebook? Umumnya, pengguna harus berusia minimal 18 tahun untuk dapat mengakses dan menggunakan Marketplace. Jika akun Anda memiliki usia yang tidak mencapai batasan tersebut, Anda tidak akan dapat memposting di Marketplace.

  • Akun dengan Riwayat Pelanggaran

Jika akun Facebook Anda memiliki riwayat pelanggaran kebijakan atau melanggar aturan di platform Facebook lainnya, ini dapat mempengaruhi akses Anda ke Marketplace. Facebook dapat memberlakukan pembatasan atau penangguhan akses terhadap akun yang melanggar kebijakan mereka.

  • Masalah Teknis

Beberapa masalah teknis pada akun Anda, seperti kesalahan pada pengaturan privasi atau konfigurasi akun, juga dapat menghambat akses Anda ke Marketplace. Pastikan semua pengaturan akun Anda telah di konfigurasi dengan benar dan privasi Anda tidak menghalangi akses ke Marketplace.

Jika Anda yakin bahwa akun Anda memenuhi semua persyaratan dan tetap tidak dapat mengakses Marketplace, di sarankan untuk menghubungi tim dukungan Facebook. Mereka dapat membantu mengidentifikasi masalah spesifik yang mungkin terjadi dan memberikan solusi yang sesuai.

Cara Posting di Marketplace Facebook

kenapa tidak bisa posting di marketplace facebook
Sumber: Google.com
Berikut adalah langkah-langkah untuk memposting di Marketplace Facebook:
  1. Buka Aplikasi Facebook atau kunjungi situs web Facebook di peramban web Anda.
  2. Login ke akun Facebook Anda. Pastikan Anda menggunakan akun yang memenuhi syarat dan di verifikasi untuk menggunakan Marketplace.
  3. Di beranda Facebook, cari dan klik opsi “Marketplace” di bagian bawah aplikasi Facebook di perangkat seluler atau di sidebar kiri di situs web.
  4. Setelah memasuki Marketplace, Anda akan melihat beberapa opsi, seperti “Jual”, “Cari”, “Temukan Grup”, dan lain-lain.
  5. Klik opsi “Jual” untuk mulai membuat posting baru.
  6. Pilih kategori barang yang ingin Anda jual dari daftar kategori yang tersedia.
  7. Unggah foto atau video barang yang ingin Anda jual. Pastikan foto atau video tersebut menampilkan barang dengan jelas dan menarik minat calon pembeli.
  8. Masukkan judul yang menarik dan deskripsi yang jelas mengenai barang yang Anda jual. Deskripsikan kondisi barang, harga, dan informasi lain yang relevan untuk membantu pembeli potensial.
  9. Pilih lokasi Anda dengan mengatur pilihan “Lokasi” atau “Kota” agar postingan Anda terlihat oleh orang-orang yang berada di daerah yang tepat.
  10. Tentukan harga yang di inginkan untuk barang yang Anda jual.
  11. Setel preferensi privasi Anda untuk menentukan siapa yang dapat melihat postingan Anda dan cara pembayaran yang Anda terima.
  12. Jika di perlukan, tambahkan informasi tambahan seperti ukuran, merek, atau detail lainnya yang relevan dengan barang yang Anda jual.
  13. Setelah Anda selesai mengisi semua detail, klik “Posting” atau “Jual Sekarang” untuk mempublikasikan postingan Anda di Marketplace.
  14. Postingan Anda akan muncul di Marketplace dan dapat di lihat oleh pengguna Facebook lainnya yang berada di wilayah yang sama atau menggunakan filter pencarian yang sesuai.

Pastikan juga untuk menghapus data cache

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat memposting marketplace di Facebook.

Sulit beriklan di Facebook karena minim edukasi? Ingin maksimalkan iklan, tapi terhambat budget harian?

Optimalkan Performa Iklan dengan Everpro Facebook Ads Account Support, solusi beriklan mudah, cepat, dan aman untuk jangkau pasar yang lebih luas!

Benefit Everpro Ads Account Support

  • Edukasi Facebook Ads
  • Mengurangi Resiko Akun Iklan Restrict/Banned
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis
  • Fitur Review Iklan Agar Tidak Terkena Banned

PROMO:

  • GRATIS semua biaya layanan hingga akumulasi top up mencapai Rp15.000.000.
  • Bila top up sudah mencapai Rp15.000.000, maka user mendapat voucher iklan sebesar Rp1.5juta

Ayo daftar Everpro Facebook Ads Account Support sekarang!

Daftar Sekarang

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya