everpro

Inilah Pilihan Jasa Pengiriman Untuk Kirim Paket Diatas 5 Kg

kirim paket diatas 5 kg

Sedang mencari cara kirim paket diatas 5 kg? Simak artikel berikut tentang Kirim Paket Diatas 5 Kg untuk menemukan pilihan terbaik anda.

Kehadiran jasa logistik di tengah aktivitas masyarakat menjadi hal yang penting. Karena berbagai kebutuhan dari yang pokok hingga yang sifatnya hiburan dapat terpenuhi melalui situs belanja online, dan jasa pengiriman berperan untuk mendistribusikannya.

Contohnya saja anda dapat membeli kebutuhan pokok mulai dari sembako hingga peralatan rumah tangga lewat marketplace atau toko online. Terkait pengiriman yang memiliki jumlah berat seperti sofa, kasur, dan lainnya tentu memerlukan jasa pengiriman yang menyediakan layanan kirim barang diatas 5 kg.

Tak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, pengusaha dan perusahaan besar juga memerlukan jasa pengiriman untuk kirim barang besar. Melalui artikel ini, anda akan mendapatkan informasi pilihan jasa pengiriman terbaik untuk kirim barang diatas 5 kg.

Jadi simak penjelasannya sampai selesai ya.

Faktor yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kirim Paket Diatas 5 Kg

kirim paket diatas 5 kg
Sumber: google.com

Sebelum mengirim barang dalam jumlah dan volume yang besar, anda harus memperhatikan faktor-faktor memilih jasa ekspedisi yang terbaik. Dengan begitu anda dapat mengirimkan barang diatas 5 kg dengan efisien dan aman.

Berikut beberapa faktor yang perlu anda perhatikan:

  • Tarif Ongkir dan Layanan yang Tersedia

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah tarif ongkir dan jenis layanan yang tersedia dari jasa pengiriman. Karena barang yang akan anda kirimkan memiliki berat yang besar tentu biayanya pun tidak sedikit.

Maka dari itu anda perlu melihat apa saja pilihan layanan dan berapa biaya ongkirnya. Caranya mudah, anda bisa mengunjungi website resmi dari setiap jasa pengiriman dan melakukan cek ongkir.

Everpro

Ada cara lain untuk mengetahui informasi tarif ongkir dan layanan tersedia untuk pengiriman berat, yaitu dengan fitur cek ongkir dari Everpro. Anda cukup memasukkan informasi kota pengirim, tujuan, dan berat paket. Kemudian akan tampil informasi mengenai tarif dari jasa pengiriman yang menyediakan layanan tersebut.

  • Kecepatan Pengiriman

Faktor lain yang harus anda cermati adalah estimasi pengiriman paket. Anda perlu memilih jasa pengiriman yang waktu pengiriman dan tarifnya sepadan. 

Maksudnya, apabila tarif ongkir sedikit lebih mahal dari jasa pengiriman lain dengan layanan serupa tapi mampu mengirim dengan lebih cepat, maka hal ini sepadan. 

Anda juga bisa melihat dari review pelanggan yang telah menggunakan layanan tersebut untuk mengetahui apakah kualitas pengirimannya memuaskan atau tidak.

  • Fasilitas Lacak Paket

Selanjutnya anda juga perlu memperhatikan apakah jasa pengiriman yang anda pilih memiliki fitur cek resi atau tidak. Dengan menggunakan fitur cek resi anda dapat melacak status pengiriman paket anda.

Jadi sebaiknya pilih jasa pengiriman yang kondisi kirim paketnya bisa anda lacak dengan mudah dan akurat. Hal ini agar anda dapat mengetahui kondisi terkini pengiriman paket dan merasa aman.

  • Fasilitas Pengemasan dan Pickup

Salah satu hal yang perlu anda pedulikan dalam mengirimkan paket berat adalah proses pengemasan. Tentu anda ingin paket sampai ke tujuan dalam kondisi aman dan sama seperti saat dikirimkan.

Namun, untuk paket dengan volume yang besar terkadang sulit untuk dikemas sendiri. Maka anda perlu juga melihat apakah jasa pengiriman memiliki layanan untuk mengemas paket anda atau tidak. 

Begitupun saat akan mengirimkan barang, karena ukurannya yang berat menjadi hal wajar apabila kesulitan untuk membawanya ke agen pengiriman. Maka anda perlu memilih jasa pengiriman yang menyediakan jasa penjemputan atau pickup.

Dengan memilih jasa pengiriman yang dapat memberikan layanan pengemasan dan pickup anda bisa menghemat tenaga dan waktu.

Baca juga: Mau Kirim Paket ke Luar Negeri? Cek Cara Mudahnya Disini!

Metode Pengiriman Paket Diatas 5 Kg

kirim paket diatas 5 kg
Sumber: google.com

Dalam mengirimkan paket dalam jumlah dan volume besar terdapat beberapa metode pengiriman. Berikut penjelasan metode pengiriman berat:

  • FTL

Full of Truckload atau FTL adalah sebuah metode pengiriman besar dengan cara mengisi satu truk penuh untuk satu kali pengiriman dengan satu tujuan. Dengan metode ini, maka pengiriman berjalan khusus untuk tujuan pengiriman anda. Jadi istilahnya seperti menyewa satu truk.

  • LTL

Less Than Truckload atau LTL adalah metode mengirimkan barang ukuran besar dengan mencampur barang muatan dalam satu truk dengan pengiriman lainnya, sehingga truk yang mengirimkan barang anda juga melakukan pengiriman untuk tujuan lainnya.

Cara Kirim Paket Diatas 5 Kg

kirim paket diatas 5 kg
Sumber: google.com

Setelah memperhatikan faktor dalam memilih jasa pengiriman dan sudah menentukannya, berikut cara kirim paket berat yang bisa anda ikuti:

  1. Mengemas paket. Apabila anda hendak mengemas sendiri maka pastikan paket dikemas dengan rapi dan aman. Namun apabila menggunakan layanan pengemasan dari jasa kirim, anda bisa menyerahkannya langsung.
  2. Mengukur berat dan dimensi paket. Anda perlu mengetahui ukuran paket dan berat dengan cara mengukur dan menimbangnya. Hal tersebut untuk memudahkan anda dalam menghitung estimasi tarif ongkir dan mempersiapkan dananya.
  3. Menuliskan informasi tujuan dengan benar. Tuliskan nama, alamat, dan nomor telepon penerima dengan lengkap dan benar agar memudahkan proses pengiriman.
  4. Selanjutnya anda dapat menghubungi pihak jasa pengiriman untuk melakukan penjemputan. Biasanya terdapat aplikasi atau website dari jasa pengiriman pilihan anda untuk fitur dan layanan pickup.

Pilihan Jasa Pengiriman Untuk Kirim Paket Diatas 5 Kg

kirim paket diatas 5 kg
Sumber: google.com

Saat ini terdapat banyak jenis jasa pengiriman, namun tidak semuanya mampu menyediakan layanan pengiriman paket berat. Berikut beberapa rekomendasi terbaik jasa pengiriman untuk kirim paket diatas 5 kg:

  • POS Indonesia

Anda dapat memilih layanan dari perusahaan BUMN yang menyediakan jasa pengiriman berat, yaitu Pos Jumbo Ekonomi. Jasa pengiriman ini memiliki layanan dengan tarif tingkat berat pertama untuk paket dengan berat mulai dari 3 kg hingga 30 kg. Layanannya juga telah meliputi seluruh area desa di Indonesia.

Ketentuan ukuran paket maksimal: 2(lebar + tinggi) ≤ 400 cm, dimensi panjang maksimal 150 cm.

Penentuan tarif ongkir: berdasarkan berat aktual, atau perhitungan volumetrik dengan rumus (p x l x t x 1 kg) : Rp 6.000.

  • JNE Trucking

Dalam proses pengirimannya, jenis layanan ini akan menggunakan truk sebagai moda transportasi. Layanan ini telah mencakup seluruh wilayah di pulau Sumatera, Jawa, dan Bali.

Estimasi pengirimannya bervariasi dari 3 sampai 7 hari. Layanan ini cocok untuk metode pengiriman LTL atau belum membutuhkan kiriman dalam satu truk full. Selain itu, JNE Trucking kini telah tersedia di beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, sehingga dapat mengirim dalam jumlah besar dengan harga ekonomis.

  • Indah Logistik Cargo

Pilihan lainnya untuk mengirim paket berat adalah dengan menggunakan jasa pengiriman Indah Logistik Cargo. Perusahaan ini menawarkan layanan pengiriman dengan moda transportasi via darat dan laut.

Minimal bobot barang untuk layanan ini adalah 10 kg. Estimasi waktu pengirimannya adalah 3 sampai 4 hari saja.

  • Deliveree

Salah satu jasa pengiriman barang berat adalah Deliveree yang memberikan layanan trucking melalui jalur darat. Perusahaan ini menyediakan layanan untuk mengirim barang ukuran kecil, besar, hingga alat berat.

Melalui Deliveree anda juga dapat memilih metode pengiriman dengan Full Truckload (FTL) atau Less Than Truckload (LTL).

  • Sentral Cargo

Perusahaan ini menawarkan jasa pengiriman berat dengan harga yang relatif murah. Minimal berat barang untuk pilihan layanan ini adalah 10 kg, anda juga bisa memilih metode pembayaran COD, yaitu membayar ketika barang sampai tujuan.

  • Sicepat

Pilihan jasa pengiriman lain yang dapat mengirimkan barang berat dengan harga murah adalah Sicepat GOKIL. Melalui metode pengiriman LTL, anda dapat mengirim barang yang memiliki berat minimal 10 kg dengan tarif mulai dari Rp 25 ribu per 10 kg.

Demikian penjelasan dan rekomendasi jasa pengiriman untuk kirim barang diatas 5 kg dengan mudah, murah, dan aman.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?