Everpro

Ini Cara Melakukan Optimasi Landing Page Agar Responsive

Masih bingung caranya ningkatin responsive pada landing page? Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara untuk meningkatkan kecepatan landing page responsive? Yuk, simak artikel ini sampai habis ya!

Landing page adalah halaman pertama yang pengunjung akses ketika mengunjungi suatu website tertentu. Pada landing page ada banyak elemen-elemen di dalamnya yang mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu. Tujuannya agar tingkat konversi pada website dan bisnis dapat meningkat.

Nah, dalam dunia bisnis terutama bisnis online, konversi sangat penting untuk membuat penjualan menjadi meningkat. Salah satu media yang efektif untuk meningkatkan konversi adalah landing page. Pada landing page pemilik bisnis dapat mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan seperti mengisi formulir, mendaftar, melakukan pembelian atau mendownload file.

Oleh sebab itu, performa landing page harus tetap dijaga dengan baik agar tujuan untuk meningkatkan konversi dapat tercapai. Nah, buat kamu yang masih ngerasa jika landing page kamu belum maksimal performanya dan ingin mengoptimasinya kamu bisa simak artikel ini sampai habis . Karena pada artikel ini kami akan memberika pembahasan lengkap seputar landing page!

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Berapa sih Ukuran Landing Page Website? Ini Jawabannya!

Apa itu Landing Page Responsive

landing page responsive
Sumber: pexels.com

Sebelum jauh membahas tentang performa landing page yang responsive, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dan penjelasan tentang landing page responsive. Responsive landing page merupakan landing page yang memiliki kriteria baik karena dapat menampilkan landing page pada semua perangkat.

Ini meliputi perangkat desktop, mobile, tablet dan juga laptop yang mana semuanya memiliki kapasitas ukuran layar yang berbeda-beda dan kapabilitasnya masing-masing. Oleh sebab itu, landing page yang responsive menjadi penting untuk kamu pertimbangkan.

Eitss, tapi jangan cuma landing page aja ya yang kamu optimasi, semua laman website kamu juga harus memiliki tingkat responsivitas yang baik, lho. Kamu bisa melakukan pengecekan pada beberapa hal seperti loading speed yang cepat, jelas dan mudah untuk dilihat di berbagai browser, terutama perangkat mobile.

Mengapa demikian? Ini karena saat ini banyaknya jumlah pengguna yang menggunakan perangkat mobile dibandingkan perangkat lainnya. Selain itu, jika pada versi mobile tidak teroptimasi dengan baik, kamu tidak akan bisa mendapatkan ranking di search engine result page (SERP) dan target audience kamu tidak dapat menemukan bisnis kamu.

Kenapa Landing Page Responsive Penting untuk Bisnis?

landing page responsive
Sumber: pexels.com

Meskipun kamu memiliki landing page yang terbaik dan responsive tapi jika kamu tidak melakukan konfigurasi agar landing page tersebut dapat pengunjung akses dengan baik merupakan hal yang sia-sia. Kegagalan dalam mengatasi responsivitas pada website kamu dapat menyebabkan kerugian yang signifikan dalam bisnis.

Ini dapat berdampak kepada menurunnya traffic ke website dan uang yang kamu gunakan untuk melakukan campaign marketing. Ingatlah jika website yang tidak responsif sering kali tidak dapat menjangkau audiens yang tidak kamu inginkan sehingga menyebabkan berkurangnya pengunjung dan tingginya angka bounce rate.

Memang untuk mengoptimasi landing page dan website membutuhkan sumber daya yang cukup banyak, namun hal tersebut merupakan hal yang sepada karena kamu akan mendapatkan dampak yang positif dalam jangka pendek maupun panjang. Gak cuma itu aja, kamu juga bisa menghemat uang dan waktu dengan lebih baik.

Pentingnya mengoptimasi landing page merupakan suatu hal yang tidak bisa dilebih-lebihkan. Ini karena landing page memang memiliki peran yang cukup besar untuk bisnis. Ini didukung dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019 yang mengatakan jika 96,95% penduduk Indonesia mengakses internet lewat telepon seluler. Angka tersebut naik pada tahun 2020 menjadi 98,31%.

Angka ini jauh di atas perangkat laptop/notebook/tablet yang hanya 15,78% pada tahun 2019. Bahkan angka ini mengalami penurunan pada tahun 2020 menjadi 13,61%.

Baca juga: 10 Struktur Landing Page yang Baik, Raih Conversion Rate Tinggi!

Keuntungan Landing Page yang Responsive

landing page responsive
Sumber: pexels.com

Landing page yang sudah teroptimasi dengan baik dengan memiliki performa yang responsif bisa memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi bisnis. Apa aja sih keuntungan dari landing page yang responsif? berikut beberapa keuntungannya:

  • User Experience yang Berkualitas

Keuntungan pertama yang bisa kamu rasakan adalah meningkatnya kualitas user experience. Ini berdampak pada kepuasan pengunjung saat berkunjung pada website atau landing page yang kamu buat.

  • Meningkatkan Peringkat SEO

Landing page yang responsif dan sudah teroptimasi dapat membuat peringkat SEO pada bisnis dapat meningkat. Ini merupakan salah satu keuntunga yang cukup baik dan berdampak positif pada bisnis. Ini karena Google akan memprioritaskan untuk meranking landing page yang memiliki performa yang lebih baik.

  • Meningkatkan Konversi

Konversi dapat meningkat dengan performa landing page yang lebih baik. Ini karena pengunjung dapat lebih mudah berinteraksi dengan halaman web yang mana kamu bisa mendorongnya untuk melakukan tinakan tertentu.

  • Memperkuat Branding

Keuntungan yang terakhir dari landing page yang responsif adalah bisa memperkuat branding. Dengan begitu, bisnis kamu bisa memperkuat posisi di pasar dengan meningkatkan kesan positif yang didapatkan oleh pengunjung.

Tips Optimasi Landing Page agar Responsive

Berikut beberapa tips yang bisa kamu jadikan referensi dalam mengoptimasi landing page agar responsive:

  • Desain sederhana
  • Memuat konten penting
  • Perhatikan penggunaan ukuran font dan warna
  • Desain yang rapi dan menarik
  • Menggunakan teknik responsif yang ideal

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi landing page agar menjadi lebih responsive. Mengoptimasi landing page merupakan hal yang sangat penting karena dapat memberikan banyak manfaat pada bisnis. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk melakukan optimasi pada landing page kamu jika belum.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id! Share artikel ini di media sosial kamu dengan gratis.

Jika kamu ingin mengoptimasi landing page untuk bisnis kamu biar responsive, kamu bisa pake layanan Funnel dari Everpro. Layanan ini menyediakan landing page builder yang sudah teroptimasi dan responsive untuk segala device.

Selain itu, landing page builder dari Everpro juga sudah memiliki loading yang sangat cepat. Gak berhenti di situ aja nih, dengan Everpro Funnel kamu juga bisa merasakan banyak keuntungan lainnya untuk bisnis seperti berikut:

  •  Mudah Buat LP Dari 0, TERBUKTI BISA SELESAI DALAM 3 MENIT
  • Tersedia RATUSAN Template LP Siap Pakai
  • GRATIS Hosting & Custom Subdomain
  • LOADINGNYA CEPAT, GTMetrix Grade Pasti Upper-A
  • Terintegrasi Langsung dengan Ekosistem Everpro

Ayo daftarkan segera untuk merasakan keuntungan dari Everpro Funnel untuk bisnis kamu!

https://customer.everpro.id/subscription/public?utm_source=direct-web&utm_medium=banner&utm_campaign=evp-funnel_acq-seoorganicfunnel0524&evp_campaign_id=MC20240510072147&_gl=1%2ae766c7%2a_gcl_aw%2aR0NMLjE3MTgzMzQ5OTMuQ2owS0NRandzYXF6QmhEZEFSSXNBSzJncW5kdnhGdjg4d0pjUFR1YWNseE1WaXZRS19YOS1QdWFZWG1YdUFzeEZucEcxN2JTNk9MU25zRWFBcHB3RUFMd193Y0I.%2a_gcl_au%2aNzg2NTA4NjU5LjE3MTU3NTY2MjU.&bundlingTypeTab=0

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya