everpro

Kepo Yuk! Lookalike Audience Adalah: Manfaat, Cara Kerja dan Kebutuhannya

Lookalike Audience adalah – sebuah metode dengan fitur dalam platform iklan digital yang memungkinkan pengiklan untuk menargetkan audiens yang mirip dengan audiens yang sudah ada di dalam daftar atau yang sudah melakukan interaksi dengan bisnis tersebut.

Ingin info selengkapnya tentang bagaimana cara membuatnya, strategi untuk menggunakannya, dan tips untuk memaksimalkan penggunaannya, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Inilah Arti Click Through Rate Adalah: Definisi, Faktor dan Tipsnya!

Apa itu Arti Lookalike Audience?

lookalike audience
Sumber: pexels.com

Lookalike Audience dalam bahasa Indonesia dapat di artikan sebagai “audiens yang mirip”. Kata “lookalike” memiliki arti “mirip” atau “serupa”, sedangkan kata “audience” memiliki arti “penonton” atau “audiens”.

Jadi, secara keseluruhan, metode ini dapat di artikan sebagai kumpulan pengguna yang memiliki perilaku dan karakteristik serupa dengan pengguna yang sudah ada di dalam daftar atau yang sudah melakukan interaksi dengan bisnis tertentu di platform iklan digital.

Dengan menggunakan data dari custom audience, metode ini mencari pengguna lain yang memiliki perilaku dan karakteristik serupa, dan kemudian menampilkan iklan kepada mereka.

Dalam hal ini, metode ini memungkinkan pengiklan untuk menargetkan iklan mereka kepada pengguna yang belum mengenal bisnis mereka, namun memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk melakukan tindakan yang di inginkan.

Manfaat Lookalike Audience Bagi Bisnis

Menggunakan metode ini  dapat membantu bisnis meningkatkan efektivitas kampanye iklan mereka. Berikut adalah beberapa manfaat Lookalike Audience bagi bisnis:

Meningkatkan Konversi

Dengan menargetkan audiens yang memiliki perilaku serupa dengan audiens yang sudah melakukan pembelian sebelumnya, kemungkinan untuk mendapatkan konversi yang lebih tinggi dapat ditingkatkan.

Meningkatkan Brand Awareness

Dengan menargetkan audiens yang memiliki karakteristik serupa dengan audiens yang sudah mengenal bisnis, bisnis dapat memperluas jangkauan mereka dan meningkatkan kesadaran merek mereka.

Menghemat Biaya Iklan

Dengan menargetkan audiens yang lebih terfokus, biaya iklan dapat di kurangi karena iklan hanya di tampilkan kepada audiens yang lebih mungkin untuk melakukan tindakan yang di inginkan.

Cara Kerja Lookalike Audience

lookalike audience
Sumber: pexels.com

Metode ini bekerja dengan memanfaatkan data dari custom audience. Custom audience adalah kumpulan pengguna yang sudah melakukan interaksi dengan bisnis atau terkait dengan bisnis dalam satu cara atau lainnya, seperti daftar email pelanggan, pengunjung situs web, dan pengguna aplikasi.

Dari custom audience tersebut, metode ini mencari pola dan karakteristik yang sama, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan perilaku.

Setelah menemukan pola dan karakteristik yang sama, Lookalike Audience kemudian menampilkan iklan kepada pengguna lain yang memiliki pola dan karakteristik serupa, namun belum pernah melakukan interaksi dengan bisnis.

Dengan cara ini, bisnis dapat memperluas jangkauan mereka dan menargetkan audiens yang lebih relevan.

Baca juga: Traffic Meningkat! Pentingnya Online Presence pada Digital Marketing

Kebutuhan Membuat Lookalike Audience

Untuk membuat metode ini, di butuhkan beberapa hal berikut:

Custom Audience

Setidaknya satu custom audience yang memiliki setidaknya 100 pengguna aktif di perlukan untuk membuat Lookalike Audience. Semakin besar jumlah pengguna dalam custom audience, semakin akurat metode ini yang di hasilkan.

Data Pengguna

Data pengguna seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan perilaku dari custom audience akan di gunakan sebagai acuan untuk mencari pengguna lain yang mirip.

Platform Iklan Digital

Metode ini tersedia di berbagai platform iklan digital seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google Ads.

Alat Pembuatan Lookalike Audience

Setiap platform iklan digital memiliki alat pembuatan metode ini yang mudah di gunakan dan dapat membantu pengguna untuk membuat Lookalike Audience dengan cepat dan mudah.

Solusi terbaik yang bisa Kami berikan, cobalah untuk menggunakan Marketplace Enabler, ada 3 Layanan Unggulan Kami: 

  • Optimasi Toko dan Campaign
  • Tingkatkan kenyamanan customer dengan CS dan Admin Toko
  • Dapatkan performa iklan terbaik

Mari daftar sekarang juga ke layanan Marketplace Enabler, nikmati keuntungannya dan siap-siap omzet jualan teman-teman meningkat!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya