Tips Manage Instagram Ads Untuk Hasil yang Optimal

manage instagram ads

Ingin hasil optimal dari instagram Ads? Simak artikel ini yang akan memberikan anda tips manage Instagram Ads untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan media sosial Instagram yang memiliki banyak pengguna aktif di Indonesia. Anda dapat memanfaatkan peluang ini sebagai strategi pemasaran, bahkan dapat menjangkau pasar sampai ke seluruh dunia.

Pasti anda ingin mendapatkan hasil terbaik dalam menjalankan Instagram Ads bukan? 

Jika anda sedang belajar menggunakan Instagram Ads, melalui artikel ini anda akan mendapatkan informasi menarik mengenai tips manage instagram Ads.

Anda akan lebih dekat dalam mensukseskan bisnis dengan peluang terbaik. Jadi simak sampai tuntas ya!

Mengenal Instagram Ads dan Tujuannya

manage instagram ads
Sumber: pexels.com

Sebelum membahas mengenai tips nya, pastikan anda sudah memahami benar mengenai Instagram Ads. 

Instagram Ads adalah fitur atau layanan yang dikelola oleh Instagram untuk mengiklankan produk atau layanan anda ke target audiens. Layanan ini dapat berupa feed maupun story yang dapat anda tautkan link langsung ke akun Brand anda, URL situs bisnis, atau fitur Direct Message Instagram.

Perbedaan dengan konten biasa yang anda buat adalah adanya keterangan “sponsored” atau “Ads”. Karena Instagram masih satu kepemilikan dengan Meta (sebelumnya Facebook), maka anda dapat mengelola Instagram Ads melalui Meta Ads Manager.

Tujuan penggunaan Instagram Ads sebagai salah satu strategi pemasaran yaitu anda dapat menjangkau audiens lebih luas dan tertarget. Melalui layanan ini anda dapat meningkatkan brand exposure, traffic website, juga mengumpulkan leads baru.

Everpro

Jadi penting untuk anda dapat mengelola instagram Ads agar memiliki hasil yang maksimal. Berikut kami berikan tips manage instagram ads untuk hasil yang optimal.

Tips Manage Instagram Ads 

manage instagram ads
Sumber: pexels.com

Instagram berhasil menghubungkan brand dengan para konsumen melalui unggahan konten baik foto maupun video yang menarik bagi target audiens. Setelah anda memahami benar apa itu instagram dan fungsinya anda dapat menjalankan instagram ads untuk memasarkan produk anda.

Berikut penjelasan mengenai tips manage instagram Ads yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

1. Mengatur Jenis Akun Instagram di Halaman Meta Business

Untuk dapat menjalankan layanan instagram ads, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengubah akun instagram dari pribadi ke Instagram Business atau Instagram Creator. Karena, anda tidak akan bisa memposting iklan secara langsung dari akun Instagram biasa atau pribadi.

Anda dapat mengunjungi halaman Meta Ads Manager untuk Instagram Ads, jika belum memiliki akun Instagram Business. Lalu tekan tombol bertuliskan “Create an Ad”.

Selanjutnya anda dapat mengikuti langkah-langkah pengisian data akun Meta Ads Manager sampai beres.

2. Menentukan Tujuan Iklan

Setelah berhasil mengubah jenis akun instagram menjadi bisnis, selanjutnya anda menetapkan tujuan dari iklan yang akan anda buat. Boost Post atau iklan Instagram ads terbagi dalam beberapa pilihan.

Anda dapat memilih tujuan iklan seperti: menghasilkan leads (leads generation), mendapatkan lebih banyak traffic, keterlibatan (engagement audience), pemasangan aplikasi, lebih banyak views, brand awareness, dan penjualan.

Nantinya pengguna akan diarahkan ke halaman profil instagram, website, pesan instagram, serta etalase bisnis anda. Misalnya, jika tujuan anda ingin meningkatkan brand awareness maka sebaiknya iklan tersebut akan diarahkan ke profil instagram anda. Sehingga pengguna akan melihat lebih banyak konten yang anda sediakan.

3. Meminimalisir Kata di Konten Anda

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan meminimalisir kata dalam konten yang anda buat. Ketika anda mengajukan konten untuk diiklankan, sistem instagram akan membaca setiap kata dari konten tersebut.

Bukan tidak mungkin, konten tidak mendapat persetujuan karena memiliki jumlah kata yang melebihi standar yang sudah ditetapkan. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menerapkan copywriting yang baik.

Anda dapat menggunakan kata-kata sederhana namun mudah dimengerti.

4. Memberi Nama Ad Campaign

Selanjutnya anda harus menentukan nama promosi iklan anda. Berikan nama iklan instagram anda dengan satu atau beberapa kata yang paling sesuai dan menggambarkan tujuan anda.

Dengan cara ini dapat membantu anda dalam menjaga promosi bisnis sesuai dengan tujuan yang anda inginkan dan dapat melacaknya secara efisien.

5. Memilih Target Audiens Instagram Ads

Tips berikutnya yaitu anda harus menetapkan target audiens, karena bagian ini adalah hal yang penting dalam manage instagram ads anda.

Dengan menetapkan parameter atau kriteria target audiens yang jelas, dapat memberi peluang lebih besar dalam keberhasilan iklan anda. Salah satu tools Instagram Ads ini merupakan yang paling ampuh yang anda miliki untuk menjalankan iklan.

Anda dapat mempertimbangkan kriteria berdasarkan usia, lokasi, jenis kelamin, demografi, minat (interest), pendapatan, perilaku, bahasa, koneksi, dan pola browsing dalam menyiapkan targeting anda.

Hal yang perlu anda ingat adalah semakin lengkap dan jelas kriteria yang anda pilih, semakin besar peluang iklan akan tayang ke calon konsumen potensial.

6. Menentukan Anggaran

Dalam manage instagram ads, menentukan anggaran menjadi langkah penting lainnya yang harus anda perhatikan. Karena tahap ini yang akan menentukan berapa lama iklan akan berjalan atau tayang.

Anda harus menyiapkan anggaran berdasarkan tujuan dari iklan tersebut. Sebelum memilih jenis anggaran, pertimbangkan kebutuhan dan jenis campaign iklan anda. Jenis anggarannya ada dua, yaitu: anggaran harian dan anggaran seumur hidup (lifetime).

Tips yang bisa anda lakukan yaitu jika iklan tersebut bertujuan untuk meningkatkan traffic, maka anda dapat memilih anggaran harian.

Tapi, jika tujuan dari iklan yang anda buat adalah untuk konversi (conversion), anda dapat memilih anggaran seumur hidup atau lifetime dan anggaran bulanan sebagai pilihan terbaik.

Pada anggaran bulanan, iklan anda akan tayang berdasarkan jumlah yang diberikan. Lain hal nya dengan anggaran seumur hidup, anda memiliki pilihan untuk menjadwalkan iklan Instagram setiap hari, mingguan, bahkan bulanan.

7. Memilih Format Iklan yang Akan Di Upload

Anda dapat menentukan format iklan instagram anda. Terdapat beberapa pilihan seperti: Carousel Ad, Image Ad, Video Ad, Story Ad, Collection Ad, dan Explore Ad.

Sesuaikan format iklan dengan tujuan dan target audiens anda. Dengan begitu iklan yang ditayangkan akan lebih relevan dan menarik.

8. Mengoptimasi Menggunakan Meta Ads Manager

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Instagram merupakan bagian dari Facebook atau sekarang lebih dikenal dengan Meta. Ketika anda sudah selesai upload iklan, jangan berhenti sampai situ.

Anda dapat memantau performa iklan melalui Meta Ads Manager. Dengan memantau hasil dari iklan yang dipasang akan membantu anda dalam mengoptimasinya. Selain itu, anda juga dapat menyaring strategi serta menghemat biaya iklan yang diperlukan kedepannya.

Demikian tips manage instagram ads yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan hasil iklan anda. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Jangan berhenti disini, temukan artikel menarik lainnya hanya di Everpro!

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?