everpro

Inilah Top 10 Marketplace Indonesia Terfavorit untuk Belanja

Marketplace Indonesia

Marketplace Indonesia – Di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang, orang-orang sudah tidak perlu lagi keluar rumah untuk belanja apapun yang mereka inginkan. Karena sudah banyak marketplace Indonesia yang bisa diandalkan.

Namun apakah Anda tahu ada berapa banyak marketplace Indonesia dan ada 10 online shop yang paling banyak dikunjungi orang?

Nah, artikel ini akan memberikan informasi 10 marketplace Indonesia yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Berikut artikelnya untuk Anda.

Inilah Top 10 Marketplace Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi

Berikut adalah 10 besar marketplace Indonesia yang menjadi tempat belanja online favorit masyarakat Indonesia.

1. Marketplace Indonesia Tokopedia

Marketplace Indonesia
Sumber: google.com/bersosial

Marketplace yang paling banyak dikunjungi adalah Tokopedia, hal ini seperti yang dijelaskan oleh survei ecommercelQ.

Berdasarkan jumlah pengunjung per bulannya pada kuartal pertama 2021, Tokopedia saat ini menjadi marketplace nomor satu di Indonesia yakni sebesar 135 juta.

Salah satu alasan banyak konsumen memilih Tokopedia adalah karena beragamnya pilihan produk yang tersedia.

Di Tokopedia sendiri, kategori produk yang paling banyak dicari adalah produk elektronik, diikuti dengan fashion dan bahan makanan.

Everpro

Dari sisi penjual, jumlah merchant di Tokopedia sendiri didominasi oleh UMKM.

Untuk mendukung merchant yang berjualan di marketplace, Tokopedia memiliki beberapa fitur yakni fitur promosi, broadcast chat, statistik toko, hingga keuangan dimana pebisnis bisa meminjam modal untuk mengembangkan usahanya.

2. Shopee

Marketplace Indonesia
Sumber: google.com/bersosial

Online shop yang sering dikunjungi dan menjadi tempat favorit untuk belanja online yang kedua adalah Shopee.

Pertama kali berdiri di Singapura, Shopee menjadi marketplace kedua dengan pengunjung terbanyak yaitu sebanyak 127 juta.

Survei menunjukkan, alasan utama banyak konsumen memilih Shopee adalah karena harga produknya yang terjangkau.

Kategori produk yang paling populer di Shopee di antaranya, kecantikan, peralatan rumah tangga, dan fashion, khususnya fashion muslim.

Beberapa fitur yang dapat digunakan pebisnis yang berjualan di marketplace Shopee di antaranya ShopeeLIVE, asisten penjual, chatbot, dan banyak lagi.

3. Marketplace Indonesia Bukalapak

Marketp;ace Indonesia
Sumber: google.com/bersosial

Marketplace online ketiga yang paling banyak dikunjungi adalah Bukalapak dengan jumlah 34 juta.

Berdiri pada 2010, awalnya Bukalapak ditujukan sebagai lapak online bagi pelaku UMKM. Kini Bukalapak memiliki sekitar 6 juta merchant yang menjual berbagai macam produk.

Serupa dengan Tokopedia dan Shopee, alasan konsumen berbelanja di Bukalapak adalah harganya yang murah dan pilihan produk yang beragam.

Kategori produk yang paling banyak dicari di Bukalapak di antaranya produk elektronik, fashion, dan hobi & gaya hidup.

Beberapa fitur Bukalapak yang dapat digunakan pebisnis yang berjualan di e-commerce di antaranya inventaris barang, pantau saingan, dan sebagainya.

4. Lazada

Marketplace Indonesia
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya di posisi keempat adalah Lazada, marketplace online yang dimiliki oleh Alibaba Group memiliki jumlah pengunjung sebanyak 30 juta per bulannya.

Berdasarkan survei konsumen, alasan utama mereka memilih Lazada sebagai platform untuk berbelanja online adalah reputasi yang baik dan harga yang terjangkau.

Kategori produk yang paling banyak dicari di Lazada di antaranya produk elektronik dan fashion.

Walaupun dari jumlah pengunjung Lazada berada di posisi keempat, uniknya Lazada memiliki jumlah pengikut Facebook yang paling banyak dibandingkan marketplace lainnya yakni sebanyak 31 juta.

5. Marketplace Indonesia BliBli

Blibli
Sumber: google.com/bersosial

Pada posisi kelima adalah marketplace milik Djarum Group, Blibli. Per bulannya, Blibli memiliki 19 juta pengunjung.

Banyak konsumen Blibli mengatakan alasan mereka memilih Blibli adalah karena reputasinya yang baik dan produknya yang otentik.

Kategori produk yang paling banyak dicari di Blibli serupa dengan marketplace lainnya, yakni produk elektronik, fashion, dan bahan makanan.

Berdasarkan data Blibli, jumlah mitranya kini mencapai 16 ribu toko yang tersebar di lebih dari 300 kota.

6. Bhinneka

Bhinneka
Sumber: google.com/bersosial

Bhinneka menjadi marketplace keenam dengan pengunjung terbanyak yaitu 6 juta pengguna.

Hadir sebagai toko online pada tahun 1999, awalnya Bhinneka hanya menjual produk elektronik.

Namun sekarang Bhinneka memiliki banyak merchant yang menjual berbagai macam produk mulai dari otomotif, keperluan industri, dan lain-lain.

Selain itu, Bhinneka juga kini memperkuat posisinya sebagai marketplace yang dapat membantu memenuhi kebutuhan bisnis (B2B) dan kerjasama dengan pemerintah (B2G).

7. Marketplace Indonesia Orami

Orami
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya ada marketplace parenting, Orami dengan total pengunjung 5,3 juta per bulan.

Sedikit berbeda dengan marketplace lainnya, Orami memiliki target segmentasi orang tua dan ibu hamil. Selain itu, Orami juga menerapkan model bisnis inventory.

Berbeda dengan marketplace pada umumnya, model bisnis inventori mengambil barang dari brand dan penjual kemudian menjualnya. 

Artinya, penjualan dilakukan secara langsung oleh marketplace.

Beberapa kategori produk yang dijual Orami adalah produk untuk ibu hamil dan menyusui, perabotan kamar bayi, perawatan bayi & anak, mainan, dan lainnya.

8. Ralali

Ralali
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian adalah Ralali. Marketplace B2B lainnya yang juga masuk dalam top 10 marketplace adalah Ralali dengan total pengunjung per bulan sebanyak 4,4 juta.

Beberapa kategori produk yang tersedia di Ralali di antaranya adalah keperluan Horeca, bahan bangunan, peralatan kantor, dan banyak lagi.

Beberapa layanan yang tersedia bagi pebisnis yang berjualan di e-commerce Ralali di antaranya fitur permintaan harga, bantuan permodalan, layanan logistik, penghubung brand & distributor, dan sebagainya.

9. Marketplace Indonesia JD.ID

JD ID
Sumber: google.com/bersosial

Pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015, JD.ID memiliki jumlah pengunjung 4 juta per bulannya, menempati posisi ke-9.

Berdasarkan survei, alasan utama konsumen memilih JD.ID sebagai platform untuk berbelanja adalah karena barangnya yang otentik dan adanya gratis pengiriman.

Dari kategori produknya, bahan makanan dan produk elektronik menjadi produk yang paling banyak dibeli di JD.ID.

10. Zalora

Zalora
Sumber: google.com/bersosial

Dan posisi 10 marketplace Indonesia yang paling sering dikunjungi yaitu Zalora.

Zalora merupakan marketplace fashion dan kecantikan Zalora dengan jumlah pengunjung 2 juta per bulan.

Serupa dengan Orami, Zalora memiliki model bisnis inventory.

Pertama kali berdiri di Indonesia pada tahun 2012, Zalora menyediakan beragam produk dari lebih dari 500 brand baik lokal maupun internasional.

Selain produk fashion dan kecantikan, Zalora kini juga menjual produk-produk peralatan rumah tangga dan gaya hidup.

Itulah top 10 marketplace Indonesia yang paling banyak dikunjungi, marketplace mana yang paling Anda kunjungi?

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?