everpro

Marketplace Management Untuk Bisnis Online, Harus Diterapin Nih!

Apakah kamu seorang pelaku bisnis online yang ingin meningkatkan penjualan produk kamu di berbagai marketplace online? Jika ya, maka kamu perlu mengetahui apa itu marketplace management dan bagaimana cara melakukannya dengan sukses.

Simak informasi selengkapnya sampai habis ya!

Apa yang Dimaksud dengan Marketplace Management?

marketplace management
Sumber: unsplash.com

Marketplace management adalah proses mengelola penjualan produk kamu di berbagai marketplace online, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, JD.ID, dan lain-lain. 

Melalui proses marketplace management memungkinkan kamu untuk meningkatkan omset kamu dengan lebih mudah dan cepat dengan mengelola semua akun marketplace kamu dari satu platform.

Marketplace management adalah salah satu strategi yang penting untuk dilakukan oleh pelaku bisnis online di Indonesia, mengingat pasar e-commerce di Indonesia terus berkembang dengan pesat.

Menurut data e-Conomy SEA 2020 dari Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai pasar e-commerce di Indonesia mencapai US$ 32 miliar pada tahun 2020 dan diprediksi akan tumbuh menjadi US$ 83 miliar pada tahun 2025.

Tantangan Bagi Bisnis di Marketplace Online

marketplace management
Sumber: unsplash.com

Meskipun diprediksi akan terus berkemang pesat, bisnis online di marketplace bukan suatu perkara yang mudah, lho. Karena menjual produk di berbagai marketplace online juga memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri, seperti:

  • Kontrol Inventori yang Buruk

Kontrol inventori yang buruk dapat menyebabkan overstocking, overselling, atau stockout yang dapat merugikan bisnis kamu. 

Kontrol inventori menjadi semakin sulit ketika kamu menjual produk di banyak marketplace online yang memiliki sistem dan persyaratan yang berbeda-beda.

  • Pekerjaan yang Berulang 

Ketika kamu memiliki satu produk yang terdaftar di banyak marketplace online, kamu mungkin akan melakukan proses menginput data yang sama berulang-ulang. 

Hal ini dilakukan ketika kamu ingin membuat perubahan kecil atau membuat listing baru. Hal ini tidak hanya menyebabkan kelelahan, tetapi juga meningkatkan risiko kesalahan manusia.

  • Listing dan Ranking yang Kurang Optimal

Setiap marketplace online memiliki cara sendiri untuk mengkategorikan, mengorganisir, dan menentukan ranking produk yang terdaftar untuk dijual. 

Banyak penjual online yang hanya fokus pada memahami aturan main untuk saluran penjualan utama mereka (biasanya Tokopedia atau Shopee) dan mengabaikan untuk mempelajari aturan main untuk saluran penjualan lainnya.

Hal ini akan berdampak kepada kehilangan peluang untuk meningkatkan penjualan pada bisnis mereka pada marketplace tersebut.

  • Peramalan Permintaan yang Sulit

Ketika kamu menjual produk di berbagai situs online, kamu perlu memiliki inventori yang cukup untuk memenuhi semua pesanan.

Namun, memprediksi berapa banyak penjualan yang akan kamu buat adalah hal yang sulit, dan kamu harus memperhitungkan waktu pengiriman yang bervariasi, biaya produksi, dan biaya penyimpanan.

  • Manajemen Perubahan yang Tidak Efisien

E-commerce adalah industri yang dinamis dan selalu berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan selera konsumen. Demikian pula, marketplace online terus memperbarui algoritma dan persyaratan listing mereka untuk meningkatkan pengalaman belanja di situs mereka.

Banyak penjual online saat ini tidak memiliki solusi yang efisien dan scalable untuk hal ini, dan bisnis mereka terganggu ketika ada perubahan mendadak dari salah satu saluran penjualan mereka.

Lalu, bagaimana cara mengatasi tantangan-tantangan tersebut dan melakukan marketplace management dengan sukses? Berikut informasi dan ulasannya!

Strategi Marketplace Management yang Efektif

 

marketplace management
Sumber: unsplash.com

Berikut adalah beberapa strategi marketplace management yang bisa kamu lakukan untuk menyederhanakan pekerjaan kamu, bahkan ketika kamu menambahkan saluran penjualan baru.

Sentralisasi Katalog Produk

Cara termudah untuk mengelola listing multichannel kamu adalah dengan memiliki data produk kamu berada di satu tempat. Dengan begitu, kamu tidak perlu menginput data produk secara manual ke setiap marketplace online yang kamu gunakan. 

Kamu juga bisa memastikan bahwa data produk kamu selalu akurat dan konsisten di semua saluran penjualan kamu. 

Untuk melakukan hal ini, kamu bisa menggunakan software marketplace management yang membantu kamu mengintegrasikan data produk kamu ke berbagai marketplace online dengan mudah dan cepat.

 Software marketplace management biasanya memiliki fitur-fitur seperti:

  • Product Data Management

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengelola data produk kamu secara terpusat, seperti nama produk, harga, deskripsi, gambar, kategori, atribut, dan lain-lain. Kamu juga bisa menambahkan, mengedit, atau menghapus data produk kamu dengan mudah.

  • Product Feed Optimization 

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan data produk kamu sesuai dengan persyaratan dan standar masing-masing marketplace online. 

Kamu juga bisa membuat aturan pintar dan otomatisasi untuk menyesuaikan data produk kamu secara dinamis berdasarkan kondisi tertentu.

  • Product Listing Management

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengelola listing produk kamu di berbagai marketplace online dari satu dashboard. Kamu juga bisa melihat status, performa, dan masalah listing produk kamu secara real-time.

  • Product Inventory Management

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengelola inventori produk kamu di berbagai marketplace online secara sinkron. Kamu juga bisa melihat stok, pesanan, dan pengiriman produk kamu secara real-time.

Optimalkan Listing dan Ranking Produk Kamu

Setelah kamu berhasil menyesuaikan katalog produk kamu, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan listing dan ranking produk kamu di setiap marketplace online yang kamu gunakan.

Hal ini penting untuk meningkatkan visibilitas dan konversi produk kamu di antara jutaan produk lain yang bersaing di pasar online.

Untuk melakukan hal ini, kamu perlu memahami cara kerja algoritma masing-masing marketplace online dalam menentukan listing dan ranking produk. Setiap marketplace online memiliki faktor-faktor yang berbeda yang mempengaruhi listing dan ranking produk, seperti:

Kualitas Data Produk 

Kualitas data produk adalah seberapa lengkap, akurat, relevan, dan informatif data produk kamu. Data produk yang berkualitas akan membantu konsumen menemukan dan memilih produk kamu dengan mudah. 

Beberapa contoh data produk yang berkualitas adalah:

  • Nama produk yang jelas dan deskriptif
  • Harga produk yang kompetitif dan transparan
  • Deskripsi produk yang detail dan menarik
  • Gambar produk yang berkualitas tinggi dan menunjukkan fitur-fitur produk
  • Kategori produk yang sesuai dengan klasifikasi marketplace online
  • Atribut produk yang spesifik dan relevan dengan produk
  • Variasi produk yang mencakup warna, ukuran, model, dan lain-lain

Performa Penjualan

Performa penjualan adalah seberapa baik penjualan produk kamu di marketplace online. Dengan performa penjualan yang baik akan meningkatkan reputasi dan ranking produk kamu di mata konsumen dan algoritma marketplace online. 

Beberapa contoh performa penjualan yang baik adalah:

  • Volume penjualan yang tinggi
  • Rating dan ulasan positif dari konsumen
  • Respon cepat dan ramah terhadap pertanyaan atau keluhan konsumen
  • Pengiriman cepat dan tepat waktu
  • Pengembalian atau pembatalan pesanan yang rendah

Promosi dan Iklan 

Promosi dan iklan adalah cara untuk meningkatkan eksposur dan trafik ke listing produk kamu di marketplace online. Dengan melakukan promosi dan iklan bisa membantu kamu menjangkau konsumen yang potensial dan meningkatkan penjualan produk kamu. 

Beberapa contoh promosi dan iklan yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Memberikan diskon, kupon, atau cashback untuk produk kamu
  • Mengikuti program atau kampanye khusus dari marketplace online
  • Membayar biaya tambahan untuk menampilkan listing produk kamu di posisi teratas atau terpilih
  • Menggunakan fitur atau layanan tambahan dari marketplace online untuk meningkatkan listing atau ranking produk kamu

Kendalikan Harga Produk Kamu

Everpro
Sumber: unsplash.com

Harga adalah salah satu faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di marketplace online. Oleh karena itu, kamu perlu mengendalikan harga produk kamu dengan baik agar tetap kompetitif dan menguntungkan.

Untuk melakukan hal ini, kamu perlu memperhitungkan biaya-biaya yang terkait dengan menjual produk di marketplace online, seperti:

  • Biaya produksi atau pembelian produk
  • Biaya penyimpanan atau gudang
  • Biaya pengemasan atau kemasan
  • Biaya pengiriman atau
  • Biaya pengiriman atau ongkos kirim
  • Biaya komisi atau fee marketplace
  • Biaya promosi atau iklan

Setelah kamu mengetahui biaya-biaya tersebut, kamu bisa menentukan harga jual produk kamu dengan mempertimbangkan margin keuntungan yang kamu inginkan. Kamu juga bisa melakukan riset pasar untuk mengetahui harga produk sejenis yang ditawarkan oleh pesaing kamu di berbagai marketplace online.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan software marketplace management yang membantu kamu mengelola harga produk kamu secara dinamis dan otomatis.

Software marketplace management biasanya memiliki fitur-fitur seperti:

  • Dynamic Pricing

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan harga produk kamu secara otomatis berdasarkan kondisi pasar, permintaan, persediaan, dan strategi bisnis kamu.

Kamu juga bisa membuat aturan pintar dan otomatisasi untuk mengubah harga produk kamu secara real-time.

  • Price Comparison

Fitur ini memungkinkan kamu untuk membandingkan harga produk kamu dengan harga produk sejenis yang ditawarkan oleh pesaing kamu di berbagai marketplace online. 

Kamu juga bisa melihat analisis dan rekomendasi untuk meningkatkan harga produk kamu agar lebih kompetitif dan menguntungkan.

Tingkatkan Layanan Pelanggan Kamu

Everpro
Sumber: unsplash.com

Layanan pelanggan adalah salah satu faktor yang paling mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen di marketplace online. 

Oleh karena itu, kamu perlu meningkatkan layanan pelanggan kamu dengan baik agar konsumen merasa nyaman dan senang bertransaksi dengan kamu.

Untuk melakukan hal ini, kamu perlu melakukan hal-hal berikut:

  • Respon pertanyaan atau keluhan konsumen dengan cepat dan ramah
  • Berikan informasi yang jelas dan akurat tentang produk, harga, pengiriman, dan kebijakan pengembalian
  • Tawarkan solusi yang memuaskan jika ada masalah atau kesalahan dalam pengiriman atau produk
  • Mintalah rating dan ulasan positif dari konsumen setelah mereka menerima produk
  • Berikan apresiasi atau reward kepada konsumen yang loyal atau melakukan pembelian ulang

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan software marketplace management yang membantu kamu mengelola layanan pelanggan kamu secara efisien dan efektif.

Software marketplace management biasanya memiliki fitur-fitur seperti:

  • Customer Service Management

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengelola semua komunikasi dengan konsumen dari berbagai marketplace online di satu dashboard. 

Kamu juga bisa membuat template pesan, balasan otomatis, atau chatbot untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen.

  • Order Management

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengelola semua pesanan dari berbagai marketplace online di satu dashboard. Kamu juga bisa melihat status, detail, dan histori pesanan secara real-time.

  • Return and Refund Management

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengelola semua permintaan pengembalian atau pengembalian dana dari berbagai marketplace online di satu dashboard. 

Kamu juga bisa melihat alasan, proses, dan hasil pengembalian atau pengembalian dana secara real-time.

Lakukan Integrasi dengan Marketplace Global

Integrasi dengan marketplace global adalah salah satu strategi marketplace management yang bisa membantu kamu meningkatkan penjualan produk kamu secara signifikan.

Dengan menjual produk kamu di marketplace global, seperti Amazon, eBay, Alibaba, Rakuten, dan lain-lain, kamu bisa menjangkau konsumen dari berbagai negara dan wilayah di dunia.

Kamu ingin menerapkan marketplace management tapi bingung dari mana? Terus kamu khawatir akan kewalahan terapinnya? Tenang karena ada Everpro Marketplace Enabler yang bisa bantuin kamu!

Benefit Everpro Marketplace

  • Optimasi Toko
  • Toko Gampang Dicari Pembeli
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Jasa CS yang Gercep dan Tuntas
  • Performa Iklan Terbaik
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Ayo daftar sekarang dan bikin bisnis online kamu makin berkembang lagi!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya