everpro

Apa Itu Mitra Shopee Express? Penjelasan Lengkap, Disini!

mitra

Anda tengah mencari informasi seputar Mitra Shopee Express? Yuk, langsung simak penjelasan lengkap dan ringkas melalui artikel terbaru Everpro hingga tuntas.

Tentu saja semua kalangan masyarakat sudah mengenal salah satu platform belanja online terbaik di Indonesia yang memiliki ciri khas warna orange dengan huruf “S”.

Keuntungan bagi Anda untuk menjadi mitra dari jasa ekspedisi ini yaitu mendapatkan kesempatan untuk meraih penghasilan dari kurir lepas (part time) dan kurir tetap.

Sementara itu, beragam benefit lainnya akan Anda dapatkan jika sudah mendaftar dan tentu saja wajib memenuhi semua persyaratan serta mengikuti tahap interview.

Apa Itu Mitra Shopee Express?

mitra shopee express
Sumber: shopee.co.id

Sebuah penyebutan bagi kurir paket dari Shopee Express yang telah melakukan pendaftaran sampai memenuhi persyaratan untuk menjadi mitra pengemudi.

Shopee melakukan berbagai terobosan terbaru dan salah satunya melebarkan sayap pada bisnis penyedia jasa ekspedisi yakni kurir atau orang yang mengantar paket.

Data dari SimiliarWeb menunjukkan bahwa marketplace terbesar kedua di Indonesia ini, semakin meningkat dari segi jumlah pengguna 190,7 juta pada bulan Agustus 2022.

Bahkan pada kuartal I tahun 2022, pendapatan perusahaan mencapai USD 1,5 miliar. Sehingga memiliki peluang besar meraih keuntungan bagi para mitra tersebut.

Berapa Upah Mitra Shopee Express?

mitra shopee express
Sumber: google.com

Gaji Mitra Shopee Express menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati untuk beberapa orang yang ingin bekerja sama dengan perusahaan Shopee Indonesia.

Everpro

Berdasarkan penyampaian langsung dari Executive Director yakni Handhika Jahja mengatakan nilai insentif yang diperoleh cukup kompetitif daripada jasa logistik lain.

Melansir dari berita kompas.com bahwa saat ini tarif per paket mengalami penurunan sebanyak 4 (empat) kali dalam setahun di berbagai area seperti kawasan Jakarta.

Dahulu tarif per paket sebesar Rp5.000 lalu turun menjadi menjadi 3.500 dan berubah pada nilai Rp2.000 dengan perubahan sistem insentif menjadi jaminan pendapatan.

Perhitungan Gaji Mitra Kurir

Misalkan, Anda sebagai kurir konsisten mampu mengirimkan barang sebanyak 80 paket per hari senilai Rp2.213 per paket, dengan waktu kerja 24 hari per bulan maka besaran gaji tersebut:

  • 80 paket x Rp2.213 = Rp177.040 per hari
  • Rp 117.040 x 24 hari = Rp2.808.960 per bulan

Apakah Mitra Shopee Express Berbayar?

mitra shopee express
Sumber: shopee.co.id

Informasi yang tercantum pada website resmi Shopee, menyatakan bahwa pihak tersebut sama sekali tidak memungut biaya pendaftaran apapun bagi para pengguna.

Hal yang harus Anda perhatikan yakni persiapkan verifikasi identitas menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli untuk melakukan proses pendaftaran secara gratis.

Jika Anda tertarik menjadi Mitra Shopee Ekspres, maka ketahui terlebih dahulu mengenai sistem kerjanya untuk meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan.

Baca juga: Raih Gaji Diatas UMR dengan Daftar Shopee Express, Ini Caranya!

Sistem Kerja Mitra Kurir

mitra shopee express
Sumber: shopee.co.id

Layanan standar atau reguler menjangkau 23 provinsi di seluruh wilayah Indonesia dan layanan sameday hanya untuk 3 provinsi yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Informasi penting selanjutnya yaitu berat maksimal pengiriman barang dengan menggunakan armada roda dua atau roda empat tidak boleh lebih dari 50 kg.

  1. Melakukan absensi dan mengambil dokumen pengiriman paket
  2. Menyusun paket di kendaraan pribadi dan mengirim paket ke lokasi tujuan
  3. Maksimal barang masuk dan kurir mengambilnya pukul 01.00 siang di hari yang sama
  4. Jika melebihi batas waktu, maka proses pengiriman paket lanjut esok hari

Bagaimana Cara Mendaftar Mitra Shopee Express?

mitra shopee express
Sumber: shopee.co.id

Sebenarnya cara mendaftar amatlah mudah cukup menggunakan handphone dengan mencari informasi lamaran sebagai mitra kurir melalui website resmi Shopee.

Apabila tersedia, Anda bisa langsung mengajukan surat lamaran dan memenuhi persyaratan kepada pihak perekrut, lalu tunggu informasi untuk panggilan interview.

Selain itu, pastikan handphone Anda selalu aktif data seluler supaya tidak ketinggalan informasi. Lalu setelah melakukan interview, tunggu kembali informasi kelulusan.

Baca juga: 4 Cara Menemukan Shopee Express Terdekat di HP

Syarat dan Ketentuan Kurir Mitra

mitra shopee express
Sumber: shopee.co.id
  • Laki-Laki berusia 18 tahun sampai 35 tahun
  • Pendidikan terakhir SMA/SMK/Sederajat
  • Memiliki kendaraan motor pribadi dan Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Mempunyai handphone dan mampu berkomunikasi dengan baik
  • Memahami rute perjalanan dan sehat jasmani serta rohani

Bagaimana Cara Menarik Saldo Mitra Shopee Express?

Perhatikan estimasi waktu penarikan dana pada bank BCA, BNI, Mandiri, dan SeaBank. Dengan memiliki maksimal penarikan dana 1×24 jam (termasuk hari libur).

Lalu batas minimal penarikan dana adalah Rp50.000 dan maksimal penarikan yakni sebesar Rp3.000.000 untuk 1 (satu) kali penarikan. Jangan melebihi batas maksimal.

Sebagai informasi tambahan bahwa dana akan masuk ke rekening mitra kurir sesuai dengan penetapan estimasi waktu dan pastikan bank Anda terdaftar.

Terakhir, apabila dana belum juga Anda terima melebihi batas estimasi waktu. Silahkan hubungi customer service secara live chat di aplikasi resmi yang sudah tersedia.

mitra shopee express
Sumber: everpro.id
  1. Masuk ke aplikasi Mitra Pengemudi Shopee
  2. Lalu pilih menu Profil di pojok kiri atas
  3. Setelah itu, pilih menu Dompet Saya dan klik Tarif Saldo
  4. Selanjutnya, masukkan nominal saldo dan pilih Tarik Saldo

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?