everpro

NPP Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Memilikinya

npp

NPP adalah Nomor Pendaftaran Perusahaan, lalu apa manfaatnya bagi perusahaan? Simak artikel tentang NPP selengkapnya.

Perusahaan yang baik dan bertanggung jawab adalah yang memperhatikan kesejahteraan pegawai dari berbagai faktor. Ketika pegawai merasa sejahtera, akan berpengaruh pada produktivitasnya yang meningkat.

Mempunyai NPP merupakan suatu langkah untuk perusahaan memberikan perlindungan kepada karyawannya serta meningkatkan kesejahteraan mereka melalui program pemerintah yaitu BPJS.

Pemerintah telah mewajibkan semua perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya pada semua program BPJS. Program ini tidak hanya menguntungkan karyawan tetapi juga perusahaan.

Selain meningkatkan perlindungan karyawan selama bekerja, perusahaan jadi tidak perlu lagi membuat program khusus, karena BPJS mencakup hampir semua jaminan sosial.

Ingin tahu lebih lanjut manfaat dan cara memperolehnya? Baca ulasan ini sampai selesai ya!

Baca juga: Trial Balance Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

NPP Adalah?

npp adalah
Sumber: google.com

NPP adalah singkatan dari Nomor Pendaftaran Perusahaan yang perusahaan butuhkan untuk mendaftarkan karyawan ke program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), serta memfasilitasi pembayaran premi asuransi setiap bulan.

Nomor Pendaftaran Perusahaan merupakan kewajiban yang perlu perusahaan berikan kepada pegawai, ada sanksi terhadap pemilik usaha jika tidak mendaftarkan pegawainya. Beberapa bentuk tegurannya yaitu teguran secara tertulis, denda, hingga tidak memperoleh pelayanan publik tertentu.

Everpro

Karyawan merupakan aset perusahaan yang perlu diperhatikan. Tak hanya memberi gaji, perusahaan juga perlu memperhatikan kesejahteraan melalui berbagai program jaminan sosial.

Beberapa program dari BPJS untuk pekerja antara lain jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan lainnya. Jadi perusahaan tidak perlu lagi membuat program perlindungan karyawan, karena bisa dengan lebih mudah mendaftarkannya melalui BPJS.

Dengan mendaftarkan karyawan ke semua program BPJS, maka mereka mendapatkan jaminan sosial kesejahteraan selama bekerja. Jika karyawan merasa sejahtera tentu akan berpengaruh pada meningkatnya produktivitas pekerjaan.

Apa Manfaat Nomor Pendaftaran Perusahaan?

npp
Sumber: google.com

Nomor Pendaftaran Perusahaan akan digunakan untuk mendaftar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, juga sebagai salah satu syarat untuk membayar iuran bulanan BPJS.

Adapun manfaat dari memiliki NPP untuk mendaftarkan karyawan ke program BPJS adalah sebagai berikut:

  • Memberikan Kesejahteraan Karyawan

Pengusaha perlu memikirkan kesejahteraan karyawannya, karena perlindungan karyawan akan lebih terjamin selama bekerja di perusahaan. 

Memiliki NPP penting untuk anda perhatikan, agar anda tidak dinilai sebagai pengusaha yang tidak bertanggung jawab.

Perusahaan yang sudah memiliki NPP wajib mendaftarkan karyawannya ke BPJS untuk memperoleh semua hak jaminan dari program BPJS Ketenagakerjaan. 

Berkat perlindungan dari program ini, karyawan bisa merasa lebih tenang dan nyaman saat bekerja.

  • NPP Memudahkan Pengelolaan Layanan BPJS oleh Perusahaan

Selain itu NPP bermanfaat untuk menggunakan layanan BPJS tambahan yaitu BPJS Online. Layanan ini dapat memudahkan pengelolaan saldo BPJS bagi perusahaan dan karyawan.

Selanjutnya karyawan dapat mengecek saldo BPJS secara berkala tanpa perlu menunggu laporan saldo perusahaan.

Bagaimana Cara Mendapatkan NPP?

npp
Sumber: google.com

Setelah memahami pengertian serta manfaat NPP bagi perusahaan, selanjutnya anda perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkannya.

Untuk memiliki NPP anda bisa mendaftarkannya secara online. Berikut adalah tahapan untuk mendapatkan NPP dengan mudah:

  • Mengakses Portal Pendaftaran Badan Usaha

Tahap pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mengakses portal E-JAKON BPJS Ketenagakerjaan di https://ejakon.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.

Situs tersebut adalah portal resmi untuk mendaftarkan karyawan di BPJS Ketenagakerjaan yang bisa diakses oleh siapa saja.

  • Klik Menu Register Badan Usaha Baru

Tahap kedua adalah dengan memilih menu Register Badan Usaha Baru atau Daftar Perusahaan. Anda dapat menemukannya dengan mudah karena pilihan menu tersebut berbentuk tombol warna biru dengan tulisan tebal, sehingga mudah untuk ditemukan.

  • Memahami Syarat dan Ketentuan 

Setelah itu, halaman akan menampilkan syarat serta ketentuan pendaftaran. Baca dengan teliti dan pahami dengan baik agar tidak menimbulkan kekeliruan di kemudian hari.

Apabila anda telah membaca dan memahami seluruh syarat dan ketentuan, maka selanjutnya centang pada kota dibawahnya yang bertanda Saya Setuju.

Hal tersebut perlu anda lakukan untuk bisa melanjutkan ke proses selanjutnya, jadi pastikan anda telah memahami dengan baik.

  • Melengkapi Form Pendaftaran

Tahap selanjutnya dari proses pendaftaran ini adalah mengisi formulir yang berisi data badan usaha atau badan hukum dari perusahaan anda. 

Beberapa data yang harus anda isi meliputi alamat perusahaan, identitas penanggung jawab, jumlah karyawan, NPWP, serta nomor izin usaha.

Persiapkan dokumen data perusahaan agar proses pengisian data berlangsung cepat. Perhatikan juga kelengkapan data, pastikan anda telah mengisi dengan benar. Kemudian isi email untuk mendapatkan link aktivasi NPP.

Anda bisa mencantumkan alamat email penanggung jawab iuran BPJS, karena nantinya pihak BPJS akan mengirim informasi tagihan serta konfirmasi pembayaran melalui email agar lebih efektif dan efisien.

  • Isi Kode Captcha

Setelah anda memeriksa kembali dan memastikan bahwa semua informasi telah terisi dengan benar, anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu isi kode captcha.

Pada layar akan tampil kode captcha untuk submit pendaftaran, masukkan kode yang tampil tersebut. Jika sudah, selanjutnya klik Submit untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

  • Tunggu Notifikasi Melalui Email

Ketika anda telah submit, maka anda telah berhasil mengirimkan pendaftaran NPP. Selanjutnya anda hanya perlu menunggu email aktivasi. Biasanya tidak butuh waktu lama untuk menerima email aktivasi tersebut.

Setelah menerima notifikasi dari sistem BPJS berupa link aktivasi, anda sudah berhasil mendapatkan NPP dan akan menerima beberapa lampiran dokumen terkait.

Lampiran dokumen tersebut berisi cetak formulir registrasi badan usaha, nomor kode badan, nomor rekening badan, hak akses username dan password yang berguna untuk mendaftarkan karyawan ke program BPJS.

Baca juga: TPM Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

Contoh NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan)

nomor pendaftaran perusahaan
Sumber: google.com

Nomor Pendaftaran Perusahaan adalah nomor registrasi yang terdiri dari 14 digit. Nomor tersebut dapat anda lihat di aplikasi BPJS menggunakan akun yang anda daftarkan. 

Oleh karena itu, anda perlu mengingat dengan baik informasi yang akan anda terima saat mendaftarkan NPP. Lampiran dokumen yang diterima melalui email dari BPJS, sebaiknya anda simpan agar memudahkan ketika membutuhkannya.

Demikian penjelasan mengenai NPP atau Nomor Pendaftaran Perusahaan yang perlu anda miliki.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang anda butuhkan. Simak juga artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?