everpro

Apa Perbedaan KOL dan Influencer? Cari Tahu Di Sini!

Apa sih perbedaan KOL dan Influencer? Penasaran sama jawabannya? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya!

Di era digital saat ini makin banyak profesi yang berkaitan dengan dunia digital dan juga media sosial. Beberapa profesi yang berkaitan dengan dunia digital antara lain, Youtuber, Selebgram, Selebtwit, KOL dan Influencer.

Nah, salah satu istilah yang sedang marak saat ini adalah KOL. Namun, apa pengertian dari istilah ini dan apa saja perbedannya dengan Influencer karena ternyata masih banyak yang berpikiran jika keduanya sama saja.

KOL dan Influencer merupakan sebuah profesi yang berkaitan dengan bidang digital marketing yang mampu mengembangkan sebuah bisnis.

Tapi apakah perbedaan antara kedua profesi KOL dan Influencer ini? Dan apa contoh dari profesi KOL dan Influencer ini?

Pada artikel ini kami akan menjelaskan dan menjabarkan perbedaan antara kedua istilah ini dengan lengkap spesial untuk kamu!

Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui informasi selengkapnya!

Apa itu Key Opinion Leader (KOL)

perbedaan kol dan influencer
Sumber: freepik.com

Key opinion leader atau yang sering disingkat menjadi KOL merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk dapat menggerakan masyarakat luas melalui pendapatnya.

Hal ini karena seorang KOL memiliki keahlian secara pengetahuan dan juga kemampuan pada bidang tertentu.

Berkat keahliannya tersebut membuat pendapatnya menjadi sebuah rujukan atau rekomendasi yang dapat membuat orang mengikuti.

KOL juga sangat dipercaya dan dihormati karena pengetahuan dan keahlian pada bidang tertentu tersebut.

Apa itu Influencer

Influencer merupakan seseorang yang memiliki kemampuan menggerakkan orang lain dalam jumlah banyak (massa). untuk melakukan suatu tindakan tertentu dan tidak terbatas ruang dan waktu.

Influencer juga dapat disematkan kepada siapa saja yang dapat memengaruhi massa untuk melakukan sesuatu.

Dari beberapa pengertian ini dapat kita simpulkan jika influencer merupakan seseorang yang dapat memengaruhi, mengkoordinasi, dan mendorong orang-orang untuk melakukan sesuatu.

Perbedaan KOL dan Influencer

perbedaan kol dan influencer
Sumber: freepik.com

Apa saja sih perbedaan antara KOL dan Influencer? Kriteria seperti apa yang membuat seseorang dapat disebut sebagai KOL atau influencer? Nah, dibawah ini kami akan membedahnya secara lengkap.

Berikut adalah beberapa perbedaan dari KOL dan Influencer:

  • Media

Melansir dari Influencity, konsep Influencer pada awalnya lebih fokus untuk dikembangkan dan populer di media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook.

Sedangkan KOL lebih fokus dikembangkan dan populer pada media tradisional seperti televisi dan radio. Namun, lambat laun keduanya saat ini sama-sama menggunakan platform media sosial.

  • Kredibilitas

Selanjutnya, kedua profesi ini juga dapat dibedakan dari segi kredibilitasnya. Jika pada influencer, kredibilitasnya dibangun dari pengikut yang menyukai persona influencer tersebut di media sosial.

Contohnya Oki Septiana Dewi terkenal sebagai ustazah namun, ia juga memiliki persona sebagai influencer berbagai produk muslim.

Sedangkan untuk KOL, memiliki pekerjaan yang telah dilakukan dengan profesional dalam kehidupannya dan kredibilitas itulah yang audiens percaya.

Contohnya Najwa Shihab ia merupakan berprofesi sebagai jurnalis yang memiliki pengetahuan terkait politik. Oleh karena itu, masyarakat percaya karena latar belakang dari Najwa tersebut.

  • Aktivitas di Media Sosial

Terakhir KOL dan Influencer dapat kita ketahui perbedaannya dari segi aktivitas mereka di media sosial. Jika pada Influencer mereka akan lebih banyak melakukan posting berbagai jenis konten di media sosial.

Sedangkan untuk KOL mereka tidak terlalu aktif untuk memposting sebanyak influencer karena mereka lebih berfokus kepada tujuan untuk memberikan informasi tertentu sesuai dengan kredibilitasnya.

Itulah beberapa perbedaan antara KOL dan influencer. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas dan signifikan. Jadi mulai sekarang kamu bisa membedakan kedua profesi ini dengan mudah.

Contoh KOL

Untuk lebih mudah membedakannya, berikut kami berikan beberapa contoh dari key opinion leader di Indonesia:

  • Coach Justin

Coach Justin adalah seorang mantan pelatih timnas futsal Indonesia yang saat ini berprofesi sebagai komentator dan pandit sepakbola.

Ia merupakan seorang KOL karena memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang sepakbola. Oleh karena itu, pendapat dan opini dari Coach Justin banyak yang dipercaya oleh para pengikutnya.

  • Najwa Shihab

Najwa Shihab adalah seorang jurnalis yang sering menginformasikan isu-isu sosial dan politik yang terjadi di Indonesia. Dengan mengangkat isu-isu tersebut untuk kemudian didiskusikan dengan para ahli dan pejabat.

Karena kemampuan dan pengetahuan terkait isu-isu tersebut Najwa Shibab dapat kita kategorikan sebagai seorang KOL yang bisa mengangkat isu-isu penting di Indonesia.

Contoh Influencer

Berikut kami berikan beberapa contoh dari Influencer di Indonesia:

  • Tanboy Kun

Tanboy kun adalah seorang Youtuber makanan yang sering membuat konten makan-makan di chanel Youtubenya. Ia bisa memberikan pengaruh dan dorongan kepada para pengikutnya untuk membeli makanan yang ia makan.

Selain itu, dari endorse produk ia juga bisa mendorong pengikutnya untuk membeli produk yang ia promosikan tersebut.

  • Nagita Slavina

Nagita Slavina adalah seorang artis yang memiliki popularitas di Indonesia. Oleh sebab itu, sebagai salah satu artis yang populer apapun yang ia gunakan, pengikutnya akan mengikutinya.

Contohnya seperti ia mempromosikan skin care, maka produk skin care tersebut akan langsung diburu oleh para pengikutnya.

Demikianlah akhir dari artikel terkait perbedaan antar KOL dan Influencer yang dapat kami berikan. Semoga artikel bermanfaat bagi kamu yang masih belum mengetahui perbedaan antara kedua profesi ini.

Share artikel ini ke media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Selain menggunakan jasa dari KOL dan Influencer untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu punya, kamu juga bisa menggunakan layanan Marketplace Enabler dari Everpro!

Emang Everpro bisa kasih apa aja buat kamu?

Benefit Everpro Marketplace Enabler

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Daftarkan sekarang dan penjualan toko onlinemu akan meningkat dengan cepat!

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya