everpro

Plang Nama Toko Unik Agar Banyak Pelanggan Tertarik

plang nama toko unik

Sedang mencari inspirasi dari contoh papan nama toko unik? Simak penjelasan artikel tentang plang nama toko unik dan contohnya disini.

Ketika memiliki toko offline memiliki plang nama toko menjadi suatu hal yang penting, karena menjadi identitas bisnis dan agar toko anda mudah ditemukan.

Secara umum papan nama ini terletak di bagian depan toko dan menghadap ke jalan, fungsinya agar menarik dan memudahkan konsumen untuk menemukan toko anda.

Terdapat berbagai cara untuk memasang plang tersebut, baik itu di tembok, menyatu dengan bangunan, atau menggantung. Selain itu papan nama biasanya terdiri dari kerangka, cover, logo, gambar, dan frame.

Tak hanya sebagai identitas bisnis, anda bisa mendapat banyak manfaat dari memasang plang nama toko unik. Ingin tahu apa saja? Baca ulasan artikel ini hingga selesai untuk temukan jawabannya.

Baca juga: Bikin Plang Nama Toko Berkualitas Untuk Bisnis UMKM

Manfaat Memasang Plang Nama Toko Unik 

papan nama toko unik
Sumber: pexels.com

Setiap toko offline pasti memerlukan plang nama, karena berguna sebagai penanda bahwa tempat tersebut adalah bisnis atau toko anda. Bayangkan jika anda tidak memiliki papan nama di tempat berjualan, orang tidak akan mengenali bahwa tempat anda adalah sebuah toko.

Setidaknya anda perlu memberi penanda berupa papan nama yang berada di luar baik itu menempel di bangunan maupun menggantung. Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat lain dari memang plang nama toko unik sebagai berikut:

  • Sebagai Identitas Usaha 

Setiap bisnis pasti memiliki nama sebagai tanda pengenal, baik itu anda jalankan secara online, offline, maupun keduanya. Ketika anda memiliki toko offline perlu adanya plang nama toko sebagai identitas usaha.

Everpro

Terlebih dengan memasang plang nama toko unik, hal tersebut dapat menjadi identitas usaha yang mudah dikenal karena menarik. 

  • Memudahkan Pelanggan Menemukan Lokasi Toko

Selain sebagai identitas usaha, memasang papan nama toko unik juga bermanfaat untuk memudahkan pelanggan menemukan lokasi toko anda. 

Hal tersebut dapat menjadi patokan, terlebih jika penempatannya dipinggir jalan dan terlihat jelas. Maka pelanggan yang akan mampir mudah mengenali tempat anda dan tidak terlewat lokasinya karena terlihat jelas dan menarik.

  • Plang Nama Toko Unik Sebagai Alat Promosi

Tak hanya sebagai identitas dan memudahkan pelanggan menemukan lokasi toko anda, plang nama toko unik juga tentunya bisa menjadi suatu alat promosi.

Desain dan logo dari papan nama yang unik dapat dengan mudah menarik perhatian orang untuk melihatnya.

 Selain itu, dapat membuat orang memperbincangkan dan penasaran dengan apa yang anda jual. Hal tersebut dapat meningkatkan brand awareness.

Tips Membuat Papan Nama Toko Unik

tips papan nama toko unik
Sumber: pexels.com

Terdapat berbagai manfaat dari memasang plang nama toko unik, untuk membuatnya tentu anda tidak bisa sembarangan. Karena papan nama toko unik menjadi penanda yang memudahkan pengunjung untuk mengenali toko anda dan menarik perhatian.

Tentunya semakin menarik dan unik plang nama toko anda, dapat membuat orang yang melihatnya semakin tertarik untuk berkunjung ke outlet anda.

Pastikan anda membuat desain papan nama dengan efektif dan efisien. Berikut beberapa tips untuk membuat papan nama toko unik:

  • Menentukan Ukuran dan Bentuk Papan Nama Toko

Pertama anda harus menentukan ukuran papan nama yang sesuai dengan tempat anda. Ukuran sangat berpengaruh terhadap isi dan gambar yang dapat dimuat.

Ukuran yang pas adalah tidak terlalu kecil atau terlalu besar untuk toko anda. Tentu akan terlihat berlebihan jika toko anda kecil, namun memiliki papan nama yang terlalu besar atau sebaliknya. 

Selain itu anda juga bisa mendesain bentuk dari plang nama toko yang unik. Jadi tidak hanya berbentuk segiempat atau bulat saja. Misalnya, bisnis anda adalah coffee shop, anda bisa membuat papan berbentuk cangkir kopi.

  • Menempatkan Plang Nama Toko Unik di Lokasi Strategis

Penempatan papan nama juga akan sangat berpengaruh, anda perlu menentukan dimana lokasi terbaik untuk menempatkannya. Dengan begitu orang akan mudah melihat papan nama toko anda.

Selain itu anda juga perlu memperhatikan tinggi rendahnya plang tersebut. Anda bisa menyesuaikan juga dengan peraturan daerah setempat mengenai pemasangan papan nama.

  • Background dan Layout Sederhana Serta Mudah Terlihat

Tips lainnya adalah membuat background atau latar serta layout yang sederhana, maksudnya adalah desain yang tidak berlebihan. 

Karena dengan latar serta layout yang berlebihan dan memiliki banyak elemen akan menyulitkan pengunjung untuk melihat nama dari plang yang anda pasang.

Semakin sederhana desain yang anda buat, akan lebih efektif untuk mempermudah maksud tulisan terlihat dan terbaca oleh pengunjung. 

Apabila anda ingin menambahkan informasi pada papan nama, usahakan untuk menulis sesingkat dan sejelas mungkin dengan layout yang mudah dipahami orang yang melihatnya.

  • Memperhatikan Teks dan Font yang Sesuai

Tips selanjutnya agar plang nama toko anda terlihat unik adalah dengan menggunakan teks serta font yang menarik sesuai dengan citra yang ingin anda tampilkan.

Contohnya bila toko anda adalah toko mainan atau perlengkapan bayi, bisa menggunakan jenis font yang lucu namun mudah dibaca. Hindari menggunakan format tulisan yang formal untuk jenis toko ini.

Selain itu, perhatikan juga penggunaan huruf kapital, warna, kemiringan, ketebalan, maupun jarak huruf. Pastikan orang yang membaca papan nama toko anda tidak salah mengartikan karena padanan huruf serta tanda baca yang tidak sesuai.

  • Menampilkan Logo pada Papan Nama

Apabila anda memiliki logo bisnis, pastikan memasukkannya pada papan nama tersebut. Logo merupakan suatu ciri khas dan tentu menjadi cara untuk membuat plang nama toko unik.

Perhatikan juga ukuran logo, yaitu tidak terlalu besar maupun kecil. Pastikan logo dengan informasi lain atau nama toko tidak bertabrakan.

  • Warna Desain Kontras

Anda juga perlu membuat warna desain yang kontras antara tulisan serta latar atau background. Hal tersebut agar papan nama yang anda buat dapat terlihat dengan jelas.

Jika anda menggunakan paduan warna yang mirip, maka orang akan sulit membaca plang nama toko unik anda. Gunakan warna utama dengan pilihan warna primer, lalu padukan dengan warna tulisan yang lebih kontras.

  • Gambar dan Logo yang Seimbang di Plang Nama Toko Unik

Seperti poin sebelumnya, anda perlu memasang logo jika memilikinya karena akan memberikan ciri khas tersendiri. Namun, anda juga perlu memperhatikan ukuran yang seimbang antara elemen dalam papan nama dengan logo bisnis.

Pastikan logo masih dapat terlihat jelas dengan ukuran yang tidak terlalu mendominasi maupun terlalu kecil di papan nama. Idealnya ukuran logo adalah ⅛ dari ukuran papan.

Baca juga: 50+ Nama Toko Kue Aesthetic, Unik, dan Menarik!

Contoh Papan Nama Toko Unik

plang nama toko unik
Sumber: pexels.com

Setelah memperhatikan beberapa tips membuat papan nama yang unik, anda juga bisa melihat beberapa contoh papan nama toko unik berikut ini sebagai referensi:

  • Simple

contoh papan nama unik
Sumber: id.pinterest.com

Cafe ini memiliki plang berukuran besar yang berada di atas pintu toko, dengan desain sederhana hanaya nama toko serta lambang untuk menandakan jenis toko. Pemilihan bahan plang yaitu kayu dan tulisan yang diukir memberikan kesan aesthetic.

  • Hamburger Tailor

contoh unique business signs
Sumber: id.pinterest.com

Toko ini memberikan desain yang unik dan nyata dengan menggunakan mesin jahit sebagai bagian dari plang nama toko yang unik.

  • Comet Coffee

contoh papan nama unik
Sumber: google.com

Contoh papan nama ini unik karena bentuk cangkir dan tulisan nama toko sederhana dan jelas.

  • Al-Fatihah Mart

contoh unique business signs
Sumber: google.com

Keunikan dari contoh plang nama toko ini adalah nama dari tokonya sendiri, karena terdapat jenis minimarket serupa yang sudah sangat terkenal. Plang ini tentu menjadi bahan perbincangan karena unik dan menarik.

Demikian penjelasan mengenai plang nama toko unik beserta tips dan contohnya.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?