everpro

Bikin Plang Nama Toko Berkualitas Untuk Bisnis UMKM

Everpro

Apakah Anda pengusaha yang sedang mencari informasi tentang plang nama toko? Jika benar, pilihan tepat memilih artikel Everpro. Sebagai pengusaha tentunya, Anda ingin menarik konsumen dari sebuah papan nama toko bisnis kan? Namun ada yang perlu Anda perhatikan.

Bahwa pembuatan papan nama usaha tidaklah mudah, sebab Anda harus menentukan jenis ukuran papan hingga desain yang relevan dengan bisnis tersebut. Mungkin di beberapa artikel sudah sering membahas tentang tips dan cara menentukan papan nama usaha.

Akan tetapi, berbeda di artikel ini karena ada informasi penting lainnya mengenai biaya pajak dari papan nama usaha dan estimasi harga plang papan nama toko. Tak perlu berlama-lama lagi, marik simak artikel hingga tuntas agar membantu proses bisnis Anda. Selamat membaca!

Apa Itu Papan Nama Toko?

plang nama toko
Sumber: google.com

Pada umumnya, papan nama toko adalah sebuah papan yang menginformasikan nama perusahaan atau kantor. Adakalanya plang nama toko juga kerap dilengkapi dengan informasi mengenai barang atau jasa dan alamat lengkap.

Secara garis besar, papan nama usaha adalah sebuah alat bantu untuk pengunjung mengidentifikasi sebuah bangunan atau tempat usaha. Biasanya plang nama toko terbuat dari berbagai macam bahan seperti aluminium, kayu, dan akrilik.

Baca juga: 735+ Nama Olshop Aesthetic, Bikin Jualan Laris Manis!

Apa Fungsi Papan Nama Toko?

plang nama toko
Sumber: google.com

Ketika Anda baru menjalani sebuah brand atau usaha, tentunya belum banyak orang-orang yang mengetahuinya. Apalagi akan sulit untuk melakukan pemasaran. Sehingga bikin plang nama toko menjadi solusi, sebagai identitas usaha seseorang dalam dunia bisnis.

Fungsi papan nama toko adalah sebagai kepentingan dari usaha komersial hingga organisasi. Karena plang papan nama toko memberikan banyak kegunaan mulai dari sebagai identitas toko, membantu orang menemukan lokasi toko, dan sebagai media promosi.

Misalkan, Anda memiliki tempat usaha di area penempatan pinggir jalan, hal ini akan membuat orang-orang yang melintasi menjadi familiar dengan kehadiran usaha Anda. Bakan terdapat contoh papan nama toko bagus, menarik, dan out of the box menarik minat konsumen.

Everpro

Contoh Papan Nama Toko Kuliner

plang nama toko
Sumber: google.com

Dunia usaha kuliner memang kaya akan pilihan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Menurut buku karya Wulan Ayodya yang berjudul “15 Hari Bisa Jadi Pengusaha” menyampaikan bahwa, usaha kuliner terbagi dalam beberapa bagian berdasarkan produk.

Pembagian usaha kuliner berdasarkan usaha nama tempat makan, usaha roti dan kue basah, dan usaha aneka katering. Apabila Anda memulai buka usaha, ada baiknya mengenal gambaran dari jenis-jenis usaha kuliner. Sehingga membantu saat bikin plang nama toko.

Contoh Plang Nama Toko Baju

plang nama toko
Sumber: google.com

Tanpa papan nama usaha, orang akan kesulitan untuk menemukan lokasi toko Anda. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan calon konsumen berpindah ke toko lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa penentuan desain khusus papan nama toko harus berdasarkan relevansi bisnis.

Jadi, saat orang-orang yang belum mengetahui bisnis Anda. Lambat laun, akan mulai tertarik untuk mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hanya karena melihat contoh papan nama yang menarik maupun unik berbeda dari toko lainnya.

Contoh Papan Nama Toko Bangunan

plang nama toko
Sumber: google.com

Termasuk sebagai salah satu media promosi untuk menarik calon pembeli, papan nama toko dapat Anda simpan di pinggir jalan raya maupun di pedesaan. Sebagai tanda untuk memberitahu masyarakat, bahwa Anda memiliki usaha di bidang toko bangunan.

Kriteria papan nama toko bangunan yang ideal adalah tidak menggunakan banyak warna, tidak banyak tulisan, dan perhatikan ukuran papan beserta tulisannya. Selain itu, Anda perlu memasang plang nama toko di lokasi strategis dengan resolusi papan yang jelas.

Pajak Harga Papan Nama Toko

plang nama toko
Sumber: google.com

Memiliki usaha merupakan idaman kebanyakan orang, baik usaha mandiri maupun bersama. Adapun hal penting yang harus pemilik usaha ketahui dalam membuat plang nama toko yaitu baik dari sisi biaya pembuatan papan nama toko dan biaya pajak papan nama usaha.

Informasi mengenai ukuran papan tentu mempengaruhi harga papan nama toko, tergantung jenis tokonya. Misalkan, untuk toko yang berada di area ruko maupun toko besar terbagi menjadi ukuran papan kecil, ukuran plang sedang, dan ukuran papan besar.

Berdasarkan Undang-Undang No.28 Tahun 2009 Pasal 47 mengenai pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Papan nama usaha termasuk kategori objek kena pajak untuk pemerintah daerah setempat. Sehingga, luas papan nama toko x jumlah hari x tarif pajak x 25%.

Estimasi Harga Plang Nama Toko

plang nama toko
Sumber: google.com

Estimasi harga adalah perkiraan barang, jasa, program, ataupun proyek berdasarkan informasi tersedia. Hak tersebut termasuk dokumen yang terus berkembang dan berguna di seluruh tahap proses pengerjaan proyek. Jadi, harga plang nama toko tentu saja bervariasi.

Berdasarkan beberapa marketplace, harga papan nama usaha aka semakin mahal sesuai jenis bahan dan ukurannya. Sebelum membuatnya di jasa pembuat plang nama toko, perhatikan jenis bahan papan dan ukurannya sesuai kebutuhan bisnis Anda.

  • Papan Plang Besi, Rp640.000
  • Papan Akrilik (20 x 40 cm),  Rp305.000
  • Plang Akrilik (tebal 3 mm), Rp357.000
  • Plang Akrilik (Signage 5 mm). Rp635.000

Baca juga: 34+ Kata-kata Promosi Jualan Online yang Memikat Hati Pembeli

Semoga artikel cara mengaktifkan akun seller Lazada memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?