everpro

Processed at Sorting Center, Ketahui Arti dan Penjelasannya!

Sedang mencari tahu arti processed at sorting center di status pengiriman? Ini penjelasan istilah processed at sorting center, simak!

Dalam proses pengiriman, tentu akan melalui berbagai tahap hingga akhirnya sampai ke alamat penerima. 

Pelanggan bisa mengetahui tahapan pengiriman yang sedang berlangsung dengan melacak paket. Caranya adalah dengan melakukan cek resi, sehingga bisa mengetahui proses pengiriman paket.

Adapun status pengiriman akan menggunakan istilah tersendiri. Salah satunya adalah processed at sorting center.

Lantas apa artinya? Simak informasi dan penjelasan arti istilah dalam proses pengiriman pada artikel ini selengkapnya!

Apa Itu Sorting Center

processed at sorting center
Sumber: pexels.com

Sebelum mengetahui arti processed at sorting center dalam status pengiriman, sebaiknya pahami dulu arti dari sorting center itu sendiri.

Secara bahasa, sorting center adalah pusat sortir, yang merupakan suatu fasilitas untuk mengelola serta memproses paket dalam jumlah besar.

Adapun pengelolaan dalam Sorting center adalah untuk memilah dan mengelompokkan barang sebelum melanjutkan pengiriman ke tujuan akhir.

Umumnya, pusat sortir juga terdiri dari berbagai fasilitas pemrosesan, seperti mesin sortir otomatis, sistem pindai barcode, serta penyimpanan sementara.

Pusat sortir berperan penting dalam memastikan keamanan dan akurasi pengiriman. Karena dari tahap ini paket akan dikelompokkan sesuai kota tujuan untuk melanjutkan proses pengirimannya.

Baca juga: Penting! Delivery Order: Arti, Fungsi, dan Perbedaannya dari Surat Jalan

Arti Processed at Sorting Center

processed at sorting center
Sumber: pexels.com

Berdasarkan terjemahan Google Translate dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, istilah ini memiliki arti diproses di pusat sortir.

Lebih jelasnya, arti processed at sorting center mengacu pada tahap pengolahan yang terjadi di pusat sortir atau fasilitas pemrosesan pusat oleh pihak ekspedisi.

Maka, saat melacak paket dan mendapati status “processed at sorting center” artinya adalah paket sudah melalui tahap sortir di pusat penyortiran, dan menandakan bahwa paket siap untuk melanjutkan ke tempat dan tahap selanjutnya.

Adapun penyortiran ini berguna untuk mengelompokkan paket sesuai kota tujuan. Karena tentunya pengiriman paket dari satu kota asal (pengirim) bisa memiliki berbagai tujuan yang berbeda.

Oleh karena itu, penyortiran di pusat sortir ini dapat memudahkan dan mempercepat proses pengiriman paket sampai ke alamat tujuan.

Metode dari Sorting Center

Pertanyaan Anda tampaknya merujuk pada metode yang digunakan di pusat pengurutan, seperti dalam logistik atau pengiriman. Namun, pertanyaan Anda agak luas dan bisa mencakup berbagai aspek, dari manajemen personel hingga teknologi yang digunakan. Berikut adalah beberapa metode umum yang mungkin digunakan di pusat pengurutan:

Metode Manual

Metode ini umumnya digunakan di pusat pengurutan skala kecil dimana jumlah barang atau paket yang harus diurutkan tidak begitu banyak. Dalam metode ini, tenaga kerja manusia melakukan seluruh proses pengurutan.

Metode Mekanis

Metode ini menggunakan mesin pengurutan atau conveyor belt untuk memindahkan barang dari satu tempat ke lainnya. Mesin ini biasanya diprogram untuk mengurutkan barang berdasarkan kode atau label yang sudah ditentukan sebelumnya.

Metode Otomatis

Metode ini menggunakan teknologi canggih seperti robotika dan sistem otomasi untuk mengurutkan barang. Sistem ini biasanya sangat efisien dan akurat, tetapi juga memerlukan investasi awal yang besar.

Metode Semi-Otomatis

Metode ini merupakan kombinasi dari metode mekanis dan otomatis. Biasanya, beberapa bagian proses pengurutan dilakukan oleh manusia, sementara bagian lainnya dilakukan oleh mesin atau robot.

Metode Berbasis Software

Dalam metode ini, software khusus digunakan untuk melacak dan mengurutkan barang. Software ini biasanya terintegrasi dengan sistem barcode atau RFID untuk membantu dalam proses pengurutan.

Untuk memilih metode yang paling tepat, perusahaan harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti jumlah barang yang perlu diurutkan, anggaran, dan kebutuhan khusus mereka.

Tahapan di Pusat Sortir

processed at sorting center
Sumber: pexels.com

Seperti informasi pada pembahasan sebelumnya, pusat sortir berfungsi untuk memilah dan mengelompokkan paket sesuai dengan kota tujuan akhir.

Tentunya proses pemilahan dan pengelompokkan ini juga terdapat beberapa tahapan, seperti:

  1. Pertama, staf pusat sortir menerima paket dan memberi label yang dapat mengidentifikasi alamat penerima.
  2. Kemudian, paket akan melalui sistem pemrosesan otomatis untuk mengukur dimensi, bobot, serta identifikasi tujuan akhir pengiriman.
  3. Selanjutnya paket akan berpindah ke area sortir manual, yaitu petugas akan memeriksa paket dan memindahkannya ke palet atau kantong sesuai tujuan akhir.
  4. Berikutnya pihak ekspedisi akan melanjutkan pengiriman sesuai dengan kota tujuan berdasarkan palet tersebut.

Berapa Lama Barang di Tahap Processed at Sorting Center?

processed at sorting center
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui tahapan pengolahan paket di pusat sortir, muncul pertanyaan seperti waktu pemrosesan dari satu paket.

Lama proses pengolahan paket di pusat sorti bisa saja bervariasi, hal ini tergantung pada banyak faktor. Faktor tersebut seperti jumlah paket yang masuk ke pusat sortir dan kecepatan sistem pemrosesan.

Biasanya, tahap processed at sorting center suatu paket bisa selesai dalam 1 – 3 jam saja, dari awal paket sampai ke pusat sortir hingga akhir proses penyortiran.

Namun, hal tersebut juga tergantung dari banyaknya paket yang masuk ke pusat sortir. Jika terjadi overload, proses penyortiran bisa memakan waktu yang lebih lama.

Status ini sering terdapat pada pengiriman paket menggunakan ekspedisi JNE. biasanya, status processed at sorting center JNE tidak membutuhkan waktu lama untuk berganti ke status berikutnya.

Baca juga: Packing List Adalah: Ketahui Arti, Manfaat, Hingga Cara Membuatnya!

Cara Mengetahui Proses Pengiriman Paket

processed at sorting center
Sumber: pexels.com

Lantas bagaimana cara mengetahui proses pengiriman paket?

Untuk mengetahuinya pelanggan bisa melakukan pelacakan paket, sehingga dapat mengetahui status pengiriman.

Dengan melacak paket, pelanggan dapat mengetahui kondisi proses pengiriman terkini. Begitupun untuk mengetahui apakah paket telah berstatus processed at sorting center atau belum.

Adapun cara melacak paket adalah dengan menggunakan fitur cek resi, baik di situs resmi ekspedisi maupun alternatif seperti Everpro.

Di Everpro anda bisa melacak paket dari berbagai jasa ekspedisi hanya dalam satu halaman. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke situs resmi Everpro di https://everpro.id/
  2. Kemudian pilih menu Cek Pengiriman dan klik Cek Resi
  3. Berikutnya masukkan nomor resi dan pilih kurir
  4. Setelah itu klik Lacak Paket, dan akan tampil status pengiriman terkini

Demikian penjelasan mengenai istilah processed at sorting center dalam status pengiriman. Kini anda lebih memahami jika status tersebut muncul saat melacak paket.

Nah, selain melacak paket untuk mengetahui status pengiriman, Anda juga bisa menggunakan layanan Shipping Everpro agar mengirim paket produk anda menjadi lebih aman, mudah, dan terintegrasi.

Bahkan anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan sebagai berikut:

Benefit Everpro Shipping

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 30% 
  • 15+ pilihan ekspedisi terbaik ke seluruh Indonesia, anda yang tentukan!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi (Upload bulk orders)
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja)
  • Bebas tentukan jadwal dan tempat penjemputan paket
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan

Mau juga merasakan berbagai keuntungan tersebut? Yuk, segera gunakan layanan Shipping Everpro sekarang!

Daftar Sekarang

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya