everpro

Catat! Ini 8 Produk Terlaris di Marketplace Untuk Jualan

Ingin tahu ide produk yang terlaris di Marketplace untuk memulai bisnis baru? Berikut rekomendasi produk terlaris di marketplace untuk berjualan.

Berjualan di marketplace memang terlihat mudah namun, masih banyak yang bingung harus mulai dari mana. Pertama, Anda harus menentukan produk yang akan anda jual di marketplace.

Setelah menentukan produk yang akan dijual, anda juga perlu mengetahui marketplace apa yang cocok untuk dijadikan media berjualan anda.

Pada era digital seperti sekarang begitu banyak media untuk memasarkan produk yang akan dijual. Bisa melalui media sosial, website sampai dengan marketplace.

Marketplace sendiri merupakan media berjualan yang paling banyak digunakan saat ini. Karena marketplace mudah diakses dan seringkali menyajikan promo-promo menarik yang tidak jarang membuat pembeli tergiur. 

Namun, karena banyaknya marketplace juga membuat anda harus mencari tahu dahulu kategori produk apa yang cocok untuk dijual di marketplace. Berikut rekomendasi produk laris di marketplace.

Baca juga: Wow, 20+ Jenis Ide Produk Jualan Online, Bikin Laris!

Rekomendasi Produk Terlaris di Marketplace

produk terlaris di marketplace
Sumber: pexels.com

Tahukah anda bahwa menurut survey yang dilakukan DataIndonesia.id pada tahun 2022 menyatakan 37,7% responden mengatakan semakin sering belanja online pada saat itu.

Hal ini berhubungan dengan data dari Semrush yang mengatakan jika terjadi pergeseran perilaku berbelanja karena adanya faktor tutupnya toko fisik selama pandemi. Masyarakat saat ini lebih memilih belanja di marketplace dibandingkan belanja di toko fisik.

Beberapa alasannya karena tak perlu keluar rumah, banyak promo menarik, menghindari virus, harga yang relatif lebih murah sampai banyak pilihan yang ditawarkan.

Berikut rekomendasi produk terlaris di marketplace untuk ide berjualan anda supaya produk yang anda jual dapat laku dibeli pembeli. Simak selengkapnya dibawah!

1. Produk Fashion

produk terlaris di marketplace
Sumber: pexels.com

Produk fashion merupakan produk telaris di marketplace. Alasannya simple karena semua orang membutuhkan pakaian mulai dari pakaian sehari-hari, pakaian kerja, pakaian pesat dan lain-lain.

Dilansir survey yang dilakukan Nielsen, fashion merupakan kategori produk terlaris di marketplace dengan presentase sebanyak 61 persen. Angka ini jauh mengungguli kategori lain.

Kategori fashion pun masih banyak lagi macamnya dari produk fashion korea yang sedang tren sampai thrifting atau baju bekas pun bisa anda jual di marketplace.

Layanan Cepat Tanggap

Karena penjualannya yang tinggi maka anda bisa menjualnya di marketplace manapun tanpa khawatir tidak terjual. Namun, Shopee masih tercatat sebagai marketplace yang terbaik untuk menjual produk fashion.

2. Produk Kecantikan

produk terlaris di marketplace
Sumber: pexels.com

Selanjutnya ada produk kecantikan yang merupakan salah satu produk terlaris di marketplace. Banyak sekali produk kecantikan yang saat ini bisa kamu jual mulai dari merek lokal hingga luar negeri.

Produk kecantikan pun bervariasi mulai dari produk untuk menghilangkan jerawat, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit dan masih banyak lagi.

Tetapi ada satu hal yang harus kamu pastikan sebelum memutuskan menjual produk kecantikan di marketplace. 

Hal tersebut adalah memastikan produk kecantikan yang anda jual memiliki izin resmi dari BPOM sehingga terlepas dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda juga perlu memperhatikan untuk menyertakan manfaat dari produk tersebut, review penggunaan produk berupa foto dan promosi dengan endorse beauty blogger.

Sama dengan produk fashion, Shopee merupakan marketplace yang cocok untuk berjualan produk kecantikan.

Baca juga: Inilah 7 Macam Produk Terlaris di Shopee, Filter Sekarang Juga!

3. Produk Gadget & Elektronik

gadgets
Sumber: pexels.com

Selanjutnya ada kategori produk Gadget & Elektronik sebagai produk terlaris di marketplace. Alasan utamanya karena produk gadget dan elektronik merupakan kebutuhan dasar untuk menunjang aktivitas di era digital saat ini.

So, kategori produk ini bisa menjadi pilihan untuk anda!

Di kehidupan kita yang serba digital saat ini, transaksi penjualan gadget dan elektronik pun mengalami kenaikan jumlah transaksi pada setiap tahunnya.

Belum lagi banyak hobi yang saat ini membutuhkan gadget serta alat elektronik seperti drone, gamer dan lain sebagainya.

Produk gadget masih menjadi produk terlaris di marketplace pada kategori ini karena produk gadget yang terus update model setiap tahunnya. Oleh karena itu banyak tak ingin ketinggalan produk terbaru.

Pembeli biasanya ketika membeli gadget akan Kenaikan jumlah penjualan gadget juga diikuti dengan kenaikan produk aksesoris gadget. Seperti casing handphone, screen protector dan juga earphone

Karena harga gadget yang tergolong tinggi sebaiknya anda gunakan metode promosi seperti paket bundle dengan aksesorisnya. Serta jangan lupa untuk menambahkan metode pembayaran cicilan untuk memudahkan calon pembeli.

Menurut data yang dikumpulkan elQ, menunjukan jika marketplace yang cocok untuk menjual kategori produk ini adalah Tokopedia dan Bukalapak.

 

4. Produk Perlengkapan Rumah Tangga 

peralatan dapur
Sumber: unsplash.com

Berikutnya ada produk perlengkapan rumah tangga yang ternyata memiliki banyak peminat yang bisa jadi pilihan ide produk bagi anda.

Banyak pilihan dan variasi jenis produk ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang lebih memilih marketplace untuk bertransaksi produk ini.

Produk rumah tangga yang semakin canggih menjadi menarik minat para pembeli untuk membuat pekerjaan di rumah menjadi lebih mudah.

Media sosial juga memiliki dampak baik bagi meningkatnya penjualan produk perlengkapan rumah tangga. Sebab di media sosial seringkali memperlihatkan alat rumah tangga yang unik dan aesthetic.

Alat rumah tangga bergaya minimalis saat ini juga sedang tren dan cukup menarik minat para pembeli. 

Menurut laporan elQ, marketplace yang cocok untuk berjualan produk produk rumah tangga adalah JD.id dan Tokopedia.

5. Produk Mainan & Hobi

mainan anak
Sumber: unsplash.com

Rekomendasi produk terlaris di marketplace selanjutnya adalah produk mainan dan juga hobi.

Produk ini menjadi salah satu produk terlaris karena faktor populasi anak kecil yang cukup banyak di Indonesia. Akan tetapi produk ini tidak hanya untuk anak kecil saja.

Banyak kolektor mainan yang juga tak jarang membeli produk mainan dan hobi dari marketplace. Banyaknya pilihan juga menjadi alasan mengapa pembeli lebih memilih marketplace dibandingkan toko fisik.

Produk yang dijual juga beragam seperti lego, action figure, remote control dan sebagainya. Faktor nostalgia juga menjadi salah satu alasan mengapa orang membeli mainan.

Kategori produk ini dapat menjadi rekomendasi produk untuk dijual di marketplace bagi anda. Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang cocok untuk menjual produk ini.

6. Produk yang Sedang Tren

fashion wanita
Sumber: unsplash.com

Anda juga dapat memilih produk untuk dijual secara online yang saat ini sedang tren atau sukses. Hal ini dapat meningkatkan penjualan bagi anda.

Namun, pastikan juga bahwa anda memiliki tujuan yang spesifik sehingga Anda memiliki target pasar yang jelas.

Misalnya, Anda ingin menjual produk fashion yang sedang tren atau produk perawatan kulit Korea yang terkenal. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memasarkan produk yang Anda jual.

Anda juga bisa melakukan riset dengan melihat kategori produk yang sedang tren. Biasanya marketplace memiliki kategori khusus untuk produk yang sedang populer. Dengan cara ini, Anda dapat melacak tren pasar dengan lebih baik. 

Baca juga: 10 Tips & Cara Menawarkan Produk Biar Penjualan Kamu Naik!

7. Produk Kesehatan

obat-obatan
Sumber: unsplash.com

Di masa pandemi COVID-19, kesehatan menjadi hal penting yang diperhatikan dan diprioritaskan banyak orang.

Anda juga dapat melakukan brainstorming ide untuk menjual produk secara online. Ada banyak produk kesehatan yang bisa Anda jual, mulai dari masker medis, vitamin hingga pil.

Selain itu, pembersih tangan, pembersih, dan pelindung wajah pasti akan banyak diminati. Namun sebelum menjual, pastikan Anda mendapatkan produk dari produsen terpercaya dan telah mendapatkan izin edar dari BPOM dan Kementerian Kesehatan RI.

Karena kehandalan produk kesehatan sangat penting bagi konsumen untuk mempercayai toko online Anda.

8. Perlengkapan Ibu dan Anak

perlengkapan ibu dan bayi
Sumber: unsplash.com

Ide produk jualan online selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis online adalah perlengkapan ibu dan anak.

Sampai saat ini produk perlengkapan ibu dan anak merupakan salah satu rekomendasi bagi anda. 

Karena banyak ibu yang baru mempunyai anak kecil akan lebih memilih membeli melalui marketplace. Berbeda dengan dulu orang tua lebih banyak berbelanja secara offline 

Banyak pasangan muda yang sudah melek teknologi suka membeli barang untuk ibu dan bayi di pasar. Sedangkan yang ibu beli adalah skin care ibu hamil seperti krim stretch mark, vitamin prenatal dan milk booster

Tidak hanya memberikan kemudahan, adanya promo menarik juga menjadi alasan. Sehingga produk ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda untuk mengembangkan bisnis.

Ingin memulai bisnis online di marketplace tapi bingung suplai barangnya darimana?

Bergabunglah dengan Everpro Product Sourcing!

Benefit Product Sourcing

  • Harga tidak rusak
  • Supplier beragam
  • Cocok untuk imers (menjual secara online via ads/iklan) karena produknya memiliki margin tebal
  • Marketing kit produk akan di-improve jika jadi winning product
  • User memiliki kesempatan menjadi penjual exclusive suatu produk jika sudah besar orderannya, mendapatkan bimbingan Master Rian & Argo (dari tim Community Everpro)

Ayo segera tingkatkan bisnis online-mu tanpa ragu. Bersama Evepro, semua kebutuhan bisnis terkelola secara praktis.

  • Pendaftaran gratis
  • Lebih dari 50 ribu pebisnis
  • Lebih dari 100 ribu pengguna

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya