everpro

Promosi Produk yang Menggunakan Website Disebut? Ini Jawabannya!

promosi produk yang menggunakan website disebut

Ingin promosi produk menggunakan media internet? Promosi produk yang menggunakan website disebut media internet. Simak selengkapnya.

Dalam menjalankan suatu usaha, tentu kita ingin produk atau layanan yang kita tawarkan banyak yang membeli dan menggunakan.

Agar peluang penjualan semakin besar dan menguntungkan, perusahaan perlu melakukan promosi. Pengusaha perlu mengetahui channel apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan strategi promosi tersebut.

Salah satunya adalah dengan promosi produk yang menggunakan website disebut media internet. Baca ulasan ini sampai selesai untuk mendapat penjelasan mengenai promosi produk yang menggunakan website.

Jawaban Dari: Promosi Produk yang Menggunakan Website Disebut?

promosi produk yang menggunakan website disebut media
Sumber: pexels.com

Sebelum menjawab pertanyaan promosi produk yang menggunakan website adalah apa, ketahui dahulu pengertian website atau situs.

Mengutip dari Technopedia, situs atau website adalah kumpulan halaman web yang dapat diakses publik dan saling terkait dalam satu nama domain.

Menurut Wikipedia, situs atau website adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan dan terdapat pada satu server yang sama, berisi berbagai informasi dari kelompok, individual, maupun organisasi.

Website merupakan platform yang bisa anda akses melalui device baik itu smartphone maupun perangkat PC yang terhubung dengan jaringan internet. 

Terdapat berbagai fungsi dari website salah satunya adalah sebagai media promosi. Maka, promosi produk yang menggunakan website disebut media internet.

Everpro

Faktanya, pengguna internet di Indonesia sendiri mencapai lebih dari 200 juta penduduk, dengan rata-rata penggunaan selama 8 jam 36 menit dalam satu hari.

Hal ini tentu memberi peluang sekaligus tantangan untuk menjalankan promosi menggunakan website yang disebut media internet.

Adapun beberapa manfaat media internet dalam melakukan promosi produk yang menggunakan website adalah sebagai berikut:

  1. Jangkauan promosi yang lebih luas, sehingga produk atau layanan lebih mudah dikenal masyarakat, khususnya pengguna internet.
  2. Internet adalah media informasi tanpa batasan, sehingga pemanfaatan website bisa mempromosikan selama 24 jam.
  3. Peluang mendapat konsumen lebih besar karena jangkauan audiens secara luas.
  4. Menjadi media pengenalan bisnis yang user friendly.

Baca juga: Mulai Bisnis Online Untung Tanpa Modal, Begini Caranya!

Teknik Promosi Produk yang Menggunakan Website

promosi produk yang menggunakan website disebut
Sumber: pexels.com

Secara umum terdapat dua teknik dalam melakukan promosi menggunakan website, yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

Dengan menerapkan kedua teknik tersebut, anda dapat menjangkau banyak pelanggan dan mengungguli kompetitor di dunia maya. Berikut penjelasan kedua teknik ini:

  • Search Engine Optimization (SEO)

SEO menurut Hernawati (213), adalah melakukan serangkaian proses dengan sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan situs di mesin pencari dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari tersebut atau PageRank.

Singkatnya, SEO merupakan teknik mengoptimasi mesin pencari agar halaman web anda berada di posisi dan halaman awal, sehingga peluang mendapatkan pengunjung lebih besar.

Dalam menjalankan teknik SEO untuk promosi anda perlu mengetahui dasar-dasarnya, seperti mencari kata-kata terkait bisnis atau produk. 

Apabila masih pemula, anda bisa menggunakan kata kunci dengan persaingan rendah dan volume pencarian yang tinggi untuk membuat konten.

Sisipkan kata kunci tersebut di blog atau konten yang anda buat secara menarik dan informatif. Dengan mengoptimalkan SEO dari konten di halaman web anda, dapat menjadi salah satu cara memaksimalkan promosi dengan biaya yang efisien.

  • Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing atau SEM adalah bentuk promosi situs dengan meningkatkan visibilitas di halaman hasil mesin pencari atau search engine result page (SERP) melalui optimasi periklanan.

Adapun SEM menurut ahli yaitu Bruce Clay, adalah istilah yang menggambarkan bagian pemasaran menggunakan biaya tertentu (iklan) melalui mesin pencari. 

Jadi ada perbedaan dan persamaan antara SEO dan SEM. persamaan kedua teknik ini adalah membuat iklan dengan memanfaatkan kata kunci potensial terkait produk atau layanan bisnis.

Perbedaan keduanya adalah SEO memanfaatkan kata kunci potensial untuk mendapatkan organic traffic. Sedangkan SEM, mengeluarkan biaya pada kata kunci tertentu untuk membeli trafik di mesin pencari. 

Ciri khususnya adalah ketika seseorang menggunakan kata kunci tertentu di mesin pencari, dan pada hasil teratas terdapat keterangan “Ads”, maka itulah hasil dari SEM.

Baca juga: 10+ Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar, Pasti Cuan!

Cara Melakukan Promosi Produk

cara melakukan pemasaran
Sumber: pexels.com

Media promosi produk yang menggunakan website adalah media internet. Dengan memahami apa itu promosi yang menggunakan website serta teknik-tekniknya, anda bisa menjalankan promosi di media internet dengan lebih optimal.

Tak hanya itu, terdapat beberapa cara agar promosi menggunakan media internet yang anda lakukan semakin maksimal:

  • Kenali dan Pelajari Jenis Usaha

Cara pertama agar promosi internet yang anda lakukan maksimal adalah dengan mengenali terlebih dahulu terkait jenis usaha dan produk atau layanan yang anda tawarkan.

Mempelajari seluk bisnis terkait kelebihan, kekurangan, serta unique selling/story point merupakan hal yang penting untuk merancang strategi promosi.

  • Fokus pada Solusi

Promosi yang anda lakukan bertujuan agar dapat menarik perhatian calon pembeli atau target audiens.

Untuk mendapatkan tujuan tersebut anda perlu memberikan kesadaran terkait masalah apa yang sedang konsumen hadapi dan bagaimana produk atau layanan yang anda tawarkan menjadi solusi atas permasalahan tersebut.

  • Mengacu pada Target Audiens

Tentu anda ingin promosi yang anda jalankan optimal dan memberi dampak signifikan terkait penjualan produk atau layanan.

Oleh karena itu, anda perlu mengacu pada kebutuhan konsumen atau target audiens. Jadi anda perlu melakukan promosi yang sesuai dengan segmen dari target audiens anda, baik itu penggunaan bahasa, tone, maupun materi promosinya.

  • Memberikan Pesan yang Jelas

Tak hanya menarik, anda juga perlu menggunakan pilihan kata yang tepat, sehingga membentuk kalimat promosi yang ringkas dan jelas. 

Karena target audiens akan sulit menangkap pesan promosi anda jika terlalu panjang dan bertele-tele. Anda bisa mempelajari teknik copywriting yaitu cara merangkai kata agar promosi lebih menarik perhatian.

  • Lakukan Analisis Kompetitor

Hal penting lainnya yang perlu anda lakukan adalah menganalisa kompetitor. Lakukan analisa terkait kelebihan dan kekurangannya, serta bandingkan dengan bisnis anda.

Dengan begitu anda memiliki informasi untuk menjadi bahan dalam membuat strategi pemasaran dan meningkatkan performa strategi sebelumnya.

  • Memanfaatkan Teknik SEO dan SEM

Seperti pada pembahasan sebelumnya SEO dan SEM berfungsi agar halaman web anda memiliki peluang besar untuk mendapatkan trafik melalui optimasi pencarian web.

Kedua teknik ini merupakan bagian dari digital marketing. Sebagai pelaku bisnis sudah merupakan hal yang wajib untuk memanfaatkan media internet sebagai sarana promosi.

  • Responsif Terhadap Pertanyaan dan Feedback

Dari promosi yang anda jalankan tak jarang akan mendapati berbagai pertanyaan hingga feedback baik itu positif maupun negatif.

Agar promosi berdampak baik, anda perlu menjawab pertanyaan serta feedback atau keluhan dengan responsif. Yaitu dengan memberikan informasi sesuai yang mereka tanyakan.

  • Melakukan Evaluasi Berkala 

Penting untuk anda melakukan evaluasi dari setiap promosi yang anda lakukan untuk melihat hasilnya.

Dari evaluasi tersebut anda bisa mengidentifikasi strategi apa yang berhasil dan tidak berhasil. Kemudian anda bisa mempelajari lebih lanjut dan membuat strategi baru yang lebih optimal kedepannya.

Demikian penjelasan mengenai promosi produk yang menggunakan website disebut media internet. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari promosi media internet, sehingga perlu mempelajarinya lebih lanjut.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait