everpro

Quality Score Google Ads: Definisi, Faktor dan Cara Meningkatkannya, Intip Ini!

Pernah kah kamu mendengar istilah quality score google ads? Kalau belum yuk kita bahas kupas tuntas di sini. Apalagi kini hampir semua usaha menggunakan jasa google ads untuk membantu mengiklankan web usahanya. Yuk simak selengkapnya d isini!

Apa yang di maksud dengan Quality Score Google Ads?

quality score google ads
Sumber: Google.com
Quality Score Google Ads adalah estimasi pengalaman yang pengguna dapatkan saat mereka melihat iklan penelusuran pengguna. Kualitas iklan yang lebih tinggi biasanya menghasilkan performa yang lebih baik, termasuk posisi iklan yang lebih baik dan biaya yang lebih rendah.
Singkatnya, Quality Score adalah estimasi kualitas dan relevansi dari iklan, keyword dan landing page Anda. Quality score diberikan dalam range angka 1-10, semakin tinggi quality score semakin relevan iklan yang sedang di jalankan.

Bagaimana Cara Memantau iklan di Google Adwords?

Untuk melihat status peninjauan iklan, periksa kolom “Status” di halaman “Iklan & aset”. Login ke akun Google Ads, lalu klik Iklan & aset di menu halaman kiri. Dari halaman Iklan, Anda dapat melihat statistik tentang iklan, seperti klik, tayangan iklan, rasio klik-tayang (CTR), dan masih banyak lagi.

Apa saja Tiga bagian Wajib dari Iklan Teks?

Iklan teks di Jaringan Penelusuran ditampilkan di atas dan di bawah hasil penelusuran Google. Iklan ini memiliki 3 bagian, yaitu URL yang d itampilkan, teks judul, dan teks deskripsi.
Jika Anda menjalankan Search Campaign dengan Google Ads, Anda tentu sudah sering mendengar mengenai Quality Score.

Pentingkah Quality Score ?

quality score google ads
Sumber: Google.com

Sumber: Google.comBeberapa alasan Quality score yang tinggi penting untuk pengiklan adalah :

Masuk ke Pelelangan Google

Google akan melakukan pelelangan untuk melihat iklan mana yang paling relevan dan akan dimunculkan pencarian yang dilakukan oleh seorang customer. Salah satu faktor penentu yang dilihat Google adalah Quality Score, semakin tinggi quality score keyword yang dimiliki oleh pengiklan, hal itu menandakan relevansi-nya terhadap pencarian customer tersebut juga tinggi, maka hal itu akan memberikan potensi yang lebih tinggi untuk iklan dari pengiklan tersebut untuk bisa muncul pada hasil pencarian.

Bisa Mendapatkan Harga CPC yang Lebih Murah

Berdasarkan analisis, quality score akan berpengaruh pada rata-rata CPC yang akan Anda dapatkan. Semakin tinggi quality score, biaya yang harus Anda bayarkan juga bisa semakin berkurang. Quality score yang tinggi artinya relevansi iklan Anda terhadap pencarian customer juga tinggi. Semakin tinggi relevansi ini, Google akan menagih Anda untuk 1 click.

Posisi Iklan yang Lebih Tinggi

Secara umum, iklan yang muncul di posisi atas memiliki kemungkinan untuk di click lebih tinggi daripada competitor. Dengan tingginya quality score Anda, berarti relevansi iklan Anda pun lebih tinggi terhadap pencarian customer, oleh karena itu hal ini akan dapat membuat Google untuk lebih mempertimbangkan iklan Anda untuk muncul di posisi atas pencarian.

Faktor Yang Mempengaruhi Quality Score

Ada 3 faktor utama yang mempengaruhi quality score Anda, yaitu:

  • CTR, semakin tinggi CTR Anda artinya iklan Anda relevan dengan pencarian dan menarik perhatian sehingga customer tertarik untuk meng-click iklan Anda tersebut.
  •  Ad relevance, yaitu relevansi target keyword dengan iklan Anda. Sebagai contoh, Anda membuat iklan dengan headline “Jual Sepatu Boots Wanita”, maka keyword yang kemungkinan paling relevan adalah “sepatu boots wanita”, “jual sepatu wanita”, dan seterusnya. Customer yang melakukan pencarian dengan keyword-keyword tersebut adalah yang paling mungkin untuk melihat iklan Anda tersebut.
  • Pengalaman Landing Page, hal yang penting tentunya adalah apakah landing page Anda memberikan pengalaman yang maksimal untuk customer. Jika ingin nilai pengalaman customer yang bagus, maka pastikan landing page Anda mengandung informasi lengkap, konten original dan relevan dan juga mudah untuk di navigasikan.

Ada beberapa faktor lain juga yang mempengaruhi Quality score, diantaranya relevansi keyword dengan Ad Group Anda dan juga sejarah performa pada akun Google Ads Anda.

Baca juga: 12+ Cara Meningkatkan Traffic Marketplace, Worth it!

Cara Meningkatkan Quality Score

Ada beberapa cara Anda dapat meningkatkan quality score, berikut ini beberapa diantaranya:

Riset Keyword

Temukan keyword baru yang lebih relevan untuk ditambahkan di dalam Campaign Anda, termasuk keyword longtail yang juga dapat membantu performa traffic Anda secara overall.

Optimalkan Ad Text

Pastikan Ad Text Anda sesuai dengan keyword yang Anda targetkan. Semakin relevan Ad Text dengan keyword, maka CTR Anda akan meningkat sehingga quality score Anda juga akan meningkat.

Optimasi Landing Page

Gunakan landing page yang paling sesuai dengan keyword dan iklan Anda, dan pastikan pengalaman pengguna di dalamnya juga baik dengan waktu loading yang cepat.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi mampu atau tidaknya iklan yang Anda untuk untuk bersaing dalam pelelangan Google, dan salah satu diantaranya adalah quality score. Dengan quality score tinggi, maka semakin tinggi kemungkinan iklan Anda untuk muncul dan di click oleh customer, sehingga dapat meningkatkan bisnis Anda.

Demikian pembahasana mengenai quality score google ads, yuk saatnya optimalkan kembali iklan dengan menggunakan jasa iklan google ads.

Yuk mulai dari sekarang, tingkatkan penghasilan usahamu dengan cara mudah lainnya dengan mengoptimalkan performa iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan akses Ads Account bersama Everpro dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Jadi yuk manfaatkan segera fasilitas yang akan membantu teman-teman dalam mengaplikasikan Google ads pada bisnis impianmu!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya