everpro

Sales Advisor Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Peluang Karir

Sales advisor adalah? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel seputar posisi sales advisor mulai dari pengertian sampai peluang karir di Indonesia!

Salah satu posisi penting pada bisnis yang memiliki peran penting yaitu adalah posisi dari seorang sales advisor. Sales advisor sendiri biasanya memiliki peran yang penting dalam pemasaran suatu brand.

Namun, apa pengertian sales advisor? kemudian, apa saja tugas-tugasnya? dan kualifikasi seperti apa yang dibutuhkan untuk menjadi sales advisor? Penasaran dengan jawabannya? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui penjelasan selengkapnya!

Baca juga: Sales Officer Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Peluang Karir

Apa itu Sales Advisor

sales advisor adalah
Sumber: freepik.com

Sales advisor atau konsultan penjualan merupakan salah satu posisi dalam divisi pemasaran dalam suatu perusahaan. Mereka memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi transaksi penjualan dan mendorong angka pembelian.

Selain itu, mereka juga memiliki peran sebagai penasihat utama dari pelanggan untuk membeli produk yang paling mereka butuhkan. Posisi ini juga harus memabangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Konsultan penjualan sangat penting bagi perusahaan dengan perannya tersebut.

Tugas Sales Advisor

Nah, setelah mengetahui pengertian dari konsultan penjualan, mari kita bahas tugas dari seorang konsultan penjualan. Pada dasarnya, konsultan penjualan memiliki beberapa cakupan tugas yang cukup luas yang berhubungan dengan konsumen.

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang konsultan penjualan:

  • Menyapa dan Menyambut Pelanggan

Tugas pertama seorang konsultan penjualan adalah menyapa dan menyambut pelanggan. Mereka harus menyapa dan menyambut pelanggan dengan ramah dan sopan. Ini merupakan cara untuk membuat pelanggan merasa disambut dan dihargai.

  • Menjelaskan Produk dan Jasa

Kemudian, seorang konsultan penjualan harus memiliki product knowledge yang baik. Hal ini berguna untuk memberikan informasi terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan mereka. Mereka harus menjelaskan secara rinci dan jelas mulai dari fitur, manfaat dan harganya.

  • Menjawab Pertanyaan dan Keluhan Pelanggan

Selanjutnya, seorang konsultan penjualan juga harus dapat menjawab pertanyaan dan keluhan yang muncul dari pelanggan. Mereka harus melakukannya dengan cepat dan akurat. Dengan begitu, mereka dapat memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan solusi yang baik.

  • Membantu Pelanggan Menemukan Produk yang Tepat

Seorang konsultan penjualan harus dapat memberikan bantuan kepada pelanggan untuk menemukan produk yang tepat. Hal ini berguna untuk memilih produk yang sesuai dan memenuhi kebutuhan mereka.

Oleh sebab itu, mereka harus memahami kebutuhan dari pelanggan dan menawarkan produk atau jasa yang sesuai.

  • Menangani Transaksi Penjualan

Kemudian, sales advisor harus dapat menangani transaksi penjualan dengan cepat dan efisien. Mereka harus dapat menerima pembayaran dan memberikan produk atau layanan kepada pelanggan.

  • Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Terakhir dan yang cukup penting adalah membangun hubungan dengan pelanggan. Konsultan penjualan harus dapat membangun hubungan yang positif dengan pelanggan. Mereka harus membuat pelanggan merasa nyaman dan dihargai.

Baca juga: Sales Associate Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Peluang Karir

Kualifikasi Sales Advisor

Jika kamu berminat untuk menekuni bidang pemasaran dan ingin berkarir menjadi seorang sales advisor, kamu harus memiliki kualifikasi dan persyaratan berikut:

  • Pendidikan

Kualifikasi pertama untuk menjadi konsultan penjualan adalah pendidikan. Sebenarnya untuk menjadi konsultan penjualan kualifikasi pendidikannya tergantung pada jenis produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Namun, sebagian besar perusahaan memiliki persyaratan kandidat dengan latar belakang pendidikan diploma atau sarjana.

  • Pengalaman

Pengalaman kerja di bidang penjualan atau layanan pelanggan dapat menjadi nilai tambah bagi kandidat yang ingin menjadi konsultan penjualan. Pengalaman ini dapat menjadi nilai tambah karena akan membantu kandidat memahami tugas dan tanggung jawab sales advisor.

  • Keterampilan

Sebagai seorang konsultan penjualan persyaratan yang harus kamu miliki yaitu adalah keterampilan. beberapa keterampilan yang harus kamu miliki dan asah antara lain:

    • Product Knowledge yang luas
    • Komunikasi yang baik
    • Kemampuan interpersonal yang baik
    • Kemampuan bernegosiasi
    • Kemampuan problem solving
    • Kemampuan bekerja di bawah tekanan
  • Kemampuan Menggunakan Komputer

Salah satu keterampilan yang juga menjadi persyarataan saat ini adalah kemampuan menggunakan komputer. Kamu harus bisa menguasai berbagai software atau aplikasi yang membantu dalam proses penjualan. Seperti Microsoft Word, Excel atau software penjualan dari perusahaan.

  • Mampu Berbahasa Asing

Terakhir, kemampuan berbahasa asing. Untuk kemampuan yang satu ini sebenarnya tergantung pada perusahaan. Jika perusahaan tempat kamu melamar ada perusahaan asing maka kemampuan ini menjadi faktor wajib untuk kandidat yang melamar.

Kemampuan berbahasa asing pada era modern seperti saat ini menjadi penting, oleh sebab itu kamu harus mengasah kemampuan berbahasa asing kamu untuk menjadi kandidat yang unggul.

Gaji Sales Advisor

sales advisor adalah
Sumber: freepik.com

Kamu tertarik untuk berkarir menjadi seorang konsultan penjualan? Jika kamu tertarik kamu bisa mengetahui berapa kisaran gaji untuk posisi ini di Indonesia.

Gaji untuk seorang konsultan penjualan di Indonesia sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti berikut:

  • Jenis produk dan jasa yang ditawarkan
  • Ukuran perusahaan
  • Lokasi
  • Pengalaman
  • Keterampilan

Melansir dari situs lowongan pekerjaan Indeed, kisaran gaji untuk posisi sales advisor di Indonesia mulai dari Rp. 2.500.000 sampai Rp. 6.000.000 per bulannya. Kisaran tersebut merupakan gaji pokok dan akan bertambah jika ada tunjangan seperti transportasi, makan, kesehatan, THR dan bonus.

Umumnya gaji pokok seorang konsultan penjualan terdiri dari gaji dasar dan komisi penjualan. Gaji dasar merupakan gaji yang dibayarkan kepada konsultan penjualan secara rutin, sedangkan komisi penjualan merupakan presentase dari penjualan yang dicapai oleh sales advisor.

Baca juga: Sales Consultant Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi dan Peluang Karir di Indonesia

Peluang Karir Sales Advisor

Peluang karir seorang konsultan penjualan di Indonesia sebenarnya sangat tebruka lebar dan luas. Seorang konsultan penjualan dapat berkarir di berbagai industri, seperti ritel, jasa dan manufaktur.

Untuk konsultan penjualan pemula dapat memulai karir sebagai sales representative yang bertanggung jawab untuk melakukan penjualan langsung kepada pelanggan.

Kemudian, jika sudah memiliki pengalamn yang lebih banyak konsultan penjualan dapat meningkat menjadi regional sales manager atau national sales manager.

Nah, dengan peluang karir yang sangat luas tersebut, kamu tidak perlu khawatir untuk memulai karir sebagai sales advisor di Indonesia. Banyak kesempatan yang hadir di Indonesia dan juga ada jenjang karir yang jelas untuk posisi ini.

Bagaimana, kamu mulai tertarik menggeluti bidang sales dan ingin berkarir menjadi konsultan penjualan?

Demikianlah akhir dari artikel terkait posisi sales advisor yang bisa kami berikan. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menggeluti dan berkarir menjadi sales advisor.

Kamu bisa share artikel ini secara gratis melalui media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya