everpro

Sales Assistant Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Peluang Karir

Sales assistant adalah? simak artikel ini untuk mengetahui penjelasan mendalam perihal sales assistant dalam dunia bisnis!

Salah satu posisi yang sangat penting dalam dunia bisnis adalah posisi sales assistant, posisi ini memiliki peran yang cukup penting dalam dunia bisnis. Sales assistant merupakan seorang yang biasanya bekerja di toko ritel, perusahaan manufaktur, atau perusahaan jasa.

Mereka biasanya memiliki latar belakang pendidikan di bidang pemasaran, bisnis atau hubungan masyarakat. Tugasnya adalah untuk membantu sales representative dalam melakukan penjualan produk atau jasa.

Namun, apa saja sih tugas lengkapnya dari seorang sales assistant, dan apa saja kualifikasinya untuk dapat berkarir menjadi sales assistant?

Nah, pada artikel ini kami akan mengupas tuntas seputar posisi ini mulai dari pengertian, manfaat, kualifikasi, gaji sampai dengan peluang karir di Indonesia. Penasaran sama pembahasannya? tanpa berlama-lama yuk, simak artikel ini sampai habis!

Baca juga: Sales Associate Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Peluang Karir

Apa itu Sales Assistant

sales assistant adalah
Sumber: freepik.com

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya jika seorang sales assistant atau pramuniaga merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk membantu sales representative dalam melakukan penjualan produk atau jasa.

Selain itu, mereka juga memiliki tugas untuk menangani toko secara langsung, serta melayani pelanggan yang datang ke toko tersebut. Posisi ini sangat mengutamakan etika marketing dalam melayani pelanggan.

Mereka juga merupakan sebuah wajah dari toko tempat mereka bekerja. Oleh karena itu, mereka harus memberikan pelayanan dan bantuan secara langsung dengan baik. Ini meliputi memberikan product knowledge yang baik hingga cara melakukan proses pembayaran.

Tugas Sales Assistant

Sales assistant memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab seperti:

  • Menerima dan Menanggapi Pertanyaan Pelanggan

Tugas pertama dari seorang pramuniaga adalah menerima dan menanggapi pertanyaan dari pelanggan. Pramuniaga harus dapat menjawab pertanyaan pelanggan dengan jelas dan informatif.

Mereka juga harus dapat memberikan saran dan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

  • Membantu Pelanggan dalam Memilih Produk atau Jasa yang Tepat

Kemudian, pramuniaga juga memiliki tugas untuk membantu pelanggan dalam memilih produk atau jasa yang tepat. Pramuniaga harus memiliki pengetahuan yang luas tentang produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.

Mereka harus dapat membantu pelanggan menemukan produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan mereka.

  • Melakukan Proses Penjualan, seperti Pemesanan dan Pengiriman

Selanjutnya pramuniaga juga memiliki tugas untuk melakukan proses penjualan. Mereka harus dapat membantu seorang sales representative dalam melakukan proses penjualan, seperti pemesanan dan pengiriman.

  • Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Tugas terakhir yaitu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Pramuniaga harus dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan. Mereka harus dapat memberikan layanan yang memuaskan dan membuat pelanggan merasa nyaman.

Baca juga: Sales Officer Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Peluang Karir

Kualifikasi Sales Assistant

Ada beberapa kualifikasi yang harus dimiliki oleh orang yang ingin berkarir menjadi sales assitant. Kualifikasi ini dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu hard skill dan soft skill.

Kualifikasi Hard Skill

Hard skill adalah keterampilan yang dapat dipelajari dan diukur, seperti keterampilan teknis dan keterampilan operasional.

  • Pendidikan: Latar belakang pendidikan di bidang pemasaran, bisnis atau hubungan masyarakat akan menjadi nilai tambah.
  • Keterampilan teknis: Sales assistant yang bekerja di bidang teknologi informasi harus memiliki keterampilan teknis yang memadai, seperti keterampilan menggunakan komputer dan software penjualan.
  • Keterampilan operasional: Sales assistant harus memiliki keterampilan operasional yang baik, seperti keterampilan melayani pelanggan, keterampilan menggunakan alat tulis dan perlengkapan kantor, dan keterampilan manajemen stok.

Kualifikasi Soft Skill

Sementara, soft skill adalah keterampilan yang lebih bersifat priadi dan sulit diukur, seperti keterampilan komunikasi, keterampilan interpersonal, dan keterampilan organisasi.

  • Keterampilan komunikasi: Pramuniaga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tertulis. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif untuk menjawab pertanyaan, memberikan saran, dan menyelesaikan masalah.
  • Keterampilan interpersonal: Pramuniaga harus dapat bekerja sama dengan baik dengan orang lain, baik internal maupun eksternal perusahaan. Mereka harus dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan dan rekan kerja.
  • Keterampilan organisasi: Pramuniaga harus dapat mengelola waktu dan tugas dengan baik. Mereka harus dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dan sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan.

Selain kualifikasi yang kami sebutkan di atas, beberapa perusahaan juga mencari kandidat yang memiliki pengalam kerja di bidang penjualan atau pelayanan pelanggan.

Gaji Sales Assistant

sales assistant adalah
Sumber: freepik.com

Gaji seorang pramuniaga di Indonesia bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti pengalaman kerja, tingkat pendidikan, dan jenis industri. Menurut data dari Indeed, rata-rata gaji pramuniaga di Indonesia adalah Rp. 4.230.493 per bulan.

Gaji terendah seorang pramuniaga adalah Rp. 2.085.610 per bulan, sedangkan gaji tertinggi adalah Rp. 9.500.000 per bulan. Untuk posisi pramuniaga pemula, rata-rata gajinya adalah Rp. 2.600.000 hingga Rp. 4.000.000 per bulan.

Gaji tersebut biasanya sudah termasuk fasilitas benefit lain seperti gaji pokok, uang makan, uang transport, insentif, tunjangan hari raya, bonus, pelatihan, dan jenjang karir. Gaji ini dapat bertambah tergantung dari pengalaman kerja dan latar belakang pendikan kandidat.

Peluang Karir Sales Assistant

Peluang untuk posisi pramuniaga ini di Indonesia sangat luas. Dengan pengalaman dan keterampilan yang memadai seorang pramuniaga dapat berkembang menjadi posisi-posisi yang lebih tinggi seperti sales representative, sales manager, bahkan direktur penjualan.

Selain itu, seorang pramuniaga memiliki kesempatan untuk mengembangkan ketermapilan dan kemampuannya untuk bekerja di bidang lain, seperti marketing, customer service, atau business development.

Nah, dengan peluang karir yang sangat luas tersebut, kamu tidak perlu khawatir untuk memulai karir sebagai sales assistant penjualan di Indonesia. Banyak kesempatan yang hadir di Indonesia dan juga ada jenjang karir yang jelas untuk posisi ini.

Bagaimana, kamu mulai tertarik menggeluti bidang sales dan ingin berkarir menjadi sales assistant?

Demikianlah akhir dari artikel perihal posisi sales assistant yang bisa kami berikan. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menggeluti dan berkarir menjadi sales assistant.

Kamu bisa share artikel ini secara gratis melalui media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya