Everpro

Sales Motoris Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Peluang Karir

Sales motoris adalah? simak artikel ini untuk mengetahui penjelasan lengkap seputar posisi sales motoris spesial untuk kamu!

Salah satu peran yang penting dalam pemasaran bisnis yaitu peran dari sales motoris. Namun, apa itu sales motoris? mengapa berbeda dengan sales yang lainnya? dan apa saja tugas-tugasnya?

Pada artikel ini kami akan membahas secara lengkap perihal posisi sales motoris spesial untuk kamu. Jangan lewatkan informasi ini karena banyak informasi bermanfaat bagi kamu yang tertarik dengan bidang sales dan ingin berkarir menjadi sales motoris. Check it out!

Apa itu Sales Motoris

sales motoris adalah
Sumber: freepik.com

Apa pengertian dari sales motoris? secara pengertian sales motoris sebuah sebutan atau istilah bagi karyawan yang menjual produk atau jasa dengan menggunakan bantuan sepeda motor.

Istilah ini biasanya digunakan dalam industri penjualan langsung atau penjualan produk atau jasa yang memerlukan mobilitas tinggi. Mereka memiliki beberapa tugas seperti memasarkan barang jualan mereka secara langsung.

Mereka memiliki peran yang penting karena berinteraksi langsung dengan pelanggan. Kemudian, mereka harus meyakinkan pelanggan untuk dapat melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, mereka harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik.

Mereka memiliki ciri-ciri yang sangat khas seperti sepeda motor yang memiliki box atau tas yang berisi produk atau jasa yang mereka tawarkan. Pada motor tersebut juga banyak accesories yang berkaitan dengan produk yang mereka tawarkan.

Tugas Sales Motoris

Secara umum asisten penjualan memiliki tugas untuk membantu pelanggan dalam keseluruhan proses pembelian. Mereka membantu pelanggan untuk menemukan layanan atau produk yang mereka butuhkan. Umumnya, posisi ada pada perusahaan retail.

Berikut adalah beberapa tugas asisten penjualan secara lebih rinci:

  • Menerima dan Menanggapi Pertanyaan Pelanggan

Sales motoris harus dapat menjawab pertanyaan pelanggan dengan jelas dan informatif. Mereka juga harus dapat memberikan saran dan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

  • Membantu Pelanggan Memilih Produk atau Jasa yang Tepat

Sales motoris harus memiliki pengetahuan yang luas tentang produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Mereka harus dapat membantu pelanggan menemukan produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan mereka.

  • Melakukan Proses Penjualan

Sales motor dapat membantu sales representative dalam melakukan proses penjualan, seperti pemesanan dan pengiriman.

  • Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Sales motoris harus dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan. Mereka harus dapat memberikan layanan yang memuaskan dan membuat pelanggan merasa nyaman.

Kualifikasi Sales Motoris

sales motoris adalah
Sumber: freepik.com

Ada beberapa kualifikasi yang harus dimiliki oleh orang yang ingin berkarir menjadi sales motor. Kualifikasi ini dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu hard skill dan soft skill.

Kualifikasi Hard Skill

Hard skill adalah keterampilan yang dapat dipelajari dan diukur, seperti keterampilan teknis dan keterampilan operasional.

  • Pendidikan: Latar belakang pendidikan di bidang pemasaran, bisnis atau hubungan masyarakat akan menjadi nilai tambah.
  • Keterampilan teknis: Sales motor yang bekerja di bidang teknologi informasi harus memiliki keterampilan teknis yang memadai, seperti keterampilan menggunakan komputer dan software penjualan.
  • Keterampilan operasional: Sales motor harus memiliki keterampilan operasional yang baik, seperti keterampilan melayani pelanggan, keterampilan menggunakan alat tulis dan perlengkapan kantor, dan keterampilan manajemen stok.

Kualifikasi Soft Skill

Sementara, soft skill adalah keterampilan yang lebih bersifat priadi dan sulit diukur, seperti keterampilan komunikasi, keterampilan interpersonal, dan keterampilan organisasi.

  • Keterampilan komunikasi: Sales motor harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tertulis. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif untuk menjawab pertanyaan, memberikan saran, dan menyelesaikan masalah.
  • Keterampilan interpersonal: Sales motor harus dapat bekerja sama dengan baik dengan orang lain, baik internal maupun eksternal perusahaan. Mereka harus dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan dan rekan kerja.
  • Keterampilan organisasi: Sales motor harus dapat mengelola waktu dan tugas dengan baik. Mereka harus dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dan sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan.

Selain kualifikasi yang kami sebutkan di atas, beberapa perusahaan juga mencari kandidat sebagai sales motor sudah memiliki pengalaman kerja di bidang penjualan atau pelayanan pelanggan.

Gaji Sales Motor

Gaji seorang pramuniaga di Indonesia bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti pengalaman kerja, tingkat pendidikan, dan jenis industri. Menurut data dari Indeed, rata-rata gaji sales motor di Indonesia adalah Rp. 4.371.000 per bulan.

Gaji terendah seorang sales motor adalah Rp. 2.600.000 hingga Rp. 4.000.000 per bulan. Jumlah tersebut sudah termasuk benefit lain dari perusahaan seperti gaji pokok, uang makan, uang transport, insentif, THR, bonus, pelatihan dan jenjang karir.

Gaji ini dapat bertambah tergantung dari pengalaman kerja dan latar belakang pendikan kandidat. Semakin baik pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan maka gaji yang akan kamu terima juga semakin tinggi.

Selain itu, industri yang menawarkan gaji yang tinggi untuk posisi ini yaitu industri yang bergerak di bidang teknologi informasi dan manufaktur. Industri tersebut biasanya menawarkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan industri lain seperti retail atau jasa.

Peluang Karir Sales Motoris 

Kamu ingin berkarir menjadi sales motor di Indonesia? Jangan khawatir, karena peluang karir di Indonesia sangat menjanjikan. Asalkan kamu memiliki dedikasi, kemampuan penjualan yang baik, dan kemauan yang besar untuk terus belajar dan berkembang.

Kamu sudah mulai tertarik menggeluti bidang sales dan ingin berkarir menjadi sales motoris? Yuk, mulai dari sekarang!

Demikianlah akhir dari artikel perihal posisi sales motoris yang bisa kami berikan. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menggeluti dan berkarir menjadi sales motoris.

Kamu bisa share artikel ini secara gratis melalui media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya