Everpro

Sales Order Adalah: Penjelasan, Tujuan, Komponen dan Contohnya

Sales order adalah? Simak artikel ini untuk mengetahui jawaban dan juga penjelasan detailnya.

Pada transaksi jual beli, terdapat istilah sales order yang penjual kirimkan kepada pembeli sebagai bentuk konfirmasi transaksi. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan sales order ini? Mengapa penjual harus mengirimkannya ke pembeli?

Nah, pada artikel ini kami akan memberikan penjelasan lengkap perihal sales order untuk kamu. So, tanpa berlama-lama yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini. Check it out!

Apa itu Sales Order

sales order adalah
Sumber: freepik.com

Sales order yang dalam bahasa Indonesia berarti “pesanan penjualan” merupakan sebuah dokumen bisnis yang digunakan untuk mencatat dan mengkonfirmasi pesanan yang diberikan oleh pelanggan kepada perusahaan.

SO berisi detail tentang barang atau layanan yang dipesan oleh pelanggan, termasuk jumlah, harga, tanggan pengiriman, serta syarat-syarat pembayaran.

Dokumen ini umumnya mencakup informasi seperti identitas pelanggan, daftar item atau layanan yang dipesan, jumlah yang dipesan, harga per unit, jumlah total, tanggal pengiriman, metode pembayaran dan syarat-syarat lainnya yang relevan.

Ini merupakan langkah awal dalam proses penjualan yang penting dalam menjalankan bisnis dengan baik dan memberikan layanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Tujuan Sales Order

sales order adalah
Sumber: freepik.com

SO memiliki beberapa tujuan dalam pembuatannya. Berikut beberapa tujuan dari pembuatan dokumen ini:

  • Konfirmasi Pesanan

SO merupakan tanda bukti tertulis bahwa perusahaan telah menerima pesanan dari pelanggan. Ini membantu menghindari kebingungan atau kesalahan dalam proses pemesanan.

  • Manajemen Inventaris

Kemudian, SO juga memiliki tujuan untuk memabntu perusahaan atau bisnis untuk mengelola persediaan mereka dengan lebih baik.

Dengan memiliki catatan pesanan, perusahaan atau bisnis kamu dapat mempersiapkan atau memproduksi barang sesuai dengan permintaan pelanggan.

  • Penagihan

Selanjutnya, SO juga berguna sebagai dasar untuk membuat fakktur atau invoice kepada pelanggan setelah pesanan telah dipenuhi.

  • Pelacakan Pesanan

Tujuan selanjutnya yaitu pelacakan pesanan, SO dapat berguna untuk melacak status pesanan dari awal hingga proses pengiriman ke customer. 

  • Pelayanan Pelanggan yang Lebih Baik

Dengan memiliki catatan yang jelas, perushaan atau bisnis dapat memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik dan merespons pertanyaan atau perubahan pesanan dengan lebih efisien.

Itulah beberapa tujuan dari dokumen SO bagi perusahaan atau bisnis.

Komponen Sales Order

Setelah mengetahui tujuan dari pembuatan sales order, mari kita mengetahui komponen-komponen yang ada di dalamnya. Komponen ini penting untuk mencatat dan mengelola pesanan pelanggan dengan baik.

Berikut adalah beberapa komponen-komponen yang ada dalam sales order:

Informasi Kontak Pelanggan
  • Nama Perusahaan atau individu pelanggan
  • Alamat
  • Nomor telepon atau email
  • Nomor akun pelanggan (jika ada)
Daftar Item atau Layanan yang Dipesan
  • Nama dan deskripsi item atau layanan yang pelanggan pesan
  • Kode produk atau referensi produk (jika ada)
  • Jumlah yang pelanggan pesan dari setiap item atau layanan
Harga
  • Harga per item atau layanan
  • Total harga untuk setiap item atau layanan (harga per unit X jumlah)
Jumlah Total
  • Total keseluruhan harga dari semua item atau layanan yang pelanggan pesan
Tanggal Pengiriman
  • Tanggal ketika pesanan diharapkan akan dikirim atau diserahkan kepada pelanggan
Informasi Pengiriman
  • Alamat pengiriman (jika berbeda dari alamat pelanggan)
  • Metode pengiriman yang digunakan (misalnya, pengiriman ekspres, pengiriman reguler, ambil sendiri, dll)
  • Instruksi khsusu pengiriman jika ada
Syarat dan Ketentuan
  • Persyaratan atau syarat-syarat yang berlaku untuk pesanan, termasuk syarat pembayaran, garansi, kebijakan pengembalian, dsb
Nomor Referensi
  • Nomor referensi unik yang perusahaan gunakan untuk mengidentifikasi SO secara khusus, memudahkan pelacakan, dan pencatatan
Tanda Tangan atau Persetujuan
  • Tanda tangan atau persetujuan dari pihak yang bertanggung jawab (biasanya perwakilan perusahaan) dan kadang-kadang tanda tangan dari pelanggan untuk mengkonfirmasi pesanan
Keterangan Tambahan
  • Ruang untuk mencantumkan keterangan tambahan, catatan, atau instruksi spesifik yang berkaitan dengan pesanan

Contoh Sales Order

Di bawah ini terdapat beberapa contoh dari SO yang bisa jadi referensi untuk kamu dalam pembuatannya. Contoh ini kami dapatkan dari beberapa sumber yang ada di internet. Berikut beberapa contohnya:

  • Contoh 1 Toko Mainan

sales order adalah
Toko Mainan Sumber: google.com
  • Contoh 2 Toko Elektronik

sales order adalah
SO pada Toko Elektronik Sumber: MASERP
  • Contoh 3 Jasa Desain

sales order adalah
Jasa Desain Sumber: RedERP

Perbedaan antara Sales Order, Invoice, Purchase Order, Quotation 

Berikut beberapa perbedaan antara sales order, invoice, purchase order, quotation yang kami sajikan dalam bentuk tabel:

sales order adalah

Demikianlah artikel terkait sales order atau pesanan penjualan yang ada dalam proses transaksi penjualan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang SO atau ingin membuatnya untuk keperluan bisnis.

Share artikel jika bermanfaat bagi kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya