everpro

Ketahui Trik Jitu Bisnis! Sales Promosi: Definisi, Tujuan, dan Tips

Perkembangan bisnis tergantung pada sales promosi. Ibaratnya sales promosi adalah jantungnya perusahaan.

Semakin banyak melakukan sales promotion maka akan semakin berkembang pula bisnisnya.

Semua perusahaan akan selalu bergantung pada tingkat kesuksesan sales promotion.

Tak heran jika sales promotion ini sangat membutuhkan orang-orang yang ahli di bidangnya.

Namun bukan berarti sales promotion ini sulit untuk di lakukan.

Sebenarnya, hanya perlu banyak pengalaman saja agar mampu meningkatkan kemampuan menjadi sales promotion.

Semakin jam terbang tinggi maka akan semakin ahli dalam menawarkan produk.

Maka dari itu seorang pengusaha penting mempelajari sales promotion, berikut penjelasannya:

Baca juga: GNP Adalah: Pengertian, Rumus, dan Perbedaannya dari GDP

Definisi: Sales Promosi

sales promosi
Sumber: pexels.com

Sales promotion adalah penjualan yang di lakukan oleh seorang sales, Sales sendiri adalah orang yang mampu menawarkan produk kepada para calon konsumen, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang di tawarkan.

Sales promotion biasanya di tawarkan secara langsung, jadi berbeda dengan iklan yang hanya di tampilkan lewat gambar atau audio visual saja.

Yang mengedepankan pelayanan secara face to face,  hal ini di lakukan agar penawaran produk bisa langsung di respon secara akal dan rasional.

Dengan adanya sales promotion, konsumen bisa langsung melihat produk secara langsung sehingga bisa meningkatkan kepercayaan terhadap penawaran produk.

Tujuan Sales Promotion

Promosi yang di lakukan sales akan lebih meningkatkan Brand Awareness, sehingga akan menumbuhkan angka penjualan.

Berikut tujuan di adakannya sales promotion:

  • Loyalitas Konsumen

Pembeli adalah raja menurut orangtua zaman dulu ya seperti ini. Namun kalimat tersebut bisa kita implementasikan dengan cara kekinian.

Menawarkan sambil menyajikan produk secara langsung dan menginformasikannya secara lengkap, akurat dan tepat merupakan sebuah loyalitas sales yang perlu di apresiasi.

Loyalitas itu merupakan sebuah perjuangan yang mengorbankan diri agar tercapai tujuannya.

Tanpa ada loyalitas tak mungkin perusahaan bisa berkembang dengan pesat.

Maka dari itu perusahaan juga haruslah memenuhi kesejahteraan para salesnya sebagai bentuk tanggung jawab selama sales bekerja di perusahaan.

  • Brand Awareness

Banyak marketing online yang menampilkan produk hanya melalui audio visual saja, hal ini menimbulkan 2 kemungkinan pada konsumen.

Konsumen agar bersikap percaya atau tidak percaya, penyebab ketidakpercayaannya adalah karena konsumen belum bisa melihat gambar asli saat memilih produk yang akan di beli.

Mungkin saja sudah melihat dari gambar, namun teknologi saat ini begitu cerdas dengan berbagai fitur yang menarik.

Salah satu kelemahannya adalah bisa jadi produk yang di kirim tidak sesuai dengan yang ada di foto.

Dengan adanya sales promotion, konsumen bisa melihat dan menyentuh secara langsung produk sehingga timbul kepercayaan dan penilaian yang sesuai terhadap produk.

  • Kompetitif yang Stabil

Bila semua konsumen sudah di tawarkan produk secara langsung, maka akan dengan mudahnya konsumen membeli kembali produk yang sama.

Hal ini menyebabkan penjualan tetap stabil, namun tetap harus di waspadai karena pastinya kompetitor akan menggunakan strategi lainnya. 

Jadi gunakanlah promosi dengan menghadirkan diskon atau give away, agar konsumen membli banyak produk.

  • Media untuk New Product

Tak hanya untuk menawarkan produk lama saja, justru dengan adanya sales promotion, hal ini bisa menjadi wadah untuk produk baru untuk di kenal oleh masyarakat secara langsung.

Baca juga: Kenali Arti Likuiditas yang Sebenarnya!

Tips Sales Promosi

sales promosi
Sumber: pexels.com
  • Target Promosi dengan Reward

Buatlah suatu target promosi yang bisa di raih oleh tim sales promosi dalam waktu jangka harian, mingguan, bulanan atau tahunan.

Hal ini akan memacu semangat penjualan, karena setelah tercapai targetnya maka biar lebih seru, perusahaan menentukan reward kepada tim sales yang berhasil sesuai target.

  • Target Pasar Sales Promosi

Menurut Grameds, beliau bisa menganalisa dan juga memahami melalui database pelanggan.

Melalui database tersebut bisa melakukan identifikasi tentang beberapa permasalahan yang bisa di selesaikan dengan menggunakan produk yang kamu tawarkan. 

Dengan begini kamu akan memiliki data target pasar yang terbagi dari segmentasi, target, dan juga permasalahan mereka.

Data ini juga menjadi dasar bagi Grameds untuk membuat program sales promotion.

Target pasar bisa di bedakan menjadi generasi anak sekolah, mahasiswa, orang kantoran atau ibu rumah tangga.

Dengan menentukan target pasar, produk bisa di adakan sesuai kebutuhannya.

  • Manfaatkan Kesempatan Sales Promosi

Kesempatan atau momen yang di nanti-nanti bisa menjadi hal yang bisa diambil manfaatnya. Seperti saat lebaran, banyak warga yang membutuhkan pakaian baru, bumbu-bumbu makanan dan lain-lain.

Sebagai pengusaha kita bisa menghadirkan produk yang sedang di butuhkan oleh masyarakat. Sehingga penghasilan penjualan akan meningkat

  • Promosi Khusus Sales Promosi

Jika sudah memiliki banyak pelanggan, alangkah baiknya pelanggan tersebut di beri promosi khusus sebagai bentuk Reward.

Hal ini untuk tetap menjaga agar konsumen perusahaan tidak mencari produk ke tempat lain.

Sekian artikel istilah bisnis yang di sampaikan. Oh iya bertepatan dengan tanggal Hari Ibu, penulis mengucapkan : “Selamat Hari Ibu di Seluruh di dunia ya, semoga selalu sehat dan bahagia!” Nantikan artikel yang bermanfaat dan inspiratif lainnya di Everpro.id!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya