everpro

Shopee Seller Bisa Go Internasional, Raih Banyak Keuntungan!

shopee seller

Tak perlu khawatir sebagai pemula di Shopee seller, jika Anda memiliki semangat tinggi dan percaya akan sebuah proses, maka bersiaplah untuk menjadi star seller Shopee yang bisa go internasional. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui informasi dasar tentang seller di sini.

Kabar baik untuk sobat MEA, bahwa program ekspor Shopee memfasilitasi para UMKM lokal di Indonesia untuk menjual produknya ke luar negeri. Namun, tentu saja terdapat kriteria dalam berjualan ke luar negeri. Kira-kira apa saja kriterianya? Marik simak di bawah.

Anda harus mempunyai 1 produk aktif dengan stok minimal 2, akumulasi poin penalti kurang dari 3, dan toko aktif selama 3 bulan. Kemudian, punya tingkat pembatalan pesanan kurang dari 3% selama 90 hari terakhir, minimal 3 penjualan selama 1 bulan terakhir.

Paling penting adalah penjual bukan bisnis dropship. Mungkin bagi sebagian orang masih bingung dengan penjelasn tadi, supaya memudahkan Anda yang ingin jualan di Shopee. Sebaiknya, Anda kenali informasi dasar terlebih dahulu sebagai berikut.

Shopee Seller Indonesia

shopee seller
Sumber: google.com

Pada tahun 2015, Shopee adalah sebuah platform belanja online terdepan di Asia Tenggara. Disesuaikan untuk tiap wilayah dan menyediakan pengalaman berbelanja online mudah, aman, dan cepat bagi setiap pelanggan melalui dukungan pembayaran canggih dan logistik yang kuat.

Saat ini, penjual atau sebutannya sebagai Shopee seller dapat dengan mudah memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru. Tentang bagaimana cara mengembangkan bisnis online secara lebih baik, untuk menjangkau pembeli mobile-first di Asia Tenggara dan Taiwan.

Tak hanya itu, ShopeePay merupakan dompet seluler yang luncur pertama kali pada tahun 2018 di Indonesia dan telah tersedia bagi para pengguna di negara Asia Tenggara. Perusahaan percaya pada kekuatan transformatif dari teknologi dan ingin mengubah dunia menjadi lebih baik.

Apa itu Seller Shopee?

shopee seller
Sumber: google.com

Seller Shopee adalah seseorang yang menjual produk berupa barang kepada konsumen agar mendapat keuntungan. Saat ini banyak orang mulai beralih profesi menjadi Shopee seller dan menjadikan transaksi jual beli barang lebih mudah serta praktis.

Sehingga banyak keuntungan bagi Anda dari sektor perdagangan online di platform e-commerce dan media sosial lainnya. Untuk menjadi Shopee star seller Anda membutuhkan beberapa tips ampuh seperti jadi seller yang informatif, menyediakan transaksi mudah, dan lainnya.

Everpro

Baca juga: Apa Itu Mitra Shopee Express? Penjelasan Lengkap, Disini!

Berapa Pajak Penjual di Shopee?

shopee seller
Sumber: google.com

Pertanyaan ini menjadi begitu penting untuk dibahas, karena pajak e-commerce telah ada peraturannya oleh pemerintah. Pada pertengahan tahun 2022, media berita di Indonesia membahas warganet heboh karena salah satu penjual Shopee mendapat surat tagihan pajak.

Namun, setelah Direktorat Jenderal Pajak Indonesia mengatakan bahwa surat tersebut bukanlah surat tagihan pajak melainkan surat permintaan klarifikasi dan himbauan kewajiban perpajakan. Meski begitu, rupanya jualan di Shopee ada pajaknya dan Anda harus betul memahaminya.

Cara Menghitung Pajak Jualan

Besaran pajak dapat Anda hitung sendiri dengan rumus yang ada pada contoh berikut. Sebagai contoh, jika Toko Ponsel Rahmat memiliki omzet bruto sebesar Rp4 miliar per tahun maka akan dikenakan PPh final 0,5% dengan perhitungan seperti berikut:

 

PPh Final 0,5% x Omzet Bruto
PPh Final 0,5% x Rp4.000.000.000
PPh Final Rp20.000.000 per tahun
PPh Final Rp.1.666.666 per bulan

 

Setelah Anda menghitung besaran pajak, berdasarkan PMK 010/2018 Nomor 210 bahwa ada beberapa hal yang harus pemilik bisnis siapkan untuk bisa membayar kewajiban pajak. Mulai dari dokumen NPWP atau NIK (jika belum memiliki NPWP), dan pembayaran lewat pajak.go.id.

Apa Itu Star Seller Shopee?

shopee seller
Sumber: google.com

Penjual star shopee adalah penjual terpilih dan terpercaya yang terbukti memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik untuk pembeli. Program star seller memberikan keuntungan kepada penjual terpilih secara eksklusif oleh Shopee.

Sebagai bentuk apresiasi pengakuan atas penjualan dan layanan pembeli yang sangat baik. Penjual yang memenuhi kriteria tersebut, akan mendapatkan undangan untuk bergabung dalam program melalui notifikasi dan dapat bergabung jika bersedia.

Baca juga: Shopee Express Solusi Kirim Paket, Bagi Penjual Online!

Cara Menjadi Star Seller

shopee seller
Sumber: google.com

Sebagai bentuk penghargaan yang diberikan langsung oleh perusahaan kepada pemilik toko atau seller aktif, menjadi star seller akan mendatangkan ba

nyak keuntungan kepada dua belah pihak antara penjual dan pembeli. Akan tetapi terdapat persyaratan yang harus terpenuhi.

Anda harus memiliki persentase 75% dalam membalas pesan pembeli, memiliki penilaian atau rating minimal 4.5 dari pembeli, jumlah pre-order lebih dari 20% dalam 5 hari. Kemudian memiliki transaksi 30% atau pendapatan Rp20 juta dalam 30 hari terakhir.

  1. Mampu untuk membalas chat pembeli dengan persentase lebih dari 65%
  2. Memiliki rating toko lebih dari 4.4 (usahakan lebih dari minimal)
  3. Dalam 30 hari terakhir memiliki jumlah pre-order lebih dari 300 produk
  4. Dapat melayani sembilan pembeli berbeda pada 30 hari terakhir

Apa Itu Seller Center Shopee?

shopee seller
Sumber: google.com

Shopee seller center adalah fitur khusus bagi penjual untuk mengelola toko dengan lebih mudah melalui komputer, terutama apabila Anda memiliki pesanan dalam jumlah yang banyak. Melalui seller center, Anda dapat menemukan berbagai fitur unggulan yang dapat membantu penjualan.

Kegunaan fitur bagi pengiriman lebih sistematis, atur pesanan dengan efektif, kelola daftar produk dengan mudah, mempromosikan produk lebih efektif. Kemudian terdapat analisis data perkembangan bisnis, meningkatkan layanan pembeli, dan optimalkan branding toko.

Cara Membuat Akun Bisnis

  1. Masuk ke website https://seller.shopee.co.id
  2. Klik menu Daftar melalui Facebook, Google, dan Apple
  3. Lengkapi Informasi Akun dan masukkan Nomor HP/Email
  4. Tunggu Kode Verifikasi nomor HP agar memudahkan proses penjualan
  5. Kemudian, ubah Username dan lengkapi Profil Toko

Cara Mengatur Alamat Toko

  1. Masuk ke laman resmi https://seller.shopee.co.id
  2. Pilih Alamat Saya dan klik tombol Ubah
  3. Kemudian, klik Pilih Lokasi dan tentukan koordinat alamat
  4. Jika koordinat sudah tepat, klik Konfirmasi dan klik tombol Simpan

Keuntungan Berjualan di Aplikasi Shopee Seller

shopee seller
Sumber: google.com

Pertama, bisa mengatur operasional toko secara mudah dan dapat membantu dalam meningkatkan performa toko. Seperti mengatur rincian nama toko dan deskripsi agar semakin menarik bagi para pelanggan, karena informasi toko mempengaruhi kepercayaan pelanggan.

Kedua, fitur Shopee live dapat membantu Anda dalam promosi toko dan produk melalui siaran langsung kepada pelanggan. Sehingga Anda dapat berinteraksi langsung dengan pembeli saat melakukan live streaming. Komunikasi tersebut sangat baik dalam menjalin hubungan.

Ketiga, Anda dapat mengubah daftar produk dan memantau penjualan produk. Walaupun tidak mengakses seller center, tetap bisa mengaksesnya di fitur aplikasi Shopee. Bahkan, Anda dapat upload media foto dan video ke daftar produk secara instan, cepat, dan amat mudah.

Keempat, fitur chat penjual memudahkan Anda merespon pelanggan kapan pun dan di mana pun. Kemudian fitur penjualan saya, akan memudahkan dalam bertindak dan merespon secara cepat terhadap pesanan yang perlu Anda kirim, pembatalan, dan pengembalian barang/dana.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?