Tiktok Shop Seller Center, Bikin Jualan Online Cepat Laku di Tahun 2023!

Pilihan tepat bagi Anda mencoba peluang besar di Tiktok Shop Seller! Bagi Anda yang belum mengetahui tentang seller Tiktok, berikut penjelasan lengkapnya. Mulai dari pengertian dan perbedaan Tiktok Shop dengan Tiktok seller center.

Tiktok sangat membantu seller untuk menjangkau konsumen lebih luas, bahkan beberapa tahun kebelakang sedang populer dengan pengguna mencapai miliaran. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, supaya tahu cara jitu produk bisa cepat laku.

Akan tetapi, melalui aplikasi ini. Anda bisa melakukan penjualan dan pembelian melalui fitur terbaru yang telah tersedia. Serta jangkauan pasar luas seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Inggris, dan Filipina.

Apa Itu Tiktok Seller?

tiktok shop seller
Sumber: google.com

Tiktok shop seller adalah sebuah platform e-commerce yang menyediakan tempat bagi seller untuk berjualan. Dimana seller dapat melakukan operasional dan pengelolaan toko secara bersamaan di dalam akun tersebut, dengan mudah dan tentunya tanpa ribet.

Tiktok seller sebagai media penjualan yang memiliki keunggulan bagi seller untuk menyematkan produk jualan, dalam sebuah video berdurasi pendek maupun sebaliknya. Jika telah menyematkan produk, maka akan muncul icon keranjang kuning di bagian bawah video. Apabila pengunjung tertarik, maka Ia akan melakukan pembelian secara praktis.

Baca juga: Pengertian dan Kiat Sukses Menjadi Content Creator

Apa Itu Tiktok Seller Center?

tiktok shop seller
Sumber: google.com

Tiktok seller center adalah tempat akun toko dari Tiktok seller, sehingga agar Anda bisa mengakses Tiktok shop dengan cara membuat toko online di Tiktok seller center. Dilansir dari situs resmi yang bersangkutan, bahwa cara membuat akun melalui link seller tiktok.

Selama ini, dikutip dari halaman Tiktok bahwa fitur Tiktok seller center telah memiliki banyak pengguna di beberapa negara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Inggris. Sehingga dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk berjualan dengan pasar yang lebih luas.

Namun di lansir dari halaman CNBC Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan merilis daftar perusahaan digital asal luar negeri yang memiliki kewajiban memungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10% kepada penggunanya.

Cara Membuat Toko Seller Tiktok

tiktok shop seller
Sumber: google.com

Langkah pertama bagi Anda untuk membuat akun di Tiktok shop seller yaitu melalui link website ini https://seller-id.tiktok.com/ dan lakukan proses pendaftaran sebagai penjual dengan akun Tiktok pribadi Anda. Selain itu, bisa mendaftar dengan nomor telepon dan alamat email.

Kedua yaitu lengkapi keterangan data toko Anda serta masukkan alamat toko untuk penjemputan barang nantinya. Data tersebut berupa alamat lengkap, kode pos, dan kontak personal aktif. Informasi ini amat penting bagi kemudahan Anda berjualan.

Ketiga adalah mencentang tulisan “set as return address” untuk mengatur tempat pengembalian barang dan menambahkan alamat baru dan bisa juga menggunakan alamat sebelumnya. Serta mencentang “agree to the relevant terms and conditions” dan klik “start”.

Cara Verifikasi Dokumen Tiktok Seller

tiktok shop seller
Sumber: google.com

Setelah mengetahui cara membuat toko bagi seller tiktok shop, langkah selanjutnya adalah harus mengunggah beberapa dokumen dan melakukan verifikasi data. Pada halaman beranda tiktok seller center klik “verify documents” dan unggah dokumen.

Jika Anda menjalankan bisnis individu, maka Anda harus mengunggah KTP atau SIM. Tak hanya itu, apabila Anda menjalankan bisnis perusahaan maka harus mengunggah surat izin bisnis dan dokumentasi identifikasi bisnis yang tersedia dari pemerintah.

“Gamau berat di ongkos saat melakukan pengiriman? Tenang, pakai Everpro Shipping aja! Manfaatkan cashback terbaik dan COD FEE termurah tanpa minimal order, lho!”

Dapatkan promonya sekarang juga, dengan klik banner di bawah ini ya!


Selanjutnya yaitu lakukan peninjauan dokumen dan kirim ke pihak Tiktok. Apabila Anda gagal dalam proses peninjauan maka Anda akan menerima email dari pemberitahuan tentang cara mengirim ulang dokumen tiktok seller marketplace.

Tips Berjualan di Tiktok Shop Seller

tiktok shop seller
Sumber: google.com

Tips cepat laku jualan di Tiktok seller shop adalah mengoptimalkan katalog produk-produk yang tampil sebagai katalog etalase. Pastikan bahwa gambar produk memiliki kualitas yang bagus dan menarik. Sehingga mudah dikenali dan punya ciri khas tertentu bagi pengunjung.

Kemudian, bekerja sama dengan influencer di Tiktok sebagai jalan membuka peluang untuk menarik banyak pembeli. Sebab influencer biasanya memiliki kemampuan untuk mengajak para pengikut atau followers agar membeli produk yang telah mereka rekomendasikan.

Apabila kedua hal tersebut sudah Anda lakukan, maka tips terakhir yaitu melakukan promosi agar produk dapat cepat laku, tak terkecuali saat berjualan di Tiktok shop seller. Tak hanya itu, Anda bisa membagikan tautan toko atau produk di akun media sosial lainnya.

Baca juga: Mudah! Cara Daftar Shopee Affiliate dan Syarat Ketentuannya

Demikian uraian lengkap mengenai Tiktok Shop Seller Center. Kini anda dapat memulai bisnis dan meraih keuntungan dengan membuka toko di Tiktok.

Untuk mendapatkan informasi jasa pengiriman terbaik tentu kemudahan teknologi sangat diperlukan. Anda pasti tidak ingin repot membuka satu persatu website ekspedisi yang akan membuang banyak waktu. Maka dari itu Everpro hadir untuk memudahkan kebutuhan pengiriman anda.

Layanan Ekspedisi Terpercaya Untuk Kirim Paket Se-Indonesia

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja 
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan 
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Dengan fasilitas Cek Ongkir di Everpro anda tidak perlu membuka website satu persatu lagi. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan bisnis Anda bersama Shipping Everpro sekarang juga!

Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, download EBook Kiat Sukses Membangun Bisnis Online di Marketplace, Gratis!

Artikel Lainnya