Everpro

10 Struktur Landing Page yang Baik, Raih Conversion Rate Tinggi!

Mau bikin landing page yang bisa raih konversi tinggi? Yuk pahami struktur landing page!

Landing page adalah halaman website yang dirancang khusus untuk kampanye pemasaran. Bisa dibilang, landing page merupakan bagian dari media untuk beriklan.

Meskipun tampilannya sederhana, bikin landing page nggak semudah yang dibayangkan. Landing page yang sukses harus dibuat semenarik mungkin dengan struktur tertentu.

Mari simak artikel ini karena akan menjabarkan stuktur landing page yang baik.

Pentingnya Landing Page untuk Bisnis 

struktur landing page
Sumber: canva.com

Menarik Pelanggan untuk Bertransaksi 

Landing page itu ibarat cover dari sebuah buku bacaan. Semakin menarik tampilan dan strukturnya, pengujung juga bakal semakin penasaran dengan apa yang kamu tawarkan.

Beda dengan website yang punya banyak halaman, landing page langsung bisa ngarahin user ke tujuan utama, entah itu beli produk, mendaftar, coba demo gratis, dan lainnya.

Intinya, landing page bisa bantu user fokus dan lebih cepat ambil keputusan untuk transaksi.

Mengumpulkan Data Pelanggan

Landing page juga bisa dipakai sebagai media untuk ngumpulin data pelanggan. Melalui formulir sederhana, kamu bisa minta user untuk isi info seperti nama, email, atau nomor telepon.

Data ini bakal berharga banget buat strategi pemasaran kedepannya. Kamu bisa tahu siapa aja yang tertarik dengan produk kamu dan bisa follow-up customer dengan penawaran khusus.

Baca Juga: 10 Contoh Kata-Kata Follow Up Customer

Meningkatkan Konversi 

Konversi itu intinya adalah gimana kamu bisa mengubah pengunjung jadi pelanggan. Nah, landing page dirancang khusus buat itu.

Dengan elemen-elemen kayak headline menarik, gambar keren, dan tombol call-to-action yang jelas, peluang pengunjung buat klik dan lanjut ke tahap berikutnya jadi lebih besar.

Semuanya dibuat simpel dan fokus, tanpa gangguan-gangguan yang bikin bingung. Hasilnya, tingkat konversi jadi lebih tinggi, dan bisnis kamu pun makin sukses.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Landing Page Tanpa Ribet di Everpro

Struktur Landing Page yang Baik

struktur landing page
Sumber: canva.com
Pahami komponen-komponen penting struktur landing page antara lain: 

Headline dan Subheadline

Hadline dan sub headline merupakan judul utama dan penjelasan singkat yang paling awal muncul ketika pengujung buka landing page kamu.

Buatlah struktur paling atas di landing page sebaik mungkin biar pengujung bisa langsung ngerti dan tertarik dengan apa yang bakal kamu tawarkan.

Headline harus singkat, jelas, dan bikin penasaran, sementara subheadline ngasih gambaran tambahan.

Social Proof

Social proof atau bukti sosial adalah kondisi psikologis yang mana seseorang cenderung mengikuti tindakan atau pendapat orang lain saat berada di situasi yang tidak pasti.

Nah elemen satu ini juga menjadi bagian dari struktur landing page yang bagus. Ini seperti bukti sosial yang nunjukin kalau produk atau layanan kamu bisa dipercaya banyak orang termasuk pembaca.

Ada banyak bentuk social proof di landing page, seperti:

  • Review produk
  • Testimoni pelanggan
  • Jumlah followers atau subscriber
  • Jumlah like dan komen
  • Achievement atau sertifikat
  • dan banyak lagi.

Kendala yang Sering Terjadi

Sebagian besar pengujung landing page adalah orang-orang yang punya problem terhadap suatu hal dan sedang mencari solusi untuk mengatasinya.

Berikan konten tentang masalah yang kerap audiens hadapi dan gimana produk atau layanan kamu bisa jadi solusinya. Masalah ini bisa kamu sajikan dalam bentuk cerita atau list yang enak dibaca.

Buatlah mereka ngerasa “Oh iya, ini yang gue butuhin!”

Deskripsi Singkat Bisnis

Informasi tentang bisnis atau brand kamu itu nggak kalah penting. Jelasin singkat tentang bisnis kamu, misalnya apa nama bisnisnya, apa yang kamu tawarkan, dan manfaatnya untuk pelanggan.

Nggak harus panjang dan bertele-tele, cukup kasih gambaran umum yang bikin pengujung ngerti. Kalau terlalu panjang, bisa-bisa pengujung bosen dan malah keluar dari landing page kamu.

Informasi Produk atau Layanan

Karna landing page ini untuk promosi bisnis, artinya info soal produk atau layanan termasuk stuktur yang harus ada.

Selain daftar tawarannya, highlight juga keuntungan yang bakal pengujung dapatkan. Kamu bisa buat konten yang berfokus ke apa yang audiens butuhin dan gimana kamu bisa bantu mereka.

Unique Selling Poposition (USP)

Struktur landing page yang baik harus menampilkan USP dengan jelas. USP atau nilai jual unik adalah keunikan yang bikin produk atau layanan bisnis kamu lebih baik dari kompetitor.

Kenapa mereka harus milih produk atau layanan kamu dibanding kompetitor? Jelasin dengan jelas dan menonjol di struktur landing page satu ini!

Testimoni atau Ulasan Pelanggan 

Nggak mudah untuk yakinkan calon pelanggan bahwa produk atau layanan kamu adalah solusi yang tepat untuk mereka. Karena itulah testimoni jadi struktur landing page yang tak kalah penting.

Berikan testimoni dari pelanggan yang udah puas sama produk atau layanan kamu. Dengan ini, pengujung makin percaya, yakin akan kredibilitas bisnis kamu, dan milih untuk closing.

Hero Image

Landing page yang penuh dengan tulisan itu cukup ngebosesin dan bikin audiens jenuh! Kamu perlu cantumkan gambar atau video menarik dan relevan untuk menarik perhatian pengunjung.

Pastikan visual ini ngedukung pesan yang mau kamu sampaikan di headline dan subheadline.

Penawaran Khusus

Siapa sih yang nggak tertarik dengan penawaran spesial seperti diskon atau promo? Nah kamu bisa cantumkan penawaran khusus yang sedang berlangung di struktur landing page.

Penawaran ini bisa seperti diskon, bonus, uji coba gratis, voucher, atau potongan untuk member baru. Ini bisa bikin pengunjung merasa lebih terdorong buat action sekarang juga.

Call to Action (CTA)

Tujuan paling utama dari landing page bisnis pastinya agar pengunjung ngelakuin suatu tindakan yang menguntungkan bisnis kamu. Karena itulah penting banget untuk cantumin CTA.

Call to action (CTA) adalah ajakan kepada pengunjung untuk melakukan tindakan spesifik, seperti “Daftar Sekarang”, “Beli Sekarang”, atau “Hubungi Kami”.

Pastikan CTA ini jelas, mencolok, dan gampang ditemukan, ya!

Baca Juga: Landing Page Lebih Interaktif Dengan Section Baru!

Komponen-komponen Penting Struktur Landing Page

struktur landing page
Sumber: canva.com

Copywriting 

Struktur landing page yang baik tak akan jauh-jauh dari copywriting yang menarik, jelas, mudah dipahami, dan bisa memicu emosi tertentu.

Copywriting adalah seni menulis teks yang menarik dan perfuasif untuk mempengaruhi pengunjung melakukan tindakan tertentu, misalnya klik tombol CTA.

Konten 

Konten di landing page haruslah informatif, relevan, dan menarik. Ini termasuk teks, gambar, video, grafik, dan elemen lain untuk menyampaikan pesan dan menarik minat pengunjung.

Desain Visual 

Desain visual memainkan peran penting dalam menarik perhatian pengunjung dan membuat kesan yang kuat. Ini mencakup tata letak (layout), warna, font, gambar, dan elemen visual lainnya.

Baca Juga: 9+ Contoh Landing Page UMKM yang Sukses

Mudah Buat Landing Page di Everpro

Tahu nggak sih, kalau struktur landing page di atas bisa kamu bikin dengan mudah dan cepat hanya di layanan Funnel Everpro, loh!

Lewat fitur Landing Page Builder, kamu bisa rancang landing page hitungan menit dengan banyak template gratis. Kamu juga bakal dapetin sub domain dan hosting gratis sekaligus!

Bayangin, bikin landing page untuk bisnis tanpa harus ngoding dan bayar hosting? Yuk, daftar sekarang dan buat landing page impianmu di Everpro!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan kamu bisa baca iinformasi menarik lainnya di blog Everpro.

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya