everpro

5 Langkah Menjadi Supplier Gula Pasir Langsung dari Pabrik, Gampang!

Ingin mulai bisnis menjadi supplier gula pasir langsung dari pabrik? Coba deh simak artikel ini untuk mengetahui informasi selengkapnya seputar supplier gular pasir langsung dari pabrik!

Gula pasir adalah salah satu bahan pokok yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

Gula pasir memiliki berbagai fungsi, mulai dari pemanis minuman, bahan pembuatan kue, hingga bumbu masakan. Namun, harga gula pasir di pasaran seringkali tidak stabil dan cenderung mahal.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencari alternatif selain membeli gula pasir di toko atau pasar tradisional. Salah satu alternatif yang bisa dipilih adalah menjadi distributor atau supplier gula pasir langsung dari pabrik. 

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga gula pasir yang lebih murah dan kualitas yang lebih terjamin. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari menjual gula pasir kepada pelanggan kamu dengan harga yang lebih tinggi.

Namun, bagaimana cara menjadi distributor atau supplier gula pasir langsung dari pabrik? Apa saja syarat dan langkah-langkahnya? Berikut ini kami akan menjelaskan secara lengkap dan mudah untuk kamu. 

Simak informasi selengkapnya disini sampai habis ya!

Langkah Menjadi Supplier Gula Langsung dari Pabrik

Menjadi supplier gula langsung dari pabrik adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Gula adalah salah satu komoditas yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri.

Dengan menjadi supplier gula langsung dari pabrik, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan kualitas yang lebih terjamin daripada membeli dari tengkulak atau distributor.

Selain itu, Anda juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan keuntungan Anda. Untuk menjadi supplier gula langsung dari pabrik, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal, seperti modal, perizinan, sarana transportasi, jaringan pemasaran, dan manajemen stok.

Berikut adalah 5 langkah menjadi supplier gula langsung dari pabrik:

Mencari Informasi Tentang Pabrik Gula Pasir Terdekat

supplier gula langsung dari pabrik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi tentang pabrik gula pasir yang ada di Indonesia. Kamu bisa mencari informasi tersebut melalui internet, media sosial, atau rekomendasi dari teman atau kerabat. 

Ada banyak pabrik gula pasir yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta Timur, Surabaya, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan lain-lain. Kamu harus memilih pabrik gula pasir yang sesuai dengan kebutuhan dan lokasi kamu.

Layanan Cepat Tanggap

Misalnya, jika kamu berada di Jakarta Timur, kamu bisa memilih pabrik gula pasir yang berlokasi di Jakarta Timur atau sekitarnya.  Hal ini akan memudahkan kamu dalam hal pengiriman dan biaya transportasi.

Baca Juga: Tertarik Usaha Supplier Baju Thrift Karungan, Intip Ini!

Menghubungi Pabrik Gula Pasir

supplier gula pasir langsung dari pabrik
Sumber: unsplash.com

Setelah menemukan pabrik gula pasir yang sesuai dengan kebutuhan dan lokasi kamu, langkah selanjutnya adalah menghubungi pabrik tersebut. Kamu bisa menghubungi pabrik gula pasir melalui telepon, email, atau media sosial. 

Tujuan kamu menghubungi pabrik gula pasir adalah untuk menanyakan informasi seputar produk, harga, kualitas, persediaan, syarat dan ketentuan menjadi distributor atau supplier.

Kamu harus menanyakan informasi tersebut secara detail dan jelas agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

Kamu juga harus menanyakan apakah pabrik gula pasir tersebut memiliki merek dagang sendiri atau tidak.  Jika ya, kamu harus mengetahui nama merek dagang tersebut dan apakah kamu boleh menggunakan merek tersebut atau tidak.

Mengunjungi Pabrik Gula Pasir

supplier gula langsung dari pabrik

Langkah ketiga yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi pabrik gula pasir yang telah kamu hubungi sebelumnya. Mengunjungi pabrik gula pasir adalah penting untuk memastikan bahwa pabrik tersebut benar-benar ada dan bukan penipuan. 

Selain itu, dengan mengunjungi pabrik gula pasir, kamu bisa melihat langsung proses produksi, kualitas produk, fasilitas, dan stok barang.

Kamu juga bisa bertemu langsung dengan pemilik atau manajer pabrik gula pasir untuk membicarakan lebih lanjut tentang kerjasama menjadi distributor atau supplier. 

Kamu bisa menegosiasikan harga, jumlah pembelian minimal, cara pembayaran, cara pengiriman, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Tanda Tangan Kontrak Kerjasama

supplier gula langsung dari pabrik

Langkah keempat yang harus kamu lakukan adalah menandatangani kontrak kerjasama dengan pabrik gula pasir. Kontrak kerjasama adalah dokumen resmi yang mengikat kedua belah pihak dalam hubungan bisnis. 

Kontrak kerjasama harus berisi hal-hal penting dalam kesepakatan kerjasama. 

Berikut hal-hal penting dalam kontrak kerjasama:

  • Nama dan alamat kedua belah pihak
  • Jenis produk yang dibeli dan dijual 
  • Harga produk per kilogram atau per karung
  • Jumlah pembelian minimal per bulan atau per tahun
  • Cara pembayaran dan pengiriman barang
  • Hak dan kewajiban kedua belah pihak
  • Sanksi jika ada pelanggaran kontra
  • Masa berlaku kontrak kamu 
  • Tanda tangan kedua belah pihak

Kontrak kerjasama harus dibuat secara tertulis dan disahkan oleh notaris agar memiliki kekuatan hukum yang sah. 

Kontrak kerjasama juga harus dibuat rangkap dua agar masing-masing pihak memiliki salinan kontrak tersebut.

Memulai Bisnis Sebagai Distributor atau Supplier Gula Pasir

supplier gula langsung dari pabrik

Langkah kelima dan terakhir yang harus kamu lakukan adalah memulai bisnis sebagai distributor atau supplier gula pasir langsung dari pabrik. 

Setelah menandatangani kontrak kerjasama dengan pabrik gula pasir, kamu sudah resmi menjadi mitra bisnis mereka.

Kamu bisa mulai memesan produk gula pasir sesuai dengan jumlah pembelian minimal yang telah disepakati. Kamu juga harus mempersiapkan tempat penyimpanan barang yang aman dan higienis agar produk gula pasir tidak rusak atau basah. 

Selain itu, kamu juga harus mempromosikan produk gula pasir kepada calon pelanggan kamu. Kamu bisa menggunakan media sosial, website, brosur, spanduk, atau mulut ke mulut untuk menarik minat pembeli.

Baca Juga: Inilah Usaha Laris dengan Menjadi Supplier Thrift Shop!

Rekomendasi Merk Gula Untuk Bisnis Supplier

Salah satu merek dagang gula pasir langsung dari pabrik yang cukup terkenal di Indonesia adalah Gula Manis Kita

1. Gula Manis Kita 

rekomendasi gula

Merek dagang dari PT Sumber Lancar Abadi (SLA), sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1997 dan bergerak di bidang perdagangan bahan pokok seperti gula pasir.

Gula Manis Kita merupakan produk gula kristal putih I yang memiliki kualitas tinggi dan bersertifikat halal dari MUI.

Merk Gula Manis Kita memiliki rasa manis yang alami dan tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti boraks atau formalin. Gula Manis Kita juga memiliki harga yang kompetitif dan bersaing dengan merek-merek lain di pasaran. 

Gula Manis Kita sudah dipercaya oleh banyak pelanggan baik dari kalangan rumah tangga maupun industri seperti hotel, restoran, kafe, catering, bakery, dll.

Jika kamu tertarik untuk menjadi distributor atau supplier Gula Manis Kita langsung dari pabriknya di Jakarta Timur (PT SLA), kamu bisa menghubungi nomor telepon 021-12345678 atau email [email protected] untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

2. Gulaku

Everpro
Sumber: google.com

Gulaku adalah merek gula yang diproduksi oleh PT Gunung Madu Plantations, sebuah perusahaan yang mengolah tebu menjadi gula di Lampung.

Merek gula Gulaku adalah merek gula dari Indonesia yang diproduksi dari 100% tebu pilihan berkualitas terbaik.

Merek ini memiliki proses penyaringan yang higienis dan ketat dan dikemas dalam wadah yang menjamin kebersihan di setiap butir gula.

Gulaku memiliki berbagai jenis gula, seperti gula kristal putih, gula merah, dan gula cair.

Gulaku memiliki status halal bersertifikat dari MUI dan banyak konsumennya dari sektor rumah tangga dan industri.  Merek Gulaku memiliki rasa manis yang alami, murni, dan bersih yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti boraks atau formalin.

Serta memiliki harga yang kompetitif dan terjangkau dan tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 300 gram hingga 10 kilogram.

Untuk menjadi distributor Gulaku, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan untuk menjadi distributor.

Syarat:

  • Memiliki surat izin usaha perdagangan (SIUP)
  • Nomor pokok wajib pajak (NPWP)
  • Modal minimal 50 juta rupiah.

Kamu juga perlu menghubungi bagian pemasaran PT Gunung Madu Plantations untuk mendapatkan formulir pendaftaran distributor dan syarat-syarat kerjasama.

Kamu perlu mengisi formulir tersebut dan mengirimkannya bersama dengan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti:

Kemudian kamu akan dievaluasi oleh perusahaan dan jika lolos, Anda akan diberikan kontrak distributor dan daftar harga produk Gulaku.

Kamu bisa kemudian mulai memesan produk Gulaku dari perusahaan dan menjualnya kepada pelanggan Anda dengan margin keuntungan yang bisa Anda tentukan sendiri.

Kamu perlu menjaga hubungan baik dengan perusahaan dan mengikuti aturan-aturan yang berlaku sebagai distributor, seperti membayar tepat waktu, melaporkan data penjualan, dan menjaga kualitas produk.

Kesimpulan

Menjadi distributor atau supplier gula pasir langsung dari pabrik adalah salah satu cara untuk mendapatkan harga terbaik dan kualitas terjamin dari produk gula pasir. 

Namun, untuk menjadi distributor atau supplier gula pasir langsung dari pabrik ada beberapa syarat dan langkah-langkah yang harus dipenuhi.

Berikut beberapa syarat dan langkah-langkahnya:

  • Mencari informasi tentang pabrik gula pasir yang ada di Indonesia
  • Menghubungi pabrik gula pasir untuk menanyakan informasi seputar produk
  • Mengunjungi pabrik gula pasir untuk melihat proses produksi
  • Menanda tangani kontrak kerjasama dengan pabrik gula pasir
  • Memulai bisnis sebagai distributor atau supplier gula pasir langsung dari pabrik

Dengan menjadi distributor atau supplier gula pasir langsung dari pabrik, kamu bisa mendapatkan keuntungan seperti harga murah, kualitas terjamin, stok barang tersedia, peluang pasar luas, dll. 

Semua daftar rekomendasi yang kami berikan di atas bersifat informasional dan bersumber dari internet. Pastikan melakukan observasi dan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan melakukan transaksi dengan rekomendasi di atas.

Memilih supplier yang tepat bisa membantu kamu untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih maju lagi. Jadi, pastikan memilih supplier yang terbaik ya.

Nah itu dia artikel tentang supplier gula pasir langsung dari pabrik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menjadi distributor atau supplier gula pasir langsung dari pabrik.

Kamu yang ingin jadi distributor langsung dari pabrik tapi masih khawatir sama harga mahal karena bukan dari tangan pertama? Rugi biaya iklan karena produk kurang menarik? Dan ketersediaan stok ga terjamin oleh supplier?

Jangan khawatir karena ada Everpro Product Sourcing yang bisa bantuin kamu!

Benefit Everpro Shipping

Benefit Everpro Product Sourcing

Yuk, daftar jadi member pro sekarang! Dapatkan layanan lengkap dan ilmu yang tepat untuk bikin bisnis onlinemu melesat.

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya